Senin, 08 Februari 2010

Lumasin karet-karet kaki depan aerio

Sabtu 6 Feb 2010 rencana mau lumasin karet-karet di kaki depan aerio, soalnya dah lama ga utak-atik sekalian mau ngecek fisik karet boot cv joint dan rencananya mau bersihin kampas rem juga.
Pagi cuci interior mobil dulu dan cuci mobil. Setelah itu baru dongkrak kaki depan dan diganjal jack stand biar aman. Lepas ban kanan depan, eh..... saya menemukan ada grease di batang as roda di samping karet boot sisi intermediate. Akhirnya cuci-cuci dulu dah, ternyata karet boot masih pada bagus semua ga ada retak ato robek. Sayang ada acara yang masih, terpaksa dipasang lagi. Tapi sebelumnya sempatin dulu semprot-semprot karet-karet ball joint, link stabil, tie rod end, bushing arm.

Minggu 7 Feb 2010 siang hari mulai operasi untuk sebelah kiri, kondisi sama seperti yang kanan. Dan sempatin ambil foto-foto.

gambar 1


gambar 2


gambar 3

Gambar 1 s/d 3 adalah gambar boot sisi transmisi untuk bagian kiri mobil, terlihat karet boot dan as roda diselimuti oleh grease bercampur tanah dan debu. Setelah dicuci bersih menggunakan air mengalir dari selang dan terus disikat menggunakan sikat gigi plus sabun secukupnya hasilnya bersih. Sayangnya saya tidak melakukan foto-foto karena berpacu dengan waktu dengan datangnya hujan......

gambar 4

Gambar 4 adalah boot untuk steering.

gambar 5

Gambar 5 merupakan karet tie rod end, terlihat terselimuti anti karat campur debu/tanah. Setelah dibersihkan tampak lebih baik bahkan warna hitam karet sangat nyata dan terlihat karet diikat oleh kawat. Sepertinya bila kawat dilepas bisa dilakukan grease ulang, cuman waktu itu diamat-amatin sepertinya bagian tersulit adalah mengembalikan kawat ke posisi semula..... well kapan-kapan aja dah. Bagian karet di sini disemprot pelumas silicon agar karet tidak getas dan meminimalkan gesekan karet bagian luar.

gambar 6

Di gambar 6 adalah karet dari ujung arm segitiga. Dibersihkan dan disemprot pelumas silicon juga.

gambar 7

Gambar 7 adalah bushing arm, dibersihkan dan disemprot pelumas juga.

gambar 8


gambar 9

Gambar 8 dan 9 adalah karet dari link stabilizer yang menempel ke arm (Aerio & Next G Old model, Facelift link stabil menempel ke shockbreaker). Setelah dibersihkan tampak karet yang kondisinya baik dan lagi-lagi tampak kawat pengikat karet. Karet ini juga disemprot pelumas.

gambar 10


gambar 11

Gambar 10 dan 11 adalah balljoint pada arm. Dibersihkan dan diberi pelumas.

gambar 12


gambar 13

Rem cakram yang sedianya hendak dibersihkan tetapi karena waktu tidak memungkinkan terpaksa hanya mengintip indikator keausan kampas rem depan melalui lubang pada caliper piston rem. Terlihat masih tebal.

gambar 14


Eh ternyata ada masalah baru, saya menemukan lelehan oli dari shockbreaker kiri depan. Sudah newbie bersihkan dan hendak newbie amati beberapa hari kedepan, bila ternyata keluar lelehan oli berarti positif dah bocor. Cek shockbreaker lainnya ternyata kering.

Setelah proses cuci selesai dan dikeringkan, newbie coba buka karet boot transmission side. Ternyata grease masih terasa licin dan mengcover tripod joint yang ada di dalamnya dengan baik. Tapi karena nanggung dah buka, newbie tambahkan grease kyodo yushi sampai benar-benar full. Warna grease bawaan kehijauan.
Karet boot sisi roda, newbie coba buka ternyata terlihat lebih penuh, sehingga newbie putuskan untuk tidak menambahnya, warna grease bawaannya abu-abu.
Bila dilihat secara fisik, grease yang ada sepertinya encer jauh lebih encer daripada grease kyodo yushi yang baru, meski begitu tidak tumpah meski dibalik.
Proses bersih-bersih dilakukan kembali karena tangan dan tools semuanya belepotan grease. Benar-benar pekerjaan yang messy. setelah tercuci semua dari grease baru proses semprot karet-karet dilakukan dan pasang roda dan beres-beres karena waktu dah sore banget./

Hmmm pe er masih banyak cuman waktunya yang kurang nih.... tools-tools dan sparepart yang ada seperti cable ties, grease masih kurang. Maklum bener-bener ga ada persiapan sebelumnya. Terutama perkiraan waktunya yang susah. Well next time moga lebih baik.

regards,
singachu

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar