DIY : potong weatherstrip untuk atasi kaca film baret

Aerio / Next G untuk generasi awal memiliki kelemahan yaitu kaca film terutama sisi supir yang sering baret. Hal ini dikarenakan karet weatherstrip Aerio/Next G yang rapat ke kaca sehingga begitu kaca dilapisi oleh kaca film menjadikan kaca tersebut tertekan oleh weatherstrip. Weatherstrip ini yang terbuat dari karet ini seiring waktu akan mengeras dan ada penumpukan debu, maka yang terjadi selanjutnya adalah baretnya kaca film. Salah satu solusinya adalah mengganti karet ini dengan yang baru yang memiliki lapisan beludru. Meski demikian ada pengguna yang sudah menggunakan lapisan beludru tetapi masih mengeluhkan timbulnya baret.


gambar 1




gambar2

Dari eparts.suzuki.co.id, newbie dapati harga wheatherstrip adalah sebagai berikut (harga per piece - bukan sepasang kiri kanan)

.WEATHERSTRIP, DOOR INNER RH
83719-54G00-000
Rp. 208.300
.WEATHERSTRIP, DOOR INNER LH
83729-54G00-000
Rp. 208.300

Hmmm mayan juga harganya 208rb untuk kanan saja (di lihat di eparts per tanggal 17 Jan 2010).

Hmmm newbie dapat info kalau bisa juga dilakukan dengan cara dicutter lapisan bawah dari wheatherstrip-nya. Ok modal cutter aja nih kayaknya.

Step-step :
1. Buka door trim, silahkan lihat caranya di sini
2. Siapkan cutter untuk memotong lapisan bawah dari karet wheaterstrip, berikut adalah gambar wheatherstrip yang sudah dipotong. Jari telunjuk adalah bekas "sirip" wheaterstrip yang terpotong, sedangkan "sirip" yang tengah biarkan saja.


gambar 3



gambar 4

Bila kesulitan, bisa dilepas dulu dengan cara menariknya dari door trim. Bila berminat untuk mengganti caranya juga sama tinggal tarik lepas dan pasang wheatherstrip yang baru.

Simpel kan ?
Mayan lah kaca film newbie tidak bertambah parah lagi..... Gambar 1 di atas newbie sengaja cari angle foto yang kelihatan parah, tapi bila dilihat langsung tidak parah-parah amat sampai menggangu kok jadi dengan pertimbangan duit juga newbie biarkan saja, yang penting tidak bertambah parah aja baretnya.

Skalian lumasin aja karet kaca jalur kacanya, wheaterstrip disemprot biar licin juga bisa..... Pakai silicon spray yang aman buat kaca. Berikut contohnya :

 
gambar 5


regards,

singachu

Comments

  1. wah...ternyata bos singacu udah posting jg ttg masalah karet kaca ini. jadi maluu...padahal gw udah komem di http://otodiy.blogspot.com/2010/01/diy-buka-door-trim-aerio-next-g.html, hehe...

    oia bos singachu...
    mudah2an belum posting nih. ventilator center oreo gw kan udah patah2 tuh. ventilatornya udah gw beli, harganya 175rb dari senen bbrp minggu lalu. rencana pengen gw pasang sendiri, tapi bingung gmn cara bukanya. mungkin bos singachu pernah nyobain ngelepas garnish centernya.

    thx ya bos singachu...

    ReplyDelete
  2. maaf ya bos singachu...
    ternyata setelah gw buka2 arsipnya, lengkap banget! pertanyaan gw, terjawab sudah di beberapa arsip lansiran bos singachu ato bos kijangtua. thx ya...

    ReplyDelete
  3. yup betul ada di
    http://otodiy.blogspot.com/2009/11/diy-melepas-sebagian-panel-dashboard.html

    dan di
    http://otodiy.blogspot.com/2009/11/diy-kijangtua-perbaiki-kisi-kisi-ac.html

    senang kalau blog ini bisa ngebantu :)

    nice share juga buat harga kisi2nya :)

    hmmm pakai aerio juga ya.... mampir ke kaskus juga, nambah temen di sana
    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2021813
    sekalian kenalan deh di sana :D

    regards,
    singachu

    ReplyDelete
  4. iya thx y...

    udah sempet posting juga sih di kaskus bos. mungkin kenal ID gw alfimauluddin. hehe..ID gw ya nama asli gw jg, xixxi...

    ReplyDelete
  5. o gitu yah..... maklum om ane mudah lupa :">

    posting lagi dong bro, sekalian di-foto kisi2 ac yang udah beli barusan, plus nama toko dsbnya biar bisa jadi referensi buat yang lain..... sekalian ane masukin juga ke blog ini hehehehe

    regards,
    singachu

    ReplyDelete
  6. iya nih bos singachu...udah lama banget ngga nge-blog, coz agak males jg ya...buat nulis. cuma klo ngeliat gini, seneng juga ya...tulisannya jadi bermanfaat buat yg lain. Anyway, thanks...n mau gw coba lagi deh buat nulis.

    BR,
    Alfi

    ReplyDelete

Post a Comment

most read in a week

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

DIY : Mengatasi DVD Player Mati setelah Ganti HU (Buat Livina HWS/Ultimate) {luki2022}