Posts

Showing posts from December, 2009

Batasan standard yang ditetapkan agar lulus sertifikasi oli mesin

Views




Kita tau kalau oli mesin ada yang lulus sertifikasi API SM atau API SJ, API SL. Ada yang pakai ACEA, ada yang pakai MB dan sebagainya. Beberapa Oli bahkan mengklaim lulus beberapa sertifikasi dan ditulis di kemasannya. Nah tentunya ada standard kelulusan yang harus dipenuhi.

DIY : cek engine mounting

Views
Pertama kali newbie tau cara cek engine mounting dengan cara di dongkrak karena dapat info dari bro kinoy aka the_sixth_sense. Berhubung beberapa orang juga nanya yang berarti tidak tau bagaimana caranya, maka newbie coba tulis blog ini, meskipun belum pernah praktek sih..... Kebetulan di postingan http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2021813&page=423 dan http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2021813&page=425, bro centraltech8 ada tambahan cara menggunakan gelas air.

DIY : {centraltech8} perbaiki bearing roda belakang goyang & dengung

Views
sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2021813&page=426

berawal , pas cek roda belakang sebelah kiri oblak dikit... dulu pernah tanya2 di BERES kata montir harus ganti satu set bearing nya nyatu dgn kedudukan mur roda(4mur) harganya waktu itu hampir 1jt an + ongkos.. memang si dengung dikit.. tapi gue biarin tunggu ada waktu bongkar sendiri

sumber bunyi di Next G bro centraltech8

Views
sumber bunyi ketauan

setelah gue ayun2 mobil sambil ngolong... ternyata bner dugaan gue sumber bunyi seperti engsel pintu gitu dari sini...  









rencana mau bongkar kalo ada waktu lage.. karena uda malem uda jem 7 malem

DIY : {centraltech8} ganti karet link stabil belakang

Views
sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2021813&page=425



DIY : {centraltech8} setel handrem

Views
Newbie sudah pernah praktek nyetel ketinggian handrem dari stelan di console tengah, tapi blom pernah tau cara stel dari tromol roda..... bro centraltech8 berbaik hati kasi foto tempat penyetelannya, thanks....

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2021813&page=425

kebetulan tadi bongkar bearing roda belakang skalian foto in deh om

itu tinggal di congkel pake obeng minus pelan2 besi nya makin tebal tu brarti kampas merapat ke tromol.. sisanya tinggal stel dari atas.. 1-2 klik uda terasa kok...
di praktek pasti ngerti om





thanks bro centraltech8 :)

DIY : {centraltech8} Ganti grease CV-Joint & rack-end

Views
PS: beberapa foto newbie coba rotate biar enak liatnya.

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2021813&page=417

setelah dicari2 gue gak nemu grease kyodo yushi... tp di tawari grease odol special utk cv joint... harganya 25rb kecil... gue rasa cuma buat satu cv joint tu..



setelah di cari2 ternyata ada grease kyodo yushi akhirnya gue lebih milih make kyodo yushi krn grease nya seperti bawaan as roda baru   (harga 35rb / kaleng di jambi)


DIY : {centraltech8} Ganti kampas rem depan

Views
sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?p=146665865#post146665865

ganti kampas cakram depan next-g 25 des'09

ganti kampas rem gak susah... cuma perlu ketelitian...  





setelah kampas baru di pasang tinggal buang angin.. supaya piston rem bisa terdorong masuk.. fotonya gue lupa... kalo gak di dorong masuk karena kampas lama uda tipis.. piston semakin keluar , jadi ps pemasangan kampas baru tidak muat... mknya harus di dorong masuk dulu...
setelah semua siap tinggal buang angin kiri kanan... .
beres deh... tinggal tambah minyak rem sampe level atas..

DIY : reset ECU - alternatif cara

Views
Dapat dari mekanik yang ngobrol dengan bro Kijangtua (selengkapnya baca di sini).
Sebelumnya cara yang newbie terapkan bisa dibaca di sini

Cara 1 :
Lepas aki selama minimal 30 menit

Cara 2 :
Lepas terminal minus aki (minusnya saja yang dicabut).
Kunci kontak posisi On
Injak pedal rem selama 5 detik.
Lepas injakan pedal rem.
Matikan kontak
Ulangi 3x

Cara 3 :
Kunci kontak di posisi On
Tekan sensor lampu yang terletak di pilar pintu bersamaan dengan menyalakan lampu posisi/lampu kecil.
cukup 1x maka ECU sudah tereset.

CMP dan CKP

Views
Sharing pengalaman bro Kijangtua, rekan di kaskus yang mengalami masalah dan setelah ganti sensor CMP masalah selesai.

Berikut kronologis postingan bro kijangtua.

DIY : kuras radiator

Views
Sebenernya newbie udah nyoba cara kuras radiator beberapa cara sih.... tinggal search di internet juga dapet banyak. Awal-awal cara newbie menguras radiator :
1. panasin mesin sampe kipas radiator muter, tujuannya biar kotoran yang mengendap ikut sirkulasi dan termostat terbuka
2. buka sumbat radiator, buka tutup radiator, kuras sampe abis
3. tutup sumbat radiator, isi air sampe penuh, tutup radiator, jalanin mulai no 1 lagi
4. buka sumbat radiator, buka tutup radiator, kuras sampe abis, trus masukin selang air ke lubang pengisian sambil air ngalir nyalain mesin
5. matiin mesin, biarin air abis, tutup sumbat radiator, isi dengan coolant yang udah mix jadi ga perlu nyampur air lagi. jalanin mesin kalo airnya turun tuang lagi. tutup radiator, isi tabung reservoir juga yang sebelumnya dah dibersihkan
6. beberapa hari pantau aja isi tabung reservoir, kalo kurang nambahinnya di tabung reservoir. biasanya 3 hari pertama masih perlu nambah brikutnya ga akan perlu nambah lagi.

sayangnya cara ini cuman bertahan 6 bulan sampe air di reservoir berubah warna kecoklatan.

cara berikutnya mirip tapi kali ini ga pakai air dari selang untuk bilas, karena curiga kualitas air di rumah newbie kurang baik karena banyak mengandung kapur dan besi. pakai air buat masak yang beli di tukang air. hasil sama aja 6 bulan.. ganti pake air buangan AC juga sama aja 6 bulan. Baca-baca dari forum serayamotor.com ada yang mengemukakan penyebabnya adalah ada air sisa di blok mesin yang tidak terbuang, hmmm padahal kan sudah diupayakan termostat sampe kebuka..... cari2 posisi termostat di aerio, barangkali aja kalo pas nguras dibuka aja biar enak..... eh posisinya sulit dijangkau, ribet...
coba-coba pelajari repair manual dari suzuki swift, kebetulan punya dan mesin kan kurang lebih sama dengan aerio. aerio cuman punya user manual ga punya repair manual ato workshop manual :( banding-bandingkan juga info video cara backflush pake alat merk prestone.... hmmm nyoba cara murmer dulu deh, dengan cara lepas selang heater :D
Diterapkan sekitar juni 2009, eh udah 6 bulan gpp tuh air di reservoirnya relatif masih hijau dan ga coklat.... emang ga sehijau warna coolant aslinya sih....wah mayan nih :D tapi tangan gatel juga pingin kuras lagi dengan cara yang mirip :D

Nah kali ini newbie sekalian ambil beberapa fotonya :) cuman sayang ga lengkap semuanya di foto sih, soalnya rada buru-buru mesti cuci mobil dan ada keperluan keluar.

DIY : buka bumper Aerio / Next G

Views

Berawal dari tangan gatal untuk mindahin posisi klakson yang terlihat dari depan/luar. Hmmm sekalian aja deh ambil foto-foto untuk ditaro di blog.



gambar 01. klakson biang kerok buka bumper

Tools :
  • Obeng plus / philip
  • Obeng minus
  • Kunci 10
  • alas untuk meletakkan bumper, bisa koran atau kain atau kardus atau apapun tidak bikin baret
  • wadah untuk baut/sekrup yang dilepas agar tidak berceceran
Baca dulu secara berurutan tulisan berikut dan tidak perlu bingung kaitan antar bagian, karena di bagian bawah terdapat rangkuman step-step pengerjaan.


Ini daftar pengunci bumper :
  • Total baut dengan kunci 10 di bagian bawah bumper ada 4 buah (2 kiri , 2 kanan )
  • Total sekrup dengan obeng plus di bagian bawah bumper ada 4 buah (2 kiri, 2 kanan)
  • Total sekrup bumper ke fender 2 buah (1 kiri, 1 kanan)
  • Total Paku plastik 2 buah (1 kiri, 1 kanan)
  • Total baut dengan kunci 10 di bagian atas bumper ada 4 buah (2 kiri, 2 kanan)
  • Total pengunci / kaitan bumper bagian atas ada 2 buah (1 kiri, 1 kanan)

DIY : {centraltech8} dongkrak penampilan talang air dengan cat

Views
Asesoris talang air di kaca samping dan juga talang air di bawah wiper depan (cowl ventilator garnish) seiring berjalan waktu karena sering terkena hujan panas akan berubah warna. Plastik akan terlihat agar mengering, keputih-putihan atau warnanya pudar. Terutama untuk asesoris talang air yang dijual di pasaran yang kualitasnya belum tentu bagus. Untuk cowl ventilator garnish ada beberapa rekan yang mencoba mengembalikan warna hitam dengan semir ban atau dengan pembersih dashboard, cara ini memang menjadikannya hitam bagus lagi akan tetapi tidak bertahan lama apalagi bila sering terkena hujan dan panas.





penampakan talang air seperti baru dan elegan, cukup bermodalkan cat semprot


Bro centraltech8, rekan dari kaskus mempunyai cara untuk mendongkrak kembali tampilan cowl ventilator garnish yang relatif tahan lama, bahkan tampilan talang air kaca samping pun didongkrak penampilannya sehingga terlihat seperti talang air yang bagus. Modalnya pun hanya cat semprot warna hitam doff (tidak mengkilat). Pengecatan dengan cat semprot kira-kira diulang sampai 3 lapis.

Pengertian istilah mengenai Spooring & Balancing

Views
Huahhhhh bosen deh kalau bicara soal spooring dan balancing, kebanyakan orang juga udah sering dengar istilah spooring dan balancing, kapan spooring dan balancing juga tinggal ngikutin panduan kapan kembali di "keplek" hasil spooring balancing. Search aja di google dengan keyword spooring dan balancing, dapet dah seabrek tinggal baca satu-satu, hehehe.

Ya ini blog cuman iseng aja sih, sedikit lebih tau arti istilahnya (dan teori), karena yang membahas ini rada-rada jarang dibanding penjelasan spooring dan balancing secara umum / praktikal (meski dapat info ini dari googling juga).


DIY : Cek dan bersihkan PCV Valve

Views
Apa itu PCV Valve ?
Dari singkatan :
PCV = Positive Crankcase Ventilation
Valve = katup
Crankcase = Blok mesin yang isinya jeroan mesin termasuk piston, crankshaft, connecting road, oli dsb


Gampangnya PCV Valve adalah katub untuk ventilasi Blok Mesin.
PCV Valve berupa One Way Valve atau Katub searah. Maksud dari Searah adalah flow / aliran hanya bisa bergerak ke satu arah, yaitu dari Blok Mesin ke Luar dan tidak bisa dari Luar ke Blok Mesin.