DIY : kuras oli matic Next G tanpa mesin ATF Changer

Ada beberapa cara mengganti oli matic yang newbie ketahui :
1. Buka drain plug dan isi ulang. Cara ini mengganti sebagian saja dari oli karena masih terdapat oli pada torque converter, valve body, jalur oli, dsb.
2. Seperti cara pertama tapi kemudian kendaraan dijalankan kira-kira 5 s/d 10 menit dan dilakukan kuras ulang selama 3 kali. Cara ini mengganti lebih banyak oli lama tetapi butuh oli yang lebih banyak dan sebagian oli baru ikut terbuang.
3. Oil pan matic dilepas, biasanya filter oli matic juga diganti, kemudian bisa dilanjutkan dengan cara no 2.
4. Dengan ATF Changer, cara ini dikenal dengan cara kuras oli. Oli matic disirkulasi dengan mesin menggunakan oli baru untuk mendorong oli lama. Cara ini menggunakan banyak oli tetapi lebih efektif dibandingkan cara no 2.
5. Sirkulasi oli matic secara manual dengan melepas selang menuju Oil cooler di radiator dan menjalankan mesin untuk memutar pompa oli matic agar oli dapat bersirkulasi.

Gambar 1 - Kanan ke kiri: oli hasil drain, oli kurasan, oli baru

Gambar 2 - Odometer sewaktu pengurasan

Cara yang newbie pakai di sini sebenarnya adalah cara no 5, tetapi kebetulan newbie juga menjalankan cara no 3, sehingga yang newbie lakukan adalah no 3 dilanjutkan no 5. Total oli yang newbie pakai sekitar 7 liter Shell ATF Dexron III.


Tools dan bahan :
1. Oli Dexron III sekitar 7 liter
2. plier/tang
3. selang untuk pembuangan
4. selang untuk oli masuk (newbie pakai 2 buat tabung dari botol softdrink 2 liter, cara pembuatan bisa dilihat di sini)
5. Penampung oli

Step-Step :
1. Buang oli melalui drain plug.

2. Lepas selang oli transmisi yang menuju radiator dengan menggesek klip dengan tang dan mencabut selangnya, tampung sebagian oli di penampungan.
Gambar 3 - Jalur oli menuju radiator

3. Dari pipa besi pasang selang menuju pembuangan. Dan dari botol pengisian sambungkan ke selang yang semula menuju radiator
Gambar 4 - Jalur kuras

4. Pasang kembali drain plug

5. Pasang Botol pengisian lain ke lubang dipstick
Gambar 6 - Pengisian lewat dipstick

6. Isi oli sekitar 3 sampai 4 liter melalui kedua buah botol (Newbie dapati turunnya oli dari lubang menuju radiator agak lambat, lebih cepat yang dari lubang dipstick, sebenarnya pengisian dari dipstick saja cukup jadi hanya perlu 1 botol pengisian saja)

7. Pastikan ada beberapa botol oli baru yang sudah dibuka.

8. Dengan bantuan orang lain untuk start mobil dan menggerak-gerakan tuas transmisi sambil injak rem dan tarik tuas handrem.

9. Lakukan pengisian oli ke botol pengisian sambil mesin dijalankan. Beri aba-aba untuk mematikan mesin bila oli yang keluar sudah mendekati jumlah oli yang diisikan karena oli yang keluar jauh lebih cepat daripada oli yang masuk. Hal ini dimaksud agar pompa oli tidak kehabisan oli dengan memberikan kesempatan oli turun ke karter.

10. Lakukan sampai oli yang keluar dari selang pembuangan sudah berwarna terang atau serupa dengan oli baru.

11. Pasang kembali selang menuju radiator dan pastikan jumlah olinya sudah sesuai.

12. selesai.

Kebetulan dari pemilik sebelumnya sudah pernah melakukan kuras oli dengan ATF Changer di KM 87rb sehingga oli tidak terlalu gelap sewaktu newbie melakukan penggantian oli di mendekati 100rb.

Gambar 7 - Nota penggantian oli di KM 87rb

Gambar 8 - tidak terlalu gelap meski tidak sebening baru

regards,
singachu

Comments

  1. Wah keren info DIY nya Om..jadi tertarik untuk belajar, klwo boleh jujur sihsaya newbie juga, Om gak ada tutorialnya turbonya gak yah, mobil saya captiva diesel NFL 2011, kira kira sama engga yah proses pengurasan nya...
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. innova yang D4D sama. cek aja apa ada ATF oil cooler ato ga, dan maticnya yang biasa bukan yang CVT. Ama untuk oli nya sesuaikan dengan manual book, jangan sampai salah ATF soalnya fatal.

      Delete
  2. Saya senang dan berterimakasih dengan postingan ini , karena caranya atau postingan ini mudah dimengerti bagi orang yang awam sekalipun , sekali lagi terimakasih .

    ReplyDelete
  3. Mohon bantuannya masalah mobil Baleno next g 2002, sebelumnya tidak ada masalah, masalah timbul setlah menggan oli matic seperti no 1 pada blog ini, hanya buang oli di carter dan isi ulang. Setelah selesai pengisian dan dicoba menghidupkan mesin, ternyata lampu indikator maticnya mati termasuk OD/Off , indikator lainnya di d panel hidup. Mudah2an ada yang bisa memberi bantuan penjelasan dan solusinya. Sebelumnya ssya ucapkan terima kasid. DiAH

    ReplyDelete
  4. Kalo ada oli matic sampe masuk radiator bercampur air gimana tuh gan ????

    ReplyDelete
  5. om....ukuran selang yg ke oil cooler itu apa semua mobil sama?ukurannya brp?

    ReplyDelete

Post a Comment

most read in a week

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

Service ASC dibutuhkan, ganti bearing roda dengan magnet ABS Xpander dengan merk NTN {Lay Joseph}

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

DIY : Fix jok baris kedua Mobilio yang tidak mau melipat ke depan {andyles}

Letak fan double blower, evaporator dan pembuangan air AC Innova {ipah2.0v}