Preferensi cara ukur konsumsi BBM di Aerio

 gambar 1 - FC 12.9x km/liter
gambar 2 - Setelah jalan 58.6 km strip bensin blom turun

Banyak cara untuk mengukur konsumsi BBM, untuk mobil-mobil baru bisa dengan melihat MID atau Multi Information Display, bisa dengan cara isi full to full, atau yang biasa newbie lakukan dengan strip bensin ke strip bensin tapi dilakukan terus menerus dan diambil rata-rata sebanyak 3 kali ato lebih. Mungkin karena seringnya isi sampe hapal banget perkiraan liter bensin yang harus diisi. Kebetulan akhir Maret kemaren newbie coba isi full sampe luber di bibir tangki setelah itu reset trip dan pulang ke rumah, sempat ditunggu beberapa lama bensin tidak turun lagi. Ternyata keesokan paginya bensin sudah turun, artinya sebenarnya masih aja ada udara atau tekanan uap bensin yang mungkin terjebak. So mau bilang akurat banget pengisiannya ? ga juga, mau pake cara diisi lagi pake gelas ukur ato ke pom bensin lagi ?? ribet amat....
OK deh kesempatan udah full nih, berikutnya pas tanggal 10 April setelah trip menunjuk angka 284.5 KM diisi bensin sampe luber, tercatat 22.01 liter alias 12.92 km / liter. Sebelumnya newbie coba tebak liter yang masuk adalah 21.78 liter, ya meleset lebih sedikit 0.23 liter cukup mendekati. Berikutnya lagi di tanggal 19 April setelah trip menunjuk angka 310.1 KM bensin diisi sampe luber lagi, kali ini tebakan newbie adalah 24.44 liter, ternyata bensin yang bisa masuk hanya 23.90 liter saja, kali ini tebakan newbie meleset 0.54 liter lebih banyak. Konsumsi bensin tercatat 12.97 km/liter. Dari tiga kali pengisian full to full didapat 2 kali hasil test FC nyatanya toh sama akuratnya dengan cara itung strip bensin yang selama ini dilakukan, ya kelemahan dari itung strip bensin kudu bener-bener terbiasa ama "perilaku" strip bensin ini ama kondisi jalan yang dilalui soalnya jalan miring / nanjak / turun bisa pengaruh "error" bacaan strip bensin. Kalo full sampe luber kelemahannya ada bensin yang kebuang, terbukti 3 kali isi pasti ada aja bensin yang kebuang meski dikit. kelemahan lain seperti nampak di foto kedua biarpun dah jalan sampe 58.6 km tapi strip bensin blom turun sama sekali, biasanya baru di 80-95 km baru turun 1 strip so artinya ada bensin di atas strip full yang agak lama terpantau dari fuel meter ato strip bensin..... kekuatiran lainnya lagi berarti ada komponen selang/pipa bensin yang terhubung ke tangki bensin jadi lama terendam bensin, dikuatirkan karet tersebut lama-lama mengeras, sepertinya sedikit banyak ada beda antara dilewati bensin dan direndam bensin.
Kesimpulan lain yang ditarik dari percobaan ini adalah untuk pengetesan bensin jangan pakai jarak dekat, karena ternyata cara full ini masih menyisakan ruang kosong sehingga bisa ada error kira-kira 0.5 liter, kalau jarak tempuh testnya dikit maka 0.5 liter ini akan berpengaruh banyak ke perhitungan konsumsi BBM tapi bila jarak tempuh jauh - semakin jauh semakin bagus - maka perbedaan 0.5 liter semakin tidak terlalu significant terhadap perhitungan. Memang paling ideal ngetesnya adalah langsung dipakai di hari itu dan langsung isi, ga seperti cara itung di atas yang berhari-hari yang artinya mesin melewati cycle dari dingin ke temperatur optimal kembali lagi ke dingin dst berulang-ulang yang tentu lebih boros, tapi bukannya itu adalah  real pemakaian harian ? :) so newbie sendiri prefer cara perhitungan "real" pemakaian. 

Bahan : Suzuki Aerio 2003 M/T - Custom Header 4-2-1 - Dastek Unichip - JFC Air Filter - Autolite 985 - SGO 5w-30 - Castrol MT Gear 80w-90 - Velg standard R15 lebar 6" ET45 - Ban Achilles ATR Sport 195/55/15 tekanan 34-35psi - Premium oktan 88
Jalan : 95-100% Sidoarjo - Krian PP 15 s/d 16 km / trip ditempuh dalam 40-60 menit, kondisi traffic variatif. 0%-5% tol waru - satelit surabaya alias kadang-kadang aja.
Drive Style : Normal driving bukan pulse and glide range 2000-2500rpm jarang narik. AC full on, audio jarang nyala. 1 orang.

regards,
singachu

update lagi pengisian full berikutnya (tetap bersambung dari yang atas), terpaksa isi full lagi soalnya lagi ngetes modifikasi ringan.... pingin tau konsumsinya seperti apa. Tapi pengisian kali ini bener-bener bikin miris, petugasnya ngisi udah tumpah-tumpah banyak, eh yang terakhir setelah nossle dicabut selesai pengisian ntuh bensin masih terus ngalir dari mulut pengisian sampe cepet-cepet ditutup tangki bensinya biar ga banyak yang ngalir keluar...... ga tau deh berapa banyak bensin kebuang...... anyway ini resultnya :
 gambar 3 - KM saat hendak isi bensin 1 Mei 2012
gambar 4 - Struk bensin pengisian 22.61 liter

Kalo mengabaikan banyaknya bensin yang terbuang FC 12.84 km / liter. Feelingku mungkin bisa kebuang 250-300cc, ya kira-kira masih bermain di angka 1:13 an. Next nya bener-bener ga mau isi luber dah..... rugi juga selain bensin kebuang, bayarnya dibulatkan ke atas hehehehehe.

regards,
singachu

Comments

  1. wow 15-16 km dalam 40-60 menit.
    kalo saya 12-13 km dalam 90 - 120 menit, hehehe, jadinya 1:7 tu oreo matic saya

    ReplyDelete
  2. Hahahaha itulah nyamannya jalan lancar :D
    Sayang ya, padahal kalo macet terselesaikan ntuh iritnya sampe hampir 2x lipet, ntuh baru 1 mobil..... kalo banyak mobil brp liter tuh terselamatkan, ntuh baru dalam sehari....setahun...?


    regards,
    singachu

    ReplyDelete
  3. om singa, pernah nyoba ngukur yang baleno matic-nya gak?

    ReplyDelete
  4. baleno yang mana ? sebelum next g ?
    kalo ntuh nyetir aja ga pernah.... hehehehe
    kalo next g matic untuk rute yang sama rumah kantor pp bisa dapet 1:12 kecil ato 1:11 besar 2x pengisian berturut2, nyetir-nya alusan... kalo normal rata2 1:10.5 an pake premium.
    kalo luar kota pas barusan ini ke malang-sidoarjo pp dapet 1:15an premium jalan relatif super lancar

    regards,
    singachu

    ReplyDelete
  5. Mas aq newbie neh pemakai oreo...kira2 klo jln ndut2 an di gigi 2 tuh gara2 apa ya??ada bengkel recomended ngga??ane posisi di Krian, sidoarjo

    ReplyDelete
  6. Halo mas Ardy33, salam kenal.
    Hmm posisi sama2 sidoarjo nih, gabung kopdar yuk....
    email contactnya ke aku ya : singachu@yahoo.com

    Untuk ndut2an bisa dari Throttle Body yang kotor termasuk jalur ISC-V. Bisa juga dari busi/koil. Busi mungkin perlu diganti / setel gap. koil perlu dicek apakah ada bocor atau tidak.
    Filter udara pastikan bersih juga.

    regards,
    singachu

    ReplyDelete
  7. Om singachu,
    Saya pake Aerio 2002 M/T

    Saya dah ukur konsumsi bensin full to full, dapetnya 1:6 atau 1:7 terus,

    Agak boros yak, bagaimana agar bisa 1:10 an?

    Lalu, ini rpm suka naik sendiri, normal 800rpm, tiba2 bisa naik sendiri sampai 1.500 rpm (padahal ac blm nyala)

    Kenapa ya kira2?

    Trims om

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya boros. tapi tergantung kondisi jalan yang dilalui juga, jaraknya brp km, sering hidup dengan mobil berhenti ato ga ?

      Coba isc dibersihkan dan reset dengan cabut negatif aki

      Delete
  8. Om..saya newbi pake Oreo, ada suara ngitik kalo mobil jalan, kalo stasioner hilang. Bengkel bilang metal jalan, mau tanya om.. kira kira habis brapa ya Riper itu? Sama di gigi 2/3 kok tenaga loyo yaa

    ReplyDelete
  9. 2023 Aerio masih worth it nggak yah, soalnya dapet cerita dari temen, katanya aerio enak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya aerio 2003 ? kan ga ada 2023.
      Saya sih masih pakai aerio, soal worth atau tidak tergantung dapat harga berapa

      Delete

Post a Comment

most read in a week

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

DIY : Mengatasi DVD Player Mati setelah Ganti HU (Buat Livina HWS/Ultimate) {luki2022}

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G