Kamis, 06 Oktober 2011

DIY : Serap Kelembaban Bagasi Sedan ( Next G ) untuk mencegah bau, jamur maupun karat

Gambar 1 - Dahlia Serab Lembab

Berdasarkan temuan karat di lantai bagasi Next G, newbie coba untuk melakukan tindakan preventif tambahan. Berbeda dengan Aerio ataupun hatchback dimana bagasi menyatu dengan kabin sehingga kelembaban bagasi ikut terkontrol oleh Air Conditoner, Next G yang adalah sedan memiliki bagasi yang terpisah dengan ruang kabin utama sehingga kelembaban bagasi dikuatirkan menjadi tinggi. Kelembaban ini dikuatirkan menimbulkan banyak masalah seperti karat, bau ataupun jamur. Untuk itu newbie berinisiatif meletakkan bahan penyerap kelembaban untuk lemari ataupun untuk rumah tangga di bagasi Next G. Kebetulan sewaktu ke Lottemart newbie mendapati bahan yang dimaksud, newbie memilih merk ini karena pertimbangan ada hadiah refill tambahan, Harganya 10ribu terdiri dari main unit (di dalamnya sudah ada bahan aktif tapi masih terbungkus plastik) serta refill tambahan satu bungkus.


Gambar 2 - Main Unit

Langkah-langkahnya sederhana saja, buka main unitnya dengan cara mengulir lepas tutupnya. Di dalamnya terdapat bahan aktif yang masih di dalam plastik (gambar 3). Gunting plastiknya dan tuang ke dalam wadah main unit (gambar 4). Tutup ulang penutupnya dan letakkan di bagasi sedemikian sehingga tidak mudah jatuh, newbie meletakkannya di samping kanan yang terdapat celah peletakan barang sehingga tidak akan bergeser-geser apalagi jatuh dan tumpah biarpun mobil terguncang.

Tinggal amati saja apakah air di bawah jaring makin banyak dan bahan aktifnya sudah habis. Newbie meletakkan di bagasi per 9 Agustus 2011 dan pada 6 Oktober 2011 newbie dapati air sudah penuh dan bahan sudah habis (gambar 5 dan gambar 6). Bila demikian cukup buka kembali tutupnya (gambar 6) dan buang airnya. Air terasa kental dan lengket, tetapi wangi biarpun berwarna kekuningan, mungkin karena parfum lembut dari bahan aktifnya. Cuci dan keringkan wadah utamanya, tuang kembali bahan aktif refillnya. Untung masih ada gratisan refillnya....Hmmm kudu beli refillnya lagi nih buat persediaan, mayan efektif juga buat serap kelembaban.

Gambar 3 - Buka tutupnya dengan diulir


gambar 4 - Tuang bahannya ke main unit

gambar 5 - Kelembaban yang terserap

gambar 6 - Buka tutupnya untuk buang air

regards,
singachu

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar