DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

Gambar 1 - Main Fuse Box hanya kode saja

Bikin label yuk buat kasi keterangan fungsi dari Fuse dan Relay yang ada di ruang mesin karena hanya ada keterangan Ampere dari Fuse dan kode Relay saja tanpa ada keterangan jelas mengenai fungsi dan sirkuit apa yang dilindungi. Pada user manual terdapat penjelasan mengenai fungsinya tetapi tidak ada kejelasan secara lengkap untuk fungsi-fungsi relay, selain itu dengan adanya label petunjuk singkat pada ruang mesin membuat praktis bila melakukan pengecekan apalagi di kala darurat.

Gambar 2 - Label Main Fuse Box - balik dan sejajarkan saja untuk baca

Gambar 3 - Buka lipatan label untuk Fungsi detail

Gambar 4 - Fuse Box Kecil Engine Room

Gambar 5 - Tarik keterangan biar gampang baca

Setelah cari tau fungsi-fungsinya berdasarkan Service Manual Book, newbie coba design di komputer untuk dicetak. Berikut hasilnya dalam bentuk PDF yang tinggal dicetak ke printer : download.  (mirror link). Pastikan waktu print jangan diresize/scaling ulang supaya ukurannya tidak berubah.

Gambar 6 - Hasil print

Gambar 7 - Potong dan lipat

Newbie pakai bahan kertas HVS A4 biasa, dilapis isolasi transparant biar ga mudah sobek dan sedikit tahan air (splash ya bukan dicelup). Agar lipatan lebih penyet ditindih aja dengan barang yang berat selama beberapa hari biar lipatan jadi rapi. Design newbie buat untuk pembacaan dari samping mesin sebelah kiri, sehingga cara baca terlihat di foto-foto di atas. Untuk label fungsi fuse utama newbie beri lipatan untuk mencari tau fungsi detailnya karena keterangan sedikit panjang, sedangkan untuk kotak fuse tambahan newbie juga design lipatan untuk memudahkan pembacaan karena tutup tidak bisa terlepas sama sekali dibandingkan fuse utama. Penempelan pakai isolasi saja, cukup awet lah secara lokasi kan terlindungi tutup fuse itu sendiri jadi ga bakalan kena air.

Sep, kalo pas perlu ga lupa lagi dan ga bingung cari catatan, tinggal buka dan jajarkan catatan dengan fuse nya, baca deh :) Gampang kan ?

regards,
singachu

Comments

  1. Hahaha...nice idea! Kalo aku sampai fotokopi dulu manualnya soal posisi sekring trus simpan di glovebox...Yang ini lebih brilliant idea-nya :)

    ReplyDelete
  2. tengkyu atas apresiasinya :)
    Info di buku ga di satu halaman, dengan ditempel gini lebih cepet bacanya.

    regards,
    singachu

    ReplyDelete
  3. bos relay utk lampu senja yg mana?

    ReplyDelete
  4. lampu senja setauku ga pakai relay.

    regards,
    singachu

    ReplyDelete
  5. Trimakasih ya, blog nya sangat2 membantu saya perbaiki aerio, jgn bosan2 posting dan sukses terus mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah mulai agak bosan sih :D tapi terutama waktu juga udah banyak berkurang, apalagi untuk hunting postingan yang bisa diarchive, makan waktu banget......
      thx untuk apresiasinya.

      Delete
  6. Relay spion mirror letak dimana dan skring ya

    ReplyDelete
  7. Om mau tanya. Kalo posisi ac menyala apakah 2 kipas aerio berputar? Dan kipas radiator tak mau berputar kalo tak nyalakan ac. It normal gk ya? Mohon bantuan

    ReplyDelete

Post a Comment

most read in a week

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

DIY : Mengatasi DVD Player Mati setelah Ganti HU (Buat Livina HWS/Ultimate) {luki2022}