Senin, 12 September 2011

{Niladyo} Pasang baut Chamber depan Aerio

sumber : milis aerioindonesia@yahoogroups.com

Tadi ke SND lagi, kedua kali spooring belum puas, setelah ganti karet boot rack end.
Ternyata ada baut Camber atau Camber bolt, khusus dipakai utk mobil yg gak bisa distel camber negative-nya.
Lumayan bisa dinegatifkan atau compensate supaya setir gak lari kekiri aja.
Tapi saya lebih sreg final tuning alignment kalau ke GBT Solo aja, berhubung ini masih di Jogja.
Sepasang 190 rb aja setelah diskon, baut khusus baja yg sangat kuat ukuran 12mm.   


Gambar 1 - Baut Chamber

Gambar 2 - Baut Chamber

Gambar 3 - Terpasang

Regards,
Niladyo®

Saya lihat bautnya ala baja tempered om, dan bagusnya masih asli Amerika, jadi kualitasnya baja asli, memang ini baut paling kecil untuk Aerio sesuai kotaknya, ukuran 12mm bisa untuk misal Geo, dan mobil2 kecil lainnya, nanti ada lagi hingga yg 15mm untuk sedan2 Eropa atau Amerika, yg saloon full size.

Banyak yg bisa dishare om, misal dari bentuk sesuai foto, mudah2an jelas ya, ditengah2 baut ada bentuk mirip noken, ala camshaft yg agak elips, jadi karena elips inilah, maka saat baut tsb diputar didalam lubang tempat dudukan shock bawah - dan camber strut akan mengikuti sesuai compensate derajat kemiringan yg kita inginkan bisa positif, atau negatif.
Sejauh ini saya dapat hasil rekam pd posisi positif, bisa dinegatifkan ala Mercy atau BMW yg selalu negatif cambernya, tapi nanti aja kalau ke GBT Solo, orangnya bisa diajak kerjasama, dan cocok dengan selera saya..:).

Baut ini Camber bolts, juga bisa dipasang di dudukan shock yg belakang om, ada dua kuping atau ring yg berkuping, untuk menjepit putaran nuts and bolts tersebut, hanya ring terpasang pada satu sisi aja, karena space sudah sangat plug in. Ring tadi juga bergerigi om, jadi sangat kuat menggigit dudukan shocks bagian bawah.


Regards,
Niladyo®

gambar 4 - terpasang
Lha ini camber bolt, atas panjangan ketimbang asli, bawah, nyisa drat yg atas.



Baut camber ini kalau dilihat dari samping ada bentuk mirip elips-nya cam shaft, jadi ke elips-an ini yg ngatur di selongsong si knuckle supaya bisa nekan miring masuk ke dalam (lebih negatif camber-nya). Dulu ada kan gambarnya. Ini coba cari masih ada gak

Beli di SND Jogja, jl. Magelang. Yup, kan kepala baut di kanan, yg nyisa drat lebihan dikiri dikunci mur, yg masing2 pakai ring kuping "bergerigi" di permukaan ring-nya, jd ngunci knuckle-nya, ditambah kupingan yg fungsinya digetok ngunci lagi ke knuckle-nya, 

Jadi 2 pengamannya supaya tight betulan dan njaga settingan gak berubah, trus saya sengaja gak mau kupingannya digetok "ngunci" alias dibengkokkan, biar ntar kalau mau ganti baut asli gak susah


Regards,
Niladyo®

Comments
3 Comments
Google+ :

3 comments:

Poskan Komentar