Sabtu, 09 Juli 2011

DIY : membuka sekrup tromol belakang yang dol dan membersihkan rem belakang

Hemmmm niatnya mau ngebersihin rem tromol belakang, eh terhalang lagi oleh sekrup penahan tromol yang dol kembangannya, sampe butuh waktu lama coba-coba dan semprot-semprot, akhirnya terpaksa dirusak deh biar bisa kebuka, kudu segera cari pengganti deh. Berikut beberapa dokumentasinya.

Gambar 1 - Sekrup yang diambil dan alat

Gambar 1 diambil setelah sukses membuka tromol sebelah kanan, baru setelah mencoba ke roda sebelah kiri newbie lakukan sesi pemotretan. Tampak pada gambar 2 dan 3 sekrup yang masih terpasang. Dari warna sekrupnya newbie menduga pernah dilakukan pergantian sekrup, kondisi masih mendingan dibanding yang kanan yang berkarat parah.

Gambar 2 - Kepala Sekrup Dol

Gambar 3 - Kepala Sekrup Makin Dol

Setelah dicoba diketok-ketok pake palu pun tidak bergerak sama sekali, bahkan menggunakan obeng terpasang di kunci L biar kuat muternya ternyata malah dol kembangannya. So terpaksa dirusak deh. Newbie pakai bor besi, terlihat pada gambar 4 hasil setelah di bor. Bor secukupnya, karena bentuk sekrupnya tirus maka makin ke dalam makin kecil kepala sekrup yang menempel pada drat/body sekrup sehingga diharapkan mudah putus.

Gambar 4 - Kepala Sekrup di bor

Setelah dirasa mendekati body sekrup, pasang 2 buah baut untuk menarik tromol keluar, putar dengan kunci 12, tapi sebelumnya pastikan tuas handrem diturunkan agar tromol tidak tertekan kampas rem parkir. Putar kedua baut tersebut secara merata bergantian, dan akhirnya plukkkkk kepala sekrup tercabut putus dari body sekrup (gambar 5). Pada gambar 6 terlihat foto kepala sekrup yang sudah terlepas.

Gambar 5 - Tarik tromol dengan 2 baut

Gambar 6 - Patahan kepala sekrup

Tarik lepas rumah tromol dan terlihat drat / body sekrup yang tertinggal (gambar 7). Ternyata sekrup ini mudah sekali diputar bahkan dengan jari.... hmmm berarti yang seret di kepala sekrupny nih... Nampak di gambar 8 sisa sekrup yang bisa dikeluarkan.

Gambar 7 - Drat Sekrup tertinggal

Gambar 8 - Drat Sekrup diambil

Ya sudah lanjut ke rencana semula untuk bersih-bersih rem belakang. Bersihkan debu-debu yang ada di dalam tromol termasuk di rumah tromol, bisa disikat dan dibasahi dengan air juga untuk membilas. Terakhir baru newbie semprot dengan Brake and part cleaner seperti di gambar 9. Setelah itu newbie lap lagi dengan tissue hasilnya kotoran masih banyak yang terangkat.

Gambar 9 - Brake and part Cleaner

Gambar 10 - bersihkan tromol dengan Brake Cleaner

Kampas rem pun tidak ketinggalan, memanfaatkan sikat kawat dan brake cleaner, dan hasilnya nampak pada gambar 12. Wow hasilnya memuaskan nih, lapisan kilap / licin jelas sudah hilang, brakepad bila diraba terasa smooth tapi tidak licin, terasa kesat tapi rata. Mantap, lain kali bisa dicoba di brake pad depan ah...Sikat kawat + brakepad hasilnya maknyus, ga usah amplas segala :)

Gambar 11 - Sikat kawat kampas rem

Gambar 12 - Kampas rem bersih

Gambar 13 - tekan tromol secara merata
Setelah selesai pasang kembali tromol, untuk memastikan terpasang merata dan benar-benar tertekan newbie tekan tromol dengan 4 buah lugnut. Tenang, meski sekrup tidak ada (belum beli penggantinya) tromol tetap dapat terpasang dengan baik dan tertahan oleh 4 buah baut roda agar tidak terputar/selip.

regards,
singachu

Comments
0 Comments
Google+ :

0 comments:

Poskan Komentar