Jumat, 15 April 2011

{Galagajrut} Penjelasan penyebab kopling aerio menjadi keras

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?p=405845110#post405845110

Quote:
Originally Posted by kaflilhoz View Post
sore gan..

ane mau nanya nih gan, pedal kopling agak keras di injak itu apa bisa dibilang salah satu tanda plat kopling yang sudah aus?

atau

memang ciri dari mobil nya? denger2 sih kata nya baleno pedal kopling sedikit agak keras.. apa oreo juga bgitu?

thank you gan..

Kopling Oreo kalau dalam keadaan sehat , enteng banget Om....kalau dibanding sama Rush/terios atau bahkan Livina...kopling Oreo lebih enteng nginjeknya.

Kalau sudah keras....pasti ada beberapa part kopling yg udah minta apkir ( tapi bukan berarti habis kampasnya yah )

coba perhatiin set kopling berikut : ada matahari , kampas dan flywheel

gambar 1 - kopling bekas

biasa-nya yg bikin berat kopling itu justru matahari ( karena daya lenturnya hilang dan udah kemakan jari jarinya)....per kecil yg ada di kampas kopling yg udah keras yg biasanya di sebabkan oleh karat ( kalau di gambar jumlahnya ada enam buah per)...atau bahkan Permukaan Fly wheel yg udah nggak rata karena kena gesek pen dari Kampas kopling.
Fly wheel ini berfungsi sebagai landasan penahan kampas Kopling waktu terjadi transfer tenaga dari mesin ke drive train...jadi permukaanya harus tetep halus dan rata....nggak boleh benjol benjol atau celong sana sini akibat bergesekan sama pen kampas kopling.


jadi skema mekanisme waktu Kopling diinjak itu urutanya kayak gini :
1. Injakan Kopling
2. Fluida pressure akan mengirim tekanan ke master kopling
3. master kopling menekan tuas kopling
4. Tuas kopling menekan matahari
5. Bilah yg ada di matahri menekan Kampas Kopling
6. Kampas Kopling berputar diteruskan ke derk laher
7. Derk laher di teruskan ke Flywheel dan pilot laher.

semua part kopling set itu bergantung satu sama lain...begitu ada yg nggak sehat satu akan secara otomatis mempengaruhi kinerja Kopling secara keseluruhan.

Gambar berikut ada derk laher yg didalam bungkus merk NTN.....derk laher ini kadang karena kena lembab dan air , jadi macet dan nggaak mau muter lagi...ini juga bisa bikin berat injekan kopling

gambar 2 - kopling baru

satu hal lainya yg bikin kopling keras adalah master kopling yg udah seret pistonya dan oli kopling yg udah jelek keadaanya seperti post dari Om Singachu. 

by Galagajrut

Harga kopling set gw udah lupa2 ingat om pasnya berapa...soalnya udah 2 th lalu kejadian gantinya.
Mungkin total set utk matahari,kampas,derk laher dan pilot laher sekarag ini nggak nyampai sejeti om kalau buatan lokal.

by Galagajrut

waktu ganti dulu...gw nggak ngeganti seal om...karena masih bagus belum ada yg rembes.
Dua tahun pakai lokal masih OK om.....gw udah tahu sekarang perawatanya....pokoknya jangan sampai kerendam air waktu kena banjir.
Kalau keremdem bentar aja.....semua daleman kopling bakal karatan om...yg macet duluan biasanya derk laher dan Pilotnya....nah kalau derk kena, sdh pasti selanjutnya menjalar ke kampas, matahari dan terakhir Flywheel.


Quote:
Originally Posted by rizkyrizz View Post
wow mantabs penjelasannya om galagajrut
sekalian ngabsen yaa udh lama gk main disini

ngmg2 soal kopling, minggu lalu ane baru ganti smua barang2 ntuh diatas
total parts kopling set 670rb + 300rb ongkos kerja + 30rb grease.
awalnya ketauan kopling set harus ganti adalah dek laher gw yg bunyi "kkkkkk.." klo pedal kopling diinjek dikit.
alhamdulillah sekarang maknyus lagi

om galagajrut km brp gantinya?
ane 99.000

dulu ganti sekitar km 70.000-an Om.
bener yah sekarang ongkos-nya set kopling kurang dari sejeti ?
Perasan dulu juga nggak nyampe sejeti sih kalau lokalan.

by Galagajrut

Comments
0 Comments
Google+ :

0 comments:

Poskan Komentar