Senin, 27 Desember 2010

DIY : {ardy} bersihkan injector Grand Escudo 2004

sumber : email dari bro Ardy
mobil : Suzuki Escudo (Grand Escudo) 2004

gambar 1 - Suzuki Grand Escudo 2004

Akhirnya, setelah sekian lama menanti, kemaren pas tanggal merah sepulang dari ibadah natal, menyempatkan waktu untuk bebersih.. sedikit memaksa melakukan ini, karena penasaran dan juga persiapan (kalo jadi tahun depan plat hitam ganti pertamax, itu kalo jadi) biar bahan bakar lancar, ga tersendat - sendat karena kotoran(kerak) bensin yang menumpuk di injector dan filter bensin.

Saya menggunakan bahan NULON Foaming Air Intake Cleaner (made in Australia) untuk membersihkan injector.

Saya dapet NULON dari surfing-surfing di internet, yang jual sama dengan penjual DCS. Kata penjual nya produk NULON ini juga di pakai pada service toyota (Auto 2000).

pertama, membuka filter bensin, pada filter bensin nya tersebut salah satu merek terkenal di dunia pengabutan bahan bakar, Mikuni Corp.
setelah dilepas, lanjut di bersihkan.
hanya di bersihkan menggunakan bensin dan di tekan pompa supaya bener-bener kotoran ya keluar, tidak terlalu kotor pada filter nya.

kedua, membuka injector, ini yang rada ribet (lumayan susah) karena belum pernah di buka untuk dibersihkan dari sejak pertama beli. tapi untung nya ngga sesusah itu membuka baut-baut nya. kemudian cabut selang nya, ini lumayan susah, karena rapet banget. ada 2 selang dibagian belakang agak di bawah manifold (lupa di foto), baru bisa terlepas tu injector nya. keliatan pada foto dimana injector nya udah kotor, walaupun belum terlalu parah (sampe menutup lubang nya).

nah disini yang mulai agak kesulitan, karena injector harus dialiri listrik (dari aki) untuk membuka katup solenoid nya (solenoid valve), supaya katup terbuka dan siap di semprot oleh injector cleaner. pertama di semprot berbentuk busa (foam) dan berwarna putih kemudian berubah jadi kuning kecoklatan (kotoran nya rontok yah) :D

setelah di semprot ke empat injector nya saya diamkan kemudian saya semprot luar nya (maksud nya supaya bersih luar dalem) ternyata itu sedikit bahaya karena mengakibatkan kotoran halus yang tadi nya ada di luar jadi terdorong masuk lagi ke dalam. itu sempat terjadi pada saya, akhirnya saya harus pakai bensin dan di pompa (tentu nya setelah solenoid valve nya di aliri listrik supaya terbuka), baru kemudian keluar lagi secara normal.

finally, bersih semua deh.. :D lanjut pasang satu persatu, yang pertama di pasang filter bensin nya, kemudian pasang satu persatu injector nya. supaya masuk nya lancar dan tidak merusak seal karet yang ada di situ saya kasih POMADE - TANCHO (minyak rambut yang warna hijau mirip balsem) :D...
lancar deh, masuk nya mudah.

setelah semua terpasang kembali seperti sedia kala, mulai di nyalakan, hasil nya lumayan berasa, mesin suara nya halus, tenaga bener - bener keluar, ga ada nahan nya.

Note : Air Filter tidak saya bersihkan seharus nya sudah waktu nya mencuci filter tersebut, karena sudah kotor. Throttle Body tidak saya bersihkan juga, karena masih bersih sampai di masukin lap di dorong dengan obeng untuk cek di dalam nya kotor apa tidak, ternyata masih bersih.
pada injector (socket nya ) tertulis LICENSED BOSCH, satu kesalahan lagi tidak saya tulis tipe dari injector tersebut :(

berikut foto nya ya....

gambar 2 - Filter bensin
gambar 3 - Filter bensin MIKUNI

gambar 4 - injector

gambar 5 - injector

gambar 6 - fuel rail dan lubang injector pada intake manifold

gambar 7 - injector setelah dibersihkan

gambar 8 - Nulon Foaming Air Intake Cleaner

gambar 9 - Nulon

Thanks and Regards,

Ardy

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar