DIY : {centraltech8} bongkar intermediate shaft Next G

Prolog : bro Centraltech8 mengalami bunyi pada sekitar intermediate shaft, dugaannya gigi suri (splines) pada intermediate shaft yang terhubung ke inner cv joint (kanan) mengalami keausan. Untuk memastikan bro Centraltech8 membuka intermediate shaft pada Next G nya untuk memastikan sumber bunyinya.



td bongkar intermediate shaft buat di cek bunyi2.. ternyata baeringnya yg rusak... kira2 ada jual bearing nya aja gak?

gambar 1
gambar 2
cek as roda dalem...
gambar 3
langsung aja setelah semuanya buka (uda di post caranya pas maren2 ) cabut as roda nya terasa gampang... seharusnya di ketok dikit baru lepas... dugaan gue spi diantara as roda dalem sama intermediate kendor


gambar 4 - gigi suri as roda dalam
gambar 5
gambar 6
trus kalo as intermediate nya di puter kiri kanan kok terasa ada jarak yah.. atau seperti longgar ? dugaan gue pertama intemediate gigi suri nya rusak
stelah itu gue coba2 bongkar intermediate shaft buat mastiin

tinggal buka 3 baut penahan intermediate(yg ada bearingnya) ke body itu
buka intermediate :
gambar 7
gambar 8
gambar 9

setelah lepas tinggal tarik keluar... supaya oli transmisi gak keluar dari sisi2 seal as roda gue dongkrak sebelah kanan tinggi jadi miring ke kiri
seperti ini..

gambar 10

hasilnya walau gue uda siap2 tampung oli .. ternyata oli gak keluar
gambar 11

ini kondisi gigi suri di sebelah dalem yg nempel di mesin..tampak basah oli semua.. jadi gigi didalem ini umumnya awet karena terlumasi... kecuali kondisi emon yg turun bs merusak gigi ini karena posisi mesin uda tidak tepat
gambar 12

setelah lepas.. di sisi dalem bearingnya.. ada spi .. tinggal di buka buat lepas bearing dari dudukannya
gambar 13

setelah lepas.. tampak seperti ini..

 gambar 14
no 1 adalah bearing.. kondisi bearing gue uda oblak lumayan payah
pertanyaan gue apakah ada jual bearing yg ini aja.. apakah bs dilepas dari as intermediate?

no2. adalah seal o ring .. dgn melihat seal ini.. gue berpikiran kalo mungkin seal ini buat nahan oli ... jadi gue kasi oli transmisi di dalem gigi surinya sedikit... mgkn dgn ada oli gigi nya lebih awet.. atau mgkn aslinya emang ada oli.. krn pemikiran gue knapa di kasi seal kalo gak buat nahan oli didaerah sana

no3 cincin spi .. py gue uda gak bagus soalnya pas buka nya gampang banget tariknya pertanyaan carinya dimana? atau dijual satu set dgn intermediate ? ada yg py gak ?


dari pada gak ada hasil setelah capek2 bongkar.. gue coba ganjal pake karet ban di potong seperti ini

gambar 15
gambar 16

gambar 17
gue kasi karet karena sumber bunyi tek sesekali... di saat start mundur di tanjakan dari tumburan besi as roda dalem dgn bearing intermediate itu.. karena si bearing uda oblak.. dan ditambah cincin spi nya gak gigit kuat.. jadi di posisi sini cenderung bergerak .. apalagi saat kendaraan terbeban seperti mundur tanjakan.. as intermediate yg gak dipegang dgn mantap oleh bearing itu pasti bergetar juga

dan
hasilnya bunyinya sedikit berkurang karena adanya karet... jadi numburnya ke karet

mohon maaf kalo postingan ini kacau kalimatnya.. gue bingung mau jelasinnya gimana lagi
by Centraltech8
---
Jawabannya semuanya ada yang jual, mulai dari bearing, spi, mur roda. bro Centraltech8 sudah pesan tinggal menunggu barang datang dan reportnya lagi.... mantap bro :)

Comments

most read in a week

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

DIY : Mengatasi DVD Player Mati setelah Ganti HU (Buat Livina HWS/Ultimate) {luki2022}

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G