Sabtu, 25 September 2010

DIY : ganti karet stabil belakang Aerio

Hari ini (25 September 2010) berniat membersihkan rem 4 roda karena ada bunyi-bunyi yang kadang timbul sewaktu pengereman, dan ternyata memang teromol belakang kotorannya cukup tebal.
Sewaktu melakukan pembersihan terlihat karet stabilizer belakang, eh sekalian ganti deh, karena partnya dulu sudah sempat dibeli (harga 45.500 per piece) :D
Newbie tidak membahas lagi cara membersihkan rem karena sudah pernah diulas di sini http://otodiy.blogspot.com/2010/06/diy-membersihkan-rem-aerio.html

gambar 1 - part karet stabilizer belakang

gambar 2 - setelah dikeluarkan dari bungkusnya


gambar 3 - link stabil kiri belakang

Yah, batere camera habis, batere cadangan juga tidak mampu hidupin kamera, keknya dah drop ini baterenya.... terpaksa pakai Kamera Handphone yang cupu.

gambar 4 - buka dengan kunci no 12 mm

gambar 5 - sudah dilepas, bagian bawah penguncinya hanya kaitan saja

gambar 6 - sudah terlepas, selang hijau bekas mengganjal biar ga bunyi

gambar 7 - kiri karet baru - kanan karet bekas

gambar 8 - karet baru - karet bekas

gambar 9 - pengunci karet stabil

gambar 10 - kiri karet bekas, kanan bawah dan atas karet baru

gambar 11 - pemasangan, kaitkan yang bawah, pasang baut yang atas

gambar 12

Ternyata bautnya ga nyampai, susah banget nekan batang stabilizernya karena cukup keras. Apalagi mobil dalam kondisi di dongkrak jadi link stabil makin meregang tertekan oleh per. Sebaiknya dilakukan dengan posisi tanpa dongkrak.

gambar 13 - karet stabilizer kanan, terlihat selang hijau yang digunakan untuk mengganjal

Wah ngelepas emang mudah, masangnya yang susah hehehehe, pasang ban setelah ngebersihin rem kanan, dongkrak dilepas.... yang kanan posisi rada terhalang muffler jadi putaran kunci sok kurang seleluasa sebelah kiri. Pasang yang kanan tapi jangan kencangkan baut terlebih dahulu, tujuannya untuk memudahkan pemasangan sebelah kiri. Kalau susah untuk nge-pas-kan posisi karet stabil belakang dan penguncinya, coba dongkrak sebelah kanan mobil sedikit sampai semakin mendekati, tekan sedikit penguncinya agar baut dapat pas. Begitu sudah pas kencangkan baut sebelah kiri dan kanan. Cukup mudah kok sebenernya, cuman memang harus ngolong :D

gambar 14 - sudah tergantikan

gambar 15

Lanjut membersihkan rem depan, kampas rem masih cukup tebal, newbie ukur ketebalan kampasnya saja (tidak termasuk besinya) masih 7.8 mm
gambar 16

gambar 17 - ini selang yang digunakan untuk mengganjal karet lama, sebelah kanan newbie cari-cari ga ketemu

regards,
singachu

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar