{bahrun aic281} Ganti Otomatis Switch Fan aka ECT Sensor untuk mengatasi gejala Overheat

sumber : milis aerioindonesia@yahoogroups.com
subject email : Overheat Again
penulisan : Dari posting terbaru menuju posting terlama

Gambar 1 - Letak ECT Sensor yang diganti

15 Agustus 2011 9:39
sama om DIX, masih ketar/i lirik2 water temperature mulu
nanti ane kabar/in lagi ya om, buat minta tolong diperiksa lagi busi dkk

Salam
Bahrun - AIC 281

15 Agustus 2011 9:15
Semoga ga ada masalah lagi deh, udah sembuh ga demam lagi (masih rada ga yakin sih)
Oh iya, oreo om Bahrun oldmod tapi bisa tau detail temperatur karena udah pasang indikator water temperatur.

ECU posisi di dalam kabin, di kiri belakang laci depan. Kira2 di belakang roda kiri depan.

trims
- DiX -
AIC 198


15 Agustus 2011 6:17
Terima kasih om Baso, om DIX, om Taufik, om Bowie dan om2 suhu lain yg tdk bs saya sebutkan satu per satu, atas ilmu, bantuan dan doanya

Kmrn sblm magrib dilampu merah pos pengumben dr arah joglo yg antriannya lumayan panjang,temp selalu turun dr 100 sampe 90 degree. Tinggal dicoba nanti magrib lawan macet gila hehehe

Salam
Bahrun - AIC 281

14 Agustus 2011 8:58
Amiin. Moga aerio nya cepet sembuh lg biar bisa menikmati setengah ramadhan ke depan dengan tenang. Amiin.

rgds,
baso I aic 203

14 Agustus 2011 08:21
Switch otomatis non ori 170rb (ECT Sensor)
Skalian service rem + minyak rem 1 botol total 300rb

Sebelum ganti switch, kipas muter di 100 turun ke 95
Setelah ganti switch kipas muter di 95 turun ke 90

Smoga hasil yg baik,aamiin

Salam
Bahrun - AIC 281

14 Agustus 2011 06:33
Hiks dah dicabut
Td tanya bs digosok dia bilang kumparannya yg udah kena,tp gk keliatan secara fisik sih
Ntar skalian cek ECT sensor jg deh

Salam
Bahrun - AIC 281

14 Agustus 2011 6:18
Sebelum memvonis Switch extra Fan, coba bersihin dulu ECT Sensor-nya Om.
Coz Saya pernah ngalamin, kata bengkel Switch Extra Fan. Setelah dapat pencerahan dari para Suhu, Info nya kemungkinan dari ECT Sensor. Sy buka dan di amplas di bagian tembaganya, skrg Normal lagi.

Best Regards
Oshin/ AIC 253/ B 2893 OM

14 Agustus 2011 06:11
Udah dibengkel nih
Vonis sementara switch extra fan udah rusak
O iya tambahan info,kendala mesin getar ilang waktu switch extra fan dicabut. Extra fan jg muter kenceng

Salam
Bahrun - AIC 281

14 Agustus 2011 04:59
Klo kipas AC, emang klo ga freonnya Mati Om.
Kemaren si Oshin juga gitu

Best Regards
Oshin/ AIC 253/ B 2893 OM

14 Agustus 2011 04:24
Krn begadang smlm ampe saur,baru test lg nih

Kipas AC gk nyala nih tanpa freon
Kipas radiator nyala di 100 degree n stlh kipas mati suhu 90 degree
Kipas radiator tekanan angin yg normal nya sampe nendang2 gk sih?

Selang bawah panas tp kynya gk sepanas selang atas

Demikian report seadanya hehehe

**Mandi n siap2 bengkel

Salam
Bahru - AIC 281

13 Agustus 2011
Saat mesin dingin, normalnya yg nyala cuma fan AC. Fan radiator dan fan AC ga akan nyala barengan, kecuali mesin udah panas.
Kalo 2 fan nyala berarti ada yg ga normal, pernah juga liat aerio yang begini. Walaupun ga normal tapi aman kok, yg bahaya kalo fan ga nyala.

- DIX -

13 Agustus 2011
Om DiX,
Butuh pencerahan dikit!!
Artinya, kipas karburator akan nyala setelah 20 mnt mesin nyala dgn kondisi idle, tapi klo mesin dan AC nyala pada saat stater awal kedua kipas akan langsung nyala?bner nga ya?

sendhy

13 Agustus 2011 12:11
Lumayan lama juga dari start dingin sampe fan nyala, sekitar 20 menit lebih. Dengan catatan kondisi mesin idle tanpa AC.

- DIX -

13 Agustus 2011
fan radiator otomatis nyala dari kondisi start dingin setelah brp lama om dix?

iwanpramono AIC-249

13 Agustus 2011 10:27
Coba aja nyalakan AC, walaupun freon kosong harusnya fan tetep nyala dan angin yg berhembus tetep panas dari radiator. Iya kalo selang bawah radiator ga panas, udah pasti thermostat.
Masalahnya mobil kan sebelumya udah dibedah, turun setengah mesin buat ganti packing silinder head. Harusnya komponen pendinginan udah di cek semua dan dipastikan normal.
Kalo tadi pagi udah cek dan normal, curiga masalah dari penyakit yg lama yaitu bocor dari silinder head. Ga pake gejala dan bisa kumat sewaktu2.

- DIX -

13 Agustus 2011 9:41
Brarti dlm kondisi freon kosong, angin fan radiator gk bs diukur y om DIX?

Klo selang bwh dingin artinya air dingin dr radiator gk bs msk mesin krn terhalang thermostat y om?

Salam
Bahrun - AIC 281

13 Agustus 2011
Coba cek fan radiator (posisi sebelah kanan kalo berdiri depan mobil), normalnya angin dari fan radiator lebih kencang dari fan ac (yg lebih kecil). Fan radiator ini dual speed, kalo masih panas otomatis akan berputar lebih kencang lagi.
Selain itu cek juga thermostat, dalam kondisi mesin panas selang radiator bawah harusnya panas seperti selang atas. Kalo dingin berarti thermostat bermasalah.

- DIX -

13 Agustus 2011
Tadi pagi ane periksa lg
Oli diantara batas bwh n atas
Coolant dlm radiator gk kurang

Stater mesin tanpa tutup radiator,coolant gk muncrat
Ane stater mesin dg tutup radiator,fan nyala di 100 derajat,fan mati suhu turun di 95 derajat,berulang sampe 3x
Abis itu gk ane lanjutin,maklum mo anter nyonya hehehe

Kondisi jalan macet ama markir gas2 mulu sama gk y?

Kira2 apalagi y yg perlu ane tes sblm tanya ke bengkel?

Terima kasih

Salam
Bahrun - AIC 281

12 Agustus 2011
Akhirnya sampe jg drmh
Kalo jln merayap suhu nyaris nyundul 120 derajat,tp klo jln lancar balik lg ke 100
Nah skrg lg ane nyalain mesin,posisi temp perlahan naik dr 100 ke 110
Anehnya pas td habis berenti kipas nyala,dah hampir 120 gk muter
Pas lewat 115 mulai kedap/i dah overheat indikatornya
Apakah ini cuman mslh kipas?

Salam laper
Bahrun AIC 281

12 Agustus 2011
Turut prihatin.
Kalo selama ini aman2 aja, mungkin dari sisa OH yang lalu. Sumber masalah antara
packing dan silinder head yang udah kena bubut. Bisa jadi hasil bubut kurang
rata. Mending balik ke bengkel yg dulu benerin.

- DIX -

12 Agustus 2011
Cadangan air tetep ky td pagi,ditengah2 min max

Salam
Bahrun - AIC 281

12 Agustus 2011
 Cadangan aer gmn om? Penuh bgt ato gmn

Dome

12 Agustus 2011 7:53
Hiks
Aerio ane overheat lg gk tahan macet kuningan n nyerah ditendean ke arah senopati

Kipas nyala,selang radiator gk ada yg bocor

Knp iye teh hiks

Mohon pencerahan suhu2

Salam
Bahrun - AIC 281

Comments

most read in a week

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

Service ASC dibutuhkan, ganti bearing roda dengan magnet ABS Xpander dengan merk NTN {Lay Joseph}

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

DIY : Fix jok baris kedua Mobilio yang tidak mau melipat ke depan {andyles}