Posts

Showing posts from August, 2010

{Galagajrut} ganti bilang wiper belakang Aerio 1st gen dengan facelift

Views
sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5019588&page=92

Bagi bagi hasil Modding dikit yah.... Ini Bilah Wiper belakang Aerio Old model. Kalau Aerio model awal khan masih pakai bilah wiper jadul alias dari besi aja...kalau yg new model berubah pakai Plastic yg lebih sedap dan rapih dipandang.

Akhirnya nebus satu set bilah dan karet wipernya juga rp 165 rb....walaaaaa....jadi tampil lebih segar !

gambar 1

{Galagajrut} Pasang sticker grill Aerio 1st gen

Views
sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5019588&page=86

Ini Spolier penutup radiator yg ada logo S....aslinya khan warnanya silver. Lama kelamaan kok dilihat kagak matching sama warna Mobil dan warna RAM radiator. Supaya lebih Matching dan agak ada sedikit beda sama Oreo yg lain....akhirnya gw kasih stiker item doff....full frame. Duuuuh, tambah cakep ternyata........

gambar 1

DIY : memperbaiki dudukan foglamp yang patah

Views
Hari ini sewaktu cuci mobil, eh kok melihat foglamp kiri terlihat "lemes".... Hmmm sepertinya ada dudukan yang patah, foglamp jadi mudah ditekan masuk bahkan jari pun bisa masuk ke sela-sela bumper dan foglamp (gambar 1).


gambar 1

Setelah ada waktu untuk pengecekan, Newbie coba periksa kondisinya dengan melepaskan bumper terlebih dahulu.Dilanjutkan dengan melepas socket kelistrikan foglamp :


gambar 2

{bonasera} custom grill, eye lid & bodykit add on Aerio

Views
sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?p=269248674#post269248674
berkaitan dengan : http://otodiy.blogspot.com/2010/07/ziczac-fitting-bodykit-aerio-2003.html

Akhirnya terpasang juga...
made in Depok, Assembled in Banjarmasin.

Thanks to Bro ZicZac...
(sorry burem, pakai hape jadul nih ambilnya)

gambar 1

gambar 2

Beli : 1.6
Kirim Jakarta ke Banjarmasin : 700 rb
Ongkos Cat + Pasang : 1 jt
Total : 3.3jt
Harga lokal banjarmasin 3.5jt tanpa Grill.

ongkos 1 jt untuk :
dempul yang bocel karena pengiriman, ngalusin lagi..trus ngepasin, nyambung karena samping sempat ga mau masuk kanan kiri, jadi dipanjangin, belakang kurang lengkung, trus dilengkungin..trus dicat, pasang..

by bonasera

{Galagajrut} Menambal radiator bocor

Views
sumber :
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5019588&page=76
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5019588&page=78

Bocor di bagian atas radiator sebelah kiri. Rencana bengkelnya bakal di buka tutup atas Radiator...dibersihkan keraknya.....dikasih lem metal di bagian yg bocoryg bocor. Kalau nutup lagi bagian atas Rad, entar dikasih sealant dulu.....

gambar 1

Ini Fan radiator.....Bingkai dan baling2 nya saja yg masih asli....dinamo-nya udah diganti pakai L300....solusi murah tapi performa sama dg SGP.... Pakai Mitsu L300.....kena di 215 rb aja gan. Prosesnya cuman motong kabel aja supaya conecctor asli dr oreo bisa kepakai lagi..... : Diameter dinamonya sama lebar dan sama tinggi....tinggal plek ajah. (Lihat revisi di bawah, ternyata yang diganti bukan motor fan radiator melainkan motor fan AC / extra fan).

gambar 2

Ini Radiator akhirnya sudah kembali ke jalan yg benar.......

by Galagajrut

---
update & revisi

Agan semua.... Kemarin Gw post disini...tapi salah upload gambar deh. Yg bener yg ini Gan. Gambar Fan AC ( Bukan fan otomatis temperature ).....yg dinamonya diganti sama dinamo Mitsu L300. Jadi cabel-nya cuman dua...bukan yg tiga.... ini kelihatan sambungan cablenya yg baru supaya connector aslinya bisa dipakai lagi.....

gambar 3

O iya....setelah di lem Rad yg bocor...seharian tadi test drive sekitar 50 Km pulang pergi....air kagak berkurang lagi....mantap !
Tapai kagak tahu bakal bertahan berapa lama sih.........

by Galagajrut

DIY : {richardt75} Installasi sensor mundur / sensor parkir 4 titik di Aerio facelift

Views
sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?p=268485410#post268485410

gambar 1

sensor parking including :
1. 4 pcs sensor for reversing
2. 1 pcs Microprocessor module
3. 1 pcs Display LED
4. 1 pcs Power cable
5. 1 pcs Manual sheet
6. 1 pcs mata bor

gambar 2

{kijangtua} beda kopling SGP Japan dengan SGP lokal

Views
sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?p=268394013#post268394013

prakata : bro kijangtua sudah pernah ganti kopling set dengan original SGP lokal, tetapi merasa kurang puas dengan hasilnya yang kadang getar-getar sampai akhirnya menggantinya lagi memakai original SGP Japan untuk dekrup dan plat koplingnya.

bedanya dimana yak? kok mirip2 aja tuh..
kalo nurut gw sih mungkin beda bahan ama presisi aja..
biar enak liat foto2 aja yah...
sebetulnya ada 3 versi malah... yg 530rb, 920rb dan 1535rb... cuma yang 920rb gw gak liat barangnya...

ini matahari/dekrup sgp japan ( 1 set kopling + dekrup 1535rb)
gambar 1

gambar 2

DIY : {centraltech8} membetulkan masalah power window Next G

Views
sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5019588&page=51

tombol auto gw bermasalah... kadang pas di tekan naik auto... pas udah mentok nutup dia turun sendiri sampe setengah. Pas dibongkar dalemnya ada jamuran dikit kena rembes air kayaknya. Trus switch auto nya udah gak bagus... semacem switch remote mobil gitu.. cuma bentuknya bulat... jadi pasang balik deh sekarang

gambar 1

DIY : {centraltech8} Perbaiki katup udara luar / sirkulasi AC Next G

Views
sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5019588&page=50

Beberapa hari berselang, bro centraltech8 melakukan service rutin A/C (baca di sini). Tetapi ternyata ada kendala asap knalpot dari kendaraan sekitar masuk ke dalam kabin meski posisi tombol sirkulasi sudah pada recirculated dan bukan fresh air. Berikut ini ulasan bro Centraltech8 untuk memperbaiki kondisi tersebut.

Rapiin kerjaan bengkel AC
karena terjadi kebocoran udara luar masuk ke kabin.. walaupun ventilasi udah ditutup... padahal servis di denso agen resmi... tapi kerjaannya asal-asalan.. baut-baut ilang.. trus ada yang gak kencang. ketauannya pas gw bongkar ulang.

gambar 1 - lepaskan kabel-kabel

gambar 2 - lepaskan baut lalu keluarkan

System pendingin mesin Aerio / Next G dan cara kuras radiator

Views
Berikut newbie copy - paste sebagian dari workshop manual Aerio. Untuk cara kuras radiator newbie punya cara favorite sendiri tidak berdasarkan pada workshop manual

Cooling System Circulation
Sewaktu mesin masih warp-up alias belum panas, maka thermostat masih menutup dan sirkulasi coolant sebagai berikut :
gambar 1

Setelah panas maka thermostat akan terbuka dan sirkulasi coolant sebagai berikut :
gambar 2

DIY : {centraltech8} kuras tangki bensin Next G

Views
sumber : Aerio/Next G Jilid 6 Page 24

-pertama kendori baut roda kiri biar kalo diperlukan bisa di buka(gak perlu kalo ada lift )
-dongkrak mobil ganjal semua.. termasuk tangki.. di alas papan atau kayu .. disarankan pake dongkrak biar enak naik turunnya
-lepasin gantungan jos blakang.. kalo mau turun semua lebih baik, tapi gw cuma lepasin gantungan belakang biar turun dikit

(disarankan tangki sisa minyak dikit biar gak berat + gak nyembur pas turun )

1&2. Buka baut ukuran 14 posisi penggantung tangki.. buka ujung-ujungnya aja gak apa-apa gak perlu lepas semua

gambar 1

gambar 2

DIY : Bersihkan filter AC buatan sendiri (tahap 2)

Views
Tahap 1 : 11 April 2010 http://otodiy.blogspot.com/2010/04/diy-bersihkan-filter-ac-buatan-sendiri.html
Tahap 2 : 17 Agustus 2010

gambar 1 - filter kotor setelah 4 bulan

gambar 2 - air cucian filter vs tissue putih

{taufik} ganti motor fuel pump Aerio

Views
Info dari bro Taufik dari milis Aerio Indonesia Club

gambar 1 - motor fuel pump Aerio

gambar 2

gambar 3

gambar 4

Bulan lalu (July 2010) ganti Dinamonya di Beres Siantar (Pematang Siantar - Sumatera Utara). Kena 600 Ribu, plus Opas Bongkar-pasang dan Kuras Tangki 150, jadi Total 750 Ribu.

by Taufik - AIC

{centraltech8} filter blower AC / filter kabin Next G

Views
Sambungan dari : http://otodiy.blogspot.com/2010/08/centraltech8-service-ac-next-g-di-jambi.html
Filter AC lainnya :
http://otodiy.blogspot.com/2010/01/diy-buat-sendiri-filter-blower-ac.html
http://otodiy.blogspot.com/2009/11/diy-aeriostylecom-pasang-filter-blower.html

Filter kabin AC harga 140rb
gambar 1

gambar 2

{centraltech8} Service AC Next G di Jambi

Views
sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?p=262725835#post262725835

filter dryer disini cuma 75rb.. tanpa byk tanya gw lgsg suruh ganti.. ternyata di denso sini.. mreka menganjurkan ganti buat perawatan

gambar 1

Filter Dryer AC Aerio/Next G

Views
Foto-foto sumbangan dari om kijangtua

gambar 1 - Filter Dryer (2 tahun pemakaian)

gambar 2 - Letak tabung reciever dryer

Pengalaman busi patah

Views
Benar-benar pengalaman yang membuat dag dig dug. Sewaktu newbie mau melepas busi, newbie dapati keempat busi yang terpasang tidak dapat dibuka, bahkan kunci shock bawaan Aerio sampai slek.

gambar 1 - busi yang patah

DIY : memperbaiki saklar power window Aerio

Views
Newbie dapatin saklar power window untuk kaca sisi driver rusak tidak bisa dipakai buka dan tutup jendela. Setelah Newbie bongkar ternyata ada bagian yang patah. Newbie coba perbaiki dengan lem araldite ternyata tidak kuat, setelah newbie coba dengan lem super hasilnya cukup kuat meskipun pergerakan tombol tidak selancar aslinya. Mayan lah daripada beli tombol yang harganya sekitar 800ribu.


gambar 1 - saklar yang letoy

gambar 2 - saklar lemes karena engsel patah