Posts

Showing posts from January, 2012

{Agie} Sharing problem kelistrikan yang disebabkan kabel negatif Aki nyaris putus

sumber : milis AIC
gambar 1

Assalamualaikum & Selamat malam om dan tant
Need advice neh
malem ini saat mobil jalan normal (ac ON) tiba2 indikator ABS dan Handbrake nyala
indikator lainnya mati, lampu hazard, klakson dll pun mati sepertinya kelistrikannya mati total
trus RPM drop dan mesin tiba2 mati. waktu dicoba di start lagi ga ada respond sama sekali.
waktu coba untuk buka kap mesin, tiba2 alarm nyala trus sepertinya kelistrikan kembali normal
coba untuk stater dan bisa, tapi ga lama hal yang sama kejadian lagi beberapa kali
dan solusinya cuman buka kap dan terkadang didiemin aja sebentar tiba2 normal lagi
setelah beberapa kali mati akhirnya bisa sampe rumah. Alhamdulillah
Kira-kira ini problemnya kenapa ya ?
Thx b4,
Agie

{Niladyo} Report ganti CV Joint / As Roda / Drive Shaft roda kiri

sumber : milis AIC
gambar 1 - Kiri Ori kanan NKN


Diawali bunyi2 sewaktu belok kanan, kadang sewaktu jalan merayap traffic padat, sampai bunyi klek2 hingga terasa ke stir, dan terasa ketarik2.
Kondisi begitu sudah 2 kali PP Jogja-Jkt, dan gak tenang, tadinya pingin ganti di Jkt, malah di Jogja lagi.
Lega rasanya, digantilah CV joint - drive shaft outer, atau bagian yg dekat ke roda di kiri (foto terlampir).
Kiri yg asli 8 kelereng sebagai "bearing" sendi pelurunya.
Ternyata bagian dalam pangkal CV joint asli Aerio lebih tipis - yaitu "semacam "ring" pengikat 8 kelereng" tsb ketimbang NKN.
Jadi CV joint asli tebal "ring" sekitar 3.5mm, dan NKN malah sekitar 5.5mm, terlihat lebih rigid.
Sebelumnya hanya service, alias dipress, berhubung gak ngeh mana drive shaft aftermarket yg lumayan, jadi pakai dulu, rugi memang, hanya bertahan 3 bulan.
Akhirnya ambil NKN (Japan), bukan LKS (Taiwan), browsing kemana2 - ternyata paling dianjurkan setelah assy.
NKN dapat di 550rb, nawar dari 600rb dan opas 100 - total 650.
Sekarang smooth, maknyus, rigid, tanpa ada bunyi2, dan setir terasa mulus lagi, tanpa ada rasa "ketarik2" dirack end steering.
Semoga membantu.


Oh ya, satu gelondongan drive shaft full set dari roda ke gear box, sepanjang sekitar 50cm utk yg assy sekitar 2.75 jt - per bagian left or right only.
Opas 150rb di Beres.
Justru kalau ganti CV joint outer saja, di beres malah mahalan dari ongkos satu set tersebut, sekitar 260rb di Beres, enaknya di Beres bersih dan lebih tenang, cuman gak nahan nunggunya bisa2 lebih dari 2 jam.
Tadi ganti di bengkel biasa, hanya 50 menit..:). 

by Niladyo - AIC

DIY : Troubleshoot gejala drop vacuum saat kompresor AC bekerja (part 1)

Catat dulu sebagian nih, meski problem blom kelar. Gejala timbul saat idle saja vacuum tiba-tiba drop dan mesin serasa kesedak kehilangan tenaga (hesitate), problem bersifat intermittent. Pada saat mobil jalan semuanya normal tidak timbul gejala apa-apa. Saat AC off juga tidak muncul gejalanya.

Yang sudah dilakukan :

  • Bersihkan busi, Busi terlihat hitam tanda pembakaran terlalu rich / kurang sempurna / ada BBM yang tidak terbakar sempurna
  • PCV Valve dibersihkan
  • Throttle Body terutama lubang ISCV (idle speed control valve) dibersihkan dengan Prestone Carb Cleaner
  • Tambal koil karena ternyata patah
  • Kebetulan aki ada kotor jadi diturunkan dan dibersihkan, sehingga ECU bisa dikata ter-reset


gambar 1 - Lubang ISCV disemprot

gambar 2 - Koil patah

{agunk1986} Cuci + Wax, wiper Bosch, service selang wiper, ganti oli di Djuanda Motor Service Surabaya

sumber : kaskus

Wah...lama tak kemari, Gong Xi Fat Choi semuanya yg merayakan
Pas imlek kemaren gw pulang kampung bawa si 'momo', pas mau balik sby, nyuciin mobil di sana, pas sampe sby, mobil udah gak kelihatan warnanya, terpaksa harus nyuciin lagi kebetulan juga hari ini ternyata sudah waktunya ganti olie mesin, pergi ke Mulyosari, ganti olie shell helix hx7 plus filter olie original aerio, benerin selang wiper yang ternyata copot, cuci plus wax 3M, ganti wiper merk bosch 24' dan 18', kelar2 lihat notanya aja sempet shock, untung habis dapet angpaw
Setelah beres dan kinclong, gw jalan, gak tau kok malah ndut2an banged, tapi untung gw inget kawan kita tempo hari pernah ngomong kalo habis semprot mesin juga ndut2an, jadi agak tenang aja, mungkin lagi basah aja, nanti pasti udah kembali normal.

Berikut foto nota nya:
gambar 1 - nota


by agunk1986

{Zindro} Perbaikan cover radiator aerio yang retak dengan kuningan

sumber: kaskus
Report:
Tadi akhirnya ke daerah Cimone, ganti tutup radiator atas dg kuningan kena total 375rb (plus jasa - tanpa coolant).
Tutup atas yg dr plastic ada retak, jadinya bocor.
Mereka gak rekomen kalo tambal yg ori dg lem, katanya cuma tahan sebulan. Kalo punya Aerio krn bahan radiator aluminum cuma bisa diklem seperti aslinya, jadi gak bisa disolder/dilas kecuali radiator diganti kuningan semua.
Akhirnya beres juga setelah memakan waktu kurang lebih 3 jam.
Sementara dibawa pulang sih dah ok sih.

gambar 1 - Penampakan saat mau diklem balik

Bengkelnya di petak pinggir jalan om, namanya Yanto Service Radiator, lokasi di Cimone, alamt lengkap kurang tau om. Sebelahnya bengkel juga n cukup besar.
Juga gak pake bon

Penampakan
gambar 2 - bengkel

by Zindro

DIY : {jalanbuntu} Ganti Selang Radiator dan Kuras Coolant Aerio

sumber : kaskus

All,

Mau share abis ganti selang radiator atas yang tiba2 jadi bengkak dan gendut. Sekalian kuras coolant ala Om Singa.

ini kondisi mesin dingin, kalo mesin panas, selangnya bakal lebih gendut lagi

gambar 1 - selang gendut

gambar 2 - selang gendut

{frogfoot} Ganti balljoint (berikut arm) Aerio yang bunyi

sumber : kaskus

report
abis ganti ball joint kanan aerio ane.beli di Sentosa Motor 380 rb+ongkir 84 rb sampe jogja. Dikerjain di bengkel langganaan kena ongkos 50 rb...abis dipasang ane coba stir banting kiri...belum sempet sporball udah ane bawa ke purwodadi (jalannya ampun dah jeleknya) eh malah jadi ke kanan dikit stirnya...sama koq bunyi lagi di kolong kiri..ternyata balljoint yang kiri juga dah minta ganti. Akhirnya cuma ane bawa di bengkel lagi, ane minta press dulu (smentara nunggu dana ada lagi) kena 100 rb. Abis dari bengkel suara dah lumayan berkurang, cuma belum sempet di bawa jalan agak jauh.


gambar 1 - Arm lama

gambar 2 - bushing arm lama

{oopsadhit} Ganti selang hi pressure power steering aerio yang rembes

sumber : BB

gambar 1 - Rembes pada sambungan selang ke pipa

 
gambar 2 - Selang hi pressure yang lama

Gejala rembes pada press-pressan selang hi pressure power steering.
Selang Hi pressure Ori Aerio Rp 887rb (beli di toko inter mobil - toko jual SPG daerah tegal lega bandung)
Jasa Rp 125rb
Oli STP Rp 55rb
Total Rp 1057rb

DIY : {kinoy} Pasang Sub woofer di Avanza S


sumber : kaskus
iseng2 masang sub sendiri di avanza s ogut kemaren, inih hasil nya

1. buka trim yg nempel sepanjang dasbor ampe bangku paling belakang

gambar 1

DIY : {oopsadhit}

sumber : milis AIC
busi terendam oli


Akhir diy sendiri.
Bermodal nekad dan baca2 di blognya om singa.

Beli seal busi dah gabung ma packing 90rb.
gambar 2 - Head - Klep - Camshaft - Timing Chain

DIY : Membetulkan gulungan seatbelt Next G yang seret

Sejak beli Next G secara second udah kasa kalau tarikan seatbelt sisi driver ga bisa secepet punya Aerio. Kudu dibantu tangan biar bisa ngegulung dengan baik. Kadang lupa langsung keluar mobil begitu ditutup ntuh seatbelt kejepit wah bisa rusak body kalo gini..... Pas sempet pingin cek ah.

Akhirnya kemaren sempet, ya sudah coba diliat barangkali bisa diakalin.


  • Buka penutup seatbelt nya, tinggal tarik aja kok.



gambar 1 - Buka trim plastik penutup pilar B

gambar 2 - Baut penggulung seatbelt

DIY : Troubleshoot kebocoran oli mesin di Next G

Tanggal 30 Des 2011, ada acara "keliling Surabaya" pas ngecek kondisi Next G eh kok lelehan oli di dek plastik, cek dipstik dah ga ada oli sama sekali tapi lampu indikator tekanan oli belum menyala. Buru-buru karena acara terpaksa pakai Aerio dulu. Besoknya baru sempet cek. Wow parah bener klihatannya.

gambar 1 - Penampakan yang bikin kaget

gambar 2 - Sisa oli setelah didiemkan sehari semalam

Tanggal 30 waktu dicek kondisi mesin baru menyala, tanggal 31 pagi cek lagi kondisi belum dinyalakan, dan oli cuman secuil di bawah level minimum.

Report pergantian Evaporator Aerio yang bocor

Kejadian beberapa bulan lalu tapi baru sempet ambil foto-foto. AC tiba-tiba saja panas, ternyata bocor gede di evapnya, langsung ganti evap sekalian ganti filter dryer.

gambar 1 - Nota

gambar 2 - Dryer lama, kotaknya jadi berminyak juga nyerap dari filter

DIY : {kinoy} Ganti klakson keong Avanza S 2005


sumber : kaskus
mo share ah liburan taon baru kemaren....
genti klakson keong di avs 2005

step nya dimulai dr buka bemper
1. buka klip di atas grill.... ada 2 biji

gambar 1

2. buka baut nya pake kunci 10 yg di sisi deket headlamp kiri kanan.... ada 2 biji

gambar 2

{Agunk1986} Carbon clean dan uji emisi Aerio di GBT Ngagel

sumber : kaskus

Mo report nie, habis dari GBT Ngagel, Engine conditioning plus tune up plus carbon clean, Nyampe sana jam 10.27 selesai pukul 12.03
Awalnya menganalisa gas buang, hasilnya seperti ini:

Gambar 1 - Emisi before
Gambar 2 - Emisi After