Posts

Showing posts from March, 2010

DIY : {yoyo} Betulin per tombol power window aerio

Views
sumber : http://www.aerio-indonesia.com/forum/viewtopic.php?f=13&t=2396

Dari forum Aerio Indonesia Club (AIC) : om Yoyo mengalami permasalahan pada per tombol power window kanan depan, per tombol power windowsnya tidak berfungsi dan pada akhirnya power windows pintu depan kanan tidak berfungsi.

oh iya saya juga udah coba buka seperti gambar yang di gambar. dan masalahnya tombol saya itu adalah tombol yang ada tulisan autonya.
jadi pernya itu sudah tidak jalan. saya lihat-lihat ngga ada tempat pernya. tidak seperti tombol yang lainnya.
kalau elektriknya seh masih jalan. dicoba manual tanpa tombol jalan semuanya

jadi pada saat tombol itu di tekan atau ditarik seharusnya ada gaya pegas yang berlawanana arah, nah sekarang ini gaya itu sudah tidak ada lagi kaya pernya yang rusak. pas dilihat tidak ada per dibagian bawah itu.
apa mungkin tombolnya harus dibuka kali ya, mungkin tombolnya ada di sekitar situ.
dan akhirnya :

tersolusikan.
Akhirnya masalah switch auto power window ketemu, ternyata masalahnya di bagian tombolnya
saya buka bagian ini (untuk membuka bagian ini tidak perlu membongkar semua panelnya)

ternyata di dalamnya itu ada penyangga per yang patah, dan saya akalin pake aluminum plat, dan alhamdulillah bagus lagi. terhindar deh dari 1.5jt

DIY : bongkar relay

Views
Berkaitan dengan relay kompresor AC yang mati (baca di sini), newbie iseng-iseng pingin bongkar karena dugaan newbie yang masalah adalah contact pointnya. Dugaan pada contact point karena bagian ini biasanya akan tertutup oleh "carbon" karena timbul percikan api atau nge-fong ketika relay bergerak on-off. Sedangkan bila kerusakan pada kumparan lebih kecil kecuali terjadi konsleting pada gulungan kumparan.

Hmmm sepertinya susah bila mau dicongkel, maka newbie putuskan untuk ambil gergaji besi manual. Newbie beri jarak dari sisi bawah dengan perkiraan bagian bawah adalah tempat menempelnya "cover" relay dengan "dasar" relay. Newbie melakukan penggergajian secara hati-hati hanya dari keempat sisinya, jadi bukan menggergaji "tembus" seperti memotong total. Cukup lakukan penggergajian sampai kelihatan ada plastik hitam sudah cukup, artinya cover yang berwarna krem sudah habis terpotong, lakukan di keempat sisinya sampai bisa tercabut seperti gambar di bawah ini.

gambar 1

DIY : {senz898} bersihkan sensor ABS di roda

Views
Di ambil dari pengalaman bro senz898 yang mendapat kasus lampu ABS di dashboard menyala. Cerita singkatnya bro senz898 baru saja ganti karet boot roda depan, dan sekitar 10 hari kemudian lampu ABS menyala. Dari proses DIY ini lampu ABS sempat mati 2 hari kemudian menyala kembali dan ternyata setelah di cek di Bengkel Resmi menggunakan scanner, kedapatan sensor kiri belakang yang bermasalah. Nice share anyway, silahkan simak berikut cuplikan postingannya
---

Nah akhirnya tadi jam 9 mlm ane bongkar juga om...saking penasarannya..hehehe...

Ternyata gigi" ABS itu kotor bgt kena grease campur debu...
Akhirnya ane bersihin pake sikat gigi plus bensin...(smpe sikat gigi patah 3 biji)
wkakakaka...gara" ga kuat kena bensin...

Ini gw upload imagenya...Sorry klo kurang jelas yah om...



gambar 1

DIY : {kijangtua} alat penekan piston kaliper rem

Views
sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2021813&page=753

ini alat buat nekan piston rem... kalo waktu ganti kampas baru kan susah tuh dorong piston remnya... tanpa didorong dijamin kampas rem yang baru gak akan bisa masuk kaliper rem-nya.. nah pake alat ini... sepertinya bisa di bikin sendiri...

gambar 1

DIY : {dq1756} Perbaiki Grill Double Blower APV

Views
sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3598130
Di kaskus ada yang buat thread tentang perbaikan Grill Double Blower APV oleh bro dq1756, dengan semangat pencatatan newbie coba Private Message ke penulis untuk minta ijin mencopy paste di blog ini dan setelah mendapatkan ijin, inilah dia....

Dear Juaragan2 yang punya APV versi pertama
mau share untuk memperbaiki grill ac double blower apv yang loyo alias longgar hehehe, soalnya kemarin pas hunting APV second sebagian besar grill double blower nya loyo.
Untuk yang belum tahu berikut yah detail nya, ternyata mudah n murah banget biaya nya, gak sampe 5000 perak....
nemu caranya dari googling milis APV, cuman gak ada fotonya, ada juga yang cuma di lem (jadi gak bisa naik turun) atau pakai ganjelan
ok langsung aja :

1. lepas grill ac, modal nya obeng min (-) kecil, cungkil dari bagian pinggirnya, tarik aja
 gambar 1

DIY : ganti karet wiper

Views
Newbie pernah ganti karet wiper di tahun 2007 akhir dengan membeli karetnya saja, part orisinil SGP wiper depan yang panjang dan pendek total 85rb an dan belakang orisinil juga kira-kira hampir 40rb an.
Pada waktu lalu (6 Maret 2010) bro BMP pemakai Next G mengganti wiper berikut framenya menggunakan merk Denso di Shop N Drive, wiper depan pendek (450mm) seharga 39rb-an dan  wiper depan panjang (550mm) seharga 80rb-an (baca report di kaskus). Penggantian frame wiper lama dengan frame wiper baru dilakukan oleh penjaga SND dan ternyata mudah sekali. Hmmm jadi teringat waktu dulu akhir 2007 lalu penggantiannya tidak bisa dikata mudah, mumpung ada "bangkai" wiper milik bro BMP, newbie buat percobaan dan obyek foto-foto buat taro di blog ini ah :D

 
gambar 1 - kotak wiper denso

 
gambar 2 - balik kotak wiper denso

DIY : {centraltech8} kampas rem BENDIX General CT

Views
sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2021813&page=731

kondisi setelah 1bulan lebih... sehabis pulang luar kota jadi bunyi2... cit.... kalo ngerem,...
ini penampakan pas baru di bongkar

gambar 1

{kijangtua} Filter tangki bensin replacement untuk Aerio / Next G

Views
 
gambar 1

 
gambar 2
Filter dari Timor DOHC, yang penting diameter lobang masuk sama maka bisa dipakai.

by
kijangtua

Ganti relay A/C atau foglamp untuk Aerio

Views