Minggu, 24 Oktober 2010

DIY : cuci headlamp dan setel sorot lampu headlamp

Sabtu tanggal 23 Okt'10 barusan newbie coba melakukan cuci headlamp tanpa melepas mika.

gambar 1 - Atas Before, Bawah After

gambar 2 - Lampu Kanan Before

gambar 3 - Lampu Kanan After
gambar 4 - Lampu Kiri Before

gambar 5 - Lampu Kiri After

Awas foto menipu, coba liat gambar paling bawah.

Pertama-tama, buka bumper
Kemudian lepas headlamp dari dudukan

gambar 6 - Sudah dicopotin

Berikutnya newbie masukin sabun cair cuci piring dan kocok-kocok trus dibilas-bilas. Newbie memanfaatkan lidi yang ujungnya diikat kapas untuk merogoh-rogoh sisi dalam headlamp, sayang bagian segitiga antara lampu sein dan lampu utama terlalu sempit untuk dimasukin ujung lidi yang ada kapasnya, jadinya bagian sana kurang optimal pembersihannya. Pengeringan newbie bantu pakai Hair dryer, dan untuk sisi mika luar newbie gosok pakai Meguiare PlastX.

gambar 7 - Keringkan

Sewaktu newbie isi headlamp dari air, nampak air mengocor dari ujung bawah, pantes sering ngembun.... hajar pakai sealer hitam, newbie kasih keliling semua dan kasi cukup banyak sampai habis separo lebih tube sealernya.

gambar 8 - Sealer

Berikut adalah ventilasi untuk headlamp, masing-masing headlamp terdapat 2 buah jadi ada 4 buah, cuci pastikan tidak mampet.

gambar 9 - ventilasi headlamp

Eh ada semacam spons untuk ventilasinya, ternyata ambrol, dikocok-kocok di dalam air saja sudah amburadul jadi serpihan, ganti pakai spons biasa aja asal jangan terlalu rapat nanti malah mampet.

gambar 10 - Filter ventilasi yang rusak

Nah berikut adalah putaran untuk setel sorot lampu headlamp, bisa menggunakan obeng plus atau pakai kunci no 8. Lingkaran merah adalah yang diputar, lingkaran ungu adalah jalur untuk batang obeng plus kalau setel kondisi terpasang.

gambar 11 - Setelan sorot lampu kiri / kanan

Tuh ada petunjuk muternya mau makin ke kiri atau makin ke kanan.

gambar 12 - Petunjuk arah putar, lokasi setelan deket-deket sana

Kalau yang berikut adalah untuk setelan sorot atas atau ke bawah, jadi untuk menyetel ketinggian sorot sinar lampu. Kliatan bergerigi kan, gerigi itu diputar pakai obeng plus.

gambar 13 - Setelan sorot lampu atas bawah

Tenang ada petunjuk arah putarannya jg kok. Kalau kondisi headlamp terpasang, obengnya mesti ngelewati lubang di plat besi, sudah disediakan lubangnya kok, cuman jadi perlu obeng rada panjang. Newbie sendiri setel pakai kunci ring no 8, kebetulan ga ada obeng yang cukup panjang dengan ukuran plus yang pas, ada pun ternyata terlalu kecil ukuran plusnya; tinggal sesuaikan aja puterannya biar searah kalo muter pakai obeng.

gambar 14 - Petunjuk arah putaran obeng unuk Up atau Down

Setelah headlamp dan bumper terpasang seperti semula, newbie arahkan sorotan lampu ke pagar tetangga, tenang ga ganggu kok soalnya pagarnya dia tinggi jadi ga nyorot ke rumahnya :D Hmmm newbie rendahin sorotan sinarnya bisa bikin silau pengendara yang laen kalo terlalu tinggi.

Karena dah malam, terpaksa tunggu tadi pagi untuk foto hasil cuci kemaren, sempet kehujanan juga pas malam kemarin. Tuh kan banyak water spot, gambar 3 dan 5 di atas ntuh cuman gara-gara angle ambil fotonya aja.... foto bener-bener bisa menipu. Kalau mau ga banyak water spot sepertinya pengeringannya kudu telaten dan jangan buru-buru ditiup hair dryer biar keringnya air tidak terlalu cepat. Lebih optimal lagi bisa dengan melepas mika, tapi newbie masih takut ama resiko mika retak atau pecah serta ga punya blower yang panasnya mencukupi untuk melelehkan lemnya.

gambar 15 - Banyak water spot

gambar 16 - Tuh kan water spot

Hati-hati ama foto, bisa menipu kalau angle bagus hasil jadi bagus.

regards,
singachu

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar