Senin, 18 Juli 2011

DIY : {DIX} Ganti balljoint Aerio dengan produk KW

sumber : forum AIC
Gambar 1 - Proses penggantian Arm Balljoint

Penasaran ama part yang ini, soalnya harganya mahal :shock: :shock:
SGP oldmod sekitar 1 juta, yg numod sedikit lebih murah. Kenapa beda? Karena yg oldmod ada dudukan joint stabil, bahan arm dari besi cor. Arm numod pake bahan pelat di press. Dari penampakan sih lebih kokoh arm punya oldmod, numod bisa pake juga kok.

Ternyata balljoint oreo udah dibuat paten nempel di arm, ga bisa dilepas. Kalo rusak ya diganti semua, mahal... :cry: :cry: Beda ama mobil2 lama, balljoint bisa dilepas pake baut. Bahkan beberapa mobil juga bisa ganti balljoint aja, pake model press.

Ada ga sih alternatif balljoint? Ternyata ada!!! Secara fisik hampir ga kelihatan bedanya, apalagi yang ga pernah menjajah toko onderdil... :mrgreen: :mrgreen:

Ini bocoran bedanya:
- Arm Kw cuma pake plastik polos aja, kadang ditambah stiker part number tanpa logo Suzuki. Arm SGP plastik pembungkusnya lengkap, plus ujung balljoint dan bushing arm belakang dibungkus kertas anti karat.
- Permukaan bodi arm yg Kw lebih kasar dan sedikit kurang rapi.
- Kode 54G di bagian bawah arm.

Harga arm Kw beda jauh ama SGP, cukup 350rb aja. Kalo mau arm SGP tapi harga miring, monggo dijapri...

Gambar 2 - Bagian bawah arm

Gambar 3 - atas SGP (bekas), bawah Kw (baru)

Gambar 4 - atas SGP, bawah Kw

Dari pengamatan fisik sih rekomen. Udah dipelototin mirip banged, rawan tipu2... 8-)

Karet penutup balljoint juga sama, ada tulisan NOK. Rata2 karet tierod ato balljoint barang2 ori pake NOK, cukup meyakinkan. Karet bushing juga ga kelihatan beda... :roll: :roll: Kemungkinan ini barang reject, selain cat yang kurang rapi dan tekstur bahan arm, kelihatan posisi bushing yg belakang kurang presisi. Kelihatan kok di foto "bagian bawah".

Hasil arm kanan memang bunyi2 hilang tapi waktu spooring ternyata roda kanan jadi sedikit camber positif. Kiri normal camber -0,5, eh yang kanan jadi +0,5. Emang masih termasuk normal tapi kan udak kelihatan sedikit bedanya. Berhubung belum lama ganti jadi belum bisa kasih komen kekuatan. Semoga aja awet... ;)

Menurut yang jual sih kebanyakan ganti yang kiri duluan, masuk akal juga karena pinggiran jalan kan banyak yang rusak. Kalo mau belanja kudu tanya2 dulu karena yang kiri kadang ga ada stok. Tapi kok gw malah kena yang kanan yah... :roll:

Ini foto waktu bongkar arm di rumah, ga rekomen dikerjain sendiri... (gambar 1)

Iya dikerjain sendiri, karena itu jadi tau susahnya. Waktu ngelepas sih relatif lancar, masalah waktu pasang baut bushing yg belakang. Selain itu karena posisinya di kolong jadi nambah susah. Enaknya sih kalo ada yang bantuin pegang arm buat arahin lubang baut.
Kalo belum coba ga akan ngerti...

Gejala : Kerasa ada bunyi2 di kaki2, terutama lewat jalan jelek. Masalahnya part ini kalo aus tidak ada gejala spesifik, bisa rancu dengan joint stabil, bushing stabil, kadang shockbreaker. Untuk tau persisnya mana part yang aus, ya kudu dibongkar. Cek roda dengan diangkat tidak cukup akurat..
by DIX

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar