Sabtu, 13 November 2010

{kijangtua} Ganti karet wiper Aerio - Perbandingan wiper

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5686526&page=206
terkait pembelian : http://otosupply.blogspot.com/2010/11/kijangtua-report-pembelian-aki-dan.html

sebetulnya hal yang sepele ganti wiper... mau pake merek apa aja asal ukurannya sesuai gapapa... lha wong cuma tinggal "klik" masangnya... tapi gw penasaran ama wipernya oreo..

wiper bawaan oreo
merek NWB.. tipenya gak tau... ukurannya katanya 18 dan 22inch (*red: emang segitu om)
bentuknya liat wiper yang paling atas...

gambar 1

bobotnya 280gr sepasang
gambar 2 - bobotnya 280gr sepasang

bahan full besi... coba aja dibakar kalo gak percaya

wiper berikutnya...
kemudian gw ganti pake NWB tipe DTS ini...


gambar 3 - 525mm DTS & 425mm DTS

memang ukurannya satu inci lebih kecil dari standar tapi masih cukup kok sapuannya... harganya pun seinget gw lebih murah, gak sampe 100rb sepasang... antara 70-80rb kalo gak salah..
lalu dimana bedanya??  bahannya beda... yang tipe ini ada campuran plastiknya... liat tanda tsb..
gambar 4

pada bagian ini kerasa banget kalo bukan besi... ada tulisan PBT-GF80 untuk bilah panjang... PBTGF30 untuk bilah pendek

penempatan logo NWBnya pun beda...
yang atas wiper bawaan oreo, yang tengah yg tipe DTS, yg bawah NWB yg baru beli...:

gambar 5 - bawaan oreo - DTS - NWB baru beli

model rangkanya pun beda... perhatiin dengan jelas deh... urutannya masih sama...yang atas wiper bawaan oreo, yang tengah yg tipe DTS, yg bawah NWB yg baru beli...

gambar 6 - bawaan oreo - DTS - NWB baru beli

bentuk ujung bilahnya juga beda... yang atas tipe DTS.. yang bawah wiper bawaan oreo dan wiper yang baru (bentuk ujung bilahnya sama)
gambar 7

bentuk bilah karetnya pun beda... yang kiri yang bawaan oreo/yang baru beli (bentuknya sama) dan yang kanan tipe DTS
gambar 8 - kiri bawaan aerio - kanan baru

karna bahan dan struktur rangkanya beda... bobotnya pun beda... ini yang tipe DTS ditimbang 2-2nya.. dapet 220gr
gambar 9 - 220 gr

wiper yang sekarang
merek NWB juga tapi beda tipe..
gambar 10

gambar 11 - yang panjang DRS 022 yang pendek DBS 018R

bentuknya mirip ama asli bawaan oreo... liat wiper atas dan yang paling bawah.. sama kan rangkanya...gw dah cek sampe miring2 kepala gw.. sama persis..
gambar 12

bobotnya pun sama dengan wiper bawaan oreo 280gr...
gambar 13 - 280 gr

cuma yang gw heran kenapa kodenya beda ada yang DRS dan DBS?? setelah gw perhatiin yang pendek/DBS warnanya agak doff... yang DRS warnanya glossy...seharusnya gw usahain tipenya sama tapi ternyata sentosa motor gak punya... ya udahlah...

sekian penelitian dari sayah...

by kijangtua

baca juga :
http://otodiy.blogspot.com/2010/03/diy-ganti-karet-wiper.html
http://otosupply.blogspot.com/2010/08/pembelian-wiper-untuk-aerio-di-ajbs.html

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar