Posts

Showing posts from February, 2012

DIY : {niladyo} Membuat linkage central lock pintu bagasi belakang Aerio tidak bunyi-bunyi lagi

sumber : milis AIC aerioindonesia@yahoogroups.com

Dulu pernah bunyi dan hilang sendiri, sekarang bunyi lagi.
Setelah bongkar2, ternyata nemu linkage dari sistem central lock yg bergetar dan annoying dibalik posisi plat nomor (bukan dek ikut terangkat dengan 2 tali kanan kiri).
Akhirnya coba ganjal busa pada kedua link sesuai arah ujung obeng plus (+), dan o.k sekali hasilnya.
Ada 4 baut (+) dan 2 klip, semuanya termasuk mudah dibuka, hanya waktu lepaskan dek upholstery dari bagasi - buka pelan2 dan hati2. 

 gambar 1 - Linkage yang bikin bunyi
 gambar 2 - Linkage yang bikin bunyi

{pandufajar} Ganti tangkai wiper belakang Aerio old model ke new model

sumber : milis AIC aerioindonesia@yahoogroups.com

Akhirnya bisa memasang wiper new mod ke oldmod saya, kesannya lebih elegan dibanding sebelumnya. Barangnya ready stock di sentosa motor (ningsig) atrium harga 1 set RP219.500,- (Rinciannya: tangkai wiper 150rb, karet wiper 75rb diskon 5,5rb)


gambar 1 - Penampakan wiper belakang setelah ganti

by Pandu Fajar

Review ganti ban GT Radial BXT 185/60/15 pada Next G

gambar 1 - Spooring di GBT Undaan

Berawal dari ban Dunlop SP10 185/65/15 yang bocor alus, ternyata waktu dicek berasal dari tambalan lama (tambal tubeless / tusuk) dan didapati bagian pinggiran sudah benjol, sehingga dikuatirkan pecah di jalan. Berhubung satu sisi juga udah aus maka diputuskan untuk mengganti ban dengan ban baru sedangkan 2 ban yang masih ok juga sudah mendekati treadwear indicator maka diputuskan ganti 4 ban langsung, selain bisa mengganti dengan ukuran 185/60/15 yang mendekati standard juga untuk menghemat waktu dan ongkos spooring balancing.

DIY : {astrolabe} Pasang Retractable Mirror (Spion Lipat) pada Grand Livina

sumber : kaskus

Buat agan2 pengguna livina series yg pengen ngerubah spion elektrik nya biar bisa retract, ga tw dimana bengkel yg bsa masang dan pngen mendapatkan kepuasan tersendiri, sya buatkan neh tutorialnya. 

Selamat membaca.

Peralatan/material yg dibutuhkan :

1. Motor Retract + Daleman (dudukan electric mirror), kabel , switch. Untuk paket ini sya memesan dari pak wahyu di jkt menggunakan motor retract yaris yg sepertinya udah di modif seperti terlihat di pict, dudukan nya yg terbuat dari besi cor, paketan seharga 650 rb. Untuk switch sementara sya menggunakan switch dri paket pembelian sambil menunggu indent switch latio di kasih harga 369 rb di beres.

gambar 1 - Spion Retractable

2. Obeng - mata besar dan obeng +
3. Kunci 10 (pas / ring /soket terserah)
4. Kunci bintang T25
5. Peniti, jarum pentol 2 biji (buat ngetes)
6. Isolasi listrik
7. Soket kabel 2 pasang (kalo mo rapi)
8. Kawat panjang 30-40 cm
9. Multitester
10. Cable ties

{Frans-AIC 283} Report penggantian OCV yang menjadi sumber rembesan oli mesin.

sumber : milis AIC : aerioindonesia@yahoogroups.com


Rekan2,
Bagi yg belum tau bentuk OCV, ada beberapa foto yg masih kesimpan di HP ane.
Body OCV berbahan besi, tapi ada semacam konektor yg terbuat dr plastik.

gambar 1 - OCV

OCV ane waktu itu ada rembesan olie di area antara besi dan konektor yg hitam itu (kotak merah). sedangkan sealnya sendiri masih bagus.


gambar 2 - OCV

{oopsadhit} mengganti seal Relief Control Valve penyebab rembes oli Power Steering Aerio

 gambar 1 - Relief Control Valve

Ini dia penyebab rembes oli power steering, gara-gara sealnya. Di dalam baut itu ada karet-karet gitu, lupa ga difoto, mah itu yang juga dah getas, tapi nyari-nyari buat penggantinya ga nemu, alhasil diakalin pake seal yang buat keran.

 gambar 2 - O Ring pengganti

Ongkos 100ribu termasuk O Ring, plus beli oli power steering 50rb.

{firdhaus98} Ganti Arm Balljoint Kanan Aerio dengan orisinil


sumber : kaskus
ganti right arm balljoint aerio
halo om2 semua
dah lama ga nongol
nongol2 mo report nih
aerio gw kl lewat jalan yg ga rata daerah roda kanan depan suka bunyi "gluthuk-gluthuk".
ane cek ke bengkel langganan dkt rumah divonis harus ganti arm balljoint
katanya udah oblak dikit
di bengkel itu arm balljoint aerio ori harganya 975 ribu
ane telp mba ningsih harganya 940 ribu
ane telp beres suzuki depok harganya 1,3 juta (pasnya Rp 1.313.500)
itu semua diluar ongkos pasang ya
ya udah akhirnya biar ga ribet beli aja yg di bengkel deket rumah itu sekalian pasang + spooring

balljoint right arm ori suzuki = 975.000
ongkos pasang = 100.000
spooring = 140.000
Total: 1.215.000
beres jauh lebih mahal ya ternyata

ini pic balljoint lama, ternyata karetnya ada yg sobek sedikit shg bantalan karet udah ga berfungsi secara optimal

 gambar 1 - Arm lama
 gambar 2 - balljoint

DIY : {jalanbuntu} Perbaiki tuas lampu sein yang tidak otomatis mati

sumber : kaskus

All,

Oreo saya kan sein-nya sering ga mau balik sendiri, nah hari sabtu kemarin sempet ngoprek nih. Fotonya gak banyak sih, lagian juga ngakalinnya gampang.

Step2-nya :

Pertama buka dan lepas setir, lalu buka tutup plastik yang di belakang setir.

Cara lepasnya saya manut ke panduan om Centraltech, om Singa dan om Roodeyz.

Berikut gambar bagian belakang setir yang sudah dilepas, dan poros plastik berbentuk selongsong untuk mengembalikan sein secara otomatis.

 gambar 1 - belakang setir
gambar 2 - selongsong poros plastik untuk sein

DIY : {Galagajrut} pasang stop lamp F1 dan muffler tips di All New Jazz

sumber : kaskus

Weekend yg cerah...saatnya ngoprek Mobil.....dan hasilnya :
gambar 1
Spot anything New ?
Oval Tail Pipe dan F1 stop Lamp sign ....

gambar 2 - F1 Stop Lamp Sign dan Oval Tail Pipe

Tail Pipe Oval...type plug and play....cuman tinggal ngebaut doank.
F1 stop lamp...lampu dasar warna putih....gw fungsikan buat bantu lampu mundur aja...bukan buat stop lamp sign ....makanya gw posisikan di samping kanan, bukan di tengah seperti kebanyakan....

Gaya dikit...tapi tetep Simplicity Utility.
Semua barang dapetnya di BSD auto Part serpong.
Tail Pipe kena 100 rb.....F1 stop lamp juga kena 100 rebong.

Sekarang kalau Mundur jadi terang banget .... 


by Galagajrut

{agunk1986} Ganti koil, kabel busi, busi Aerio, ganti seal pipa power steering dan karet kokel / cv joint

sumber : BB AIC Surabaya
gambar 1 - Koil APV yang di lem, masih bocor

 gambar 2 - Koil APV pengganti, beli 2

{oopshadit} Ganti Header Aerio dengan Header 421 Riset AIC, resonator Hotdog dan Muffler Daytona

sumber : kaskus

report penggantian exhaust system
1. Header galvanis 421 AIC 1jt
2. resonator hotdog 450rb
3. muffler daytona + tip =500

total 1,95jt + uang tips pemasangan 50rb.
pengerjaan dilakukan di BK.
disana ditemenin suhu2 aic om irawan, om apri, chief baso.

keuntungan:
1. hp dan torsi naek secara pasti brp engga tau, tp hasil dyno om baso dan om apri naeknya lumayan.
2. tarikan bawah ga ngempos, cepet naeknya.
3. napas di gigi 3 ma 4 jd panjang
4. hentakan terasa pas oper gigi di rpm 4-5rb mantep nih.
5. bbm nambah irit terakhir tes 1:10 (dalkot) dulu sebelum ganti biasanya di kisaran 1:8 (dalkot)

kerugian:
1. dompet jadi tipis
2. ngubah drive style jadi keseringan overgigi di rpm 3,5-4,5 rpm.

 gambar 1 - header galvanis 421 aic
 gambar 2 - resonator hotdog, aslinya warna merah tp di semprot pilok silver.

DIY : test tegangan aki dan test kondisi cell aki

Lanjutan test terdahulu, saat ini ditest saat aki berumur lebih dari 2 tahun 8 bulan. Kondisi aki pernah hampir kehabisan air (di bawah low) karena kesibukan jadi tidak sempat ngurusin mobil :( Aki saat ini tidak bisa mempertahankan voltasenya / setrumnya 100%. Untuk start mesin masih bisa meskipun tidak setokcer saat awal.
Newbie coba charge setelahnya membiarkan semalaman. Pagi harinya newbie test tegangan menunjukkan angka di atas 12.6 Volt, hmmm voltase palsu nih, coba newbie nyalakan headlamp dan foglamp sebentar kemudian mematikan dan mengukur voltasenya, voltase berangsur naik sampai maximal di angka 12.45 Volt saja (gambar 1)

 gambar 1 - Voltase tidak 100%

 gambar 2 - Cell 1 di putih mendekati merah

DIY : Troubleshoot gejala drop vacuum saat kompresor AC bekerja (part 2)




Kelanjutan troubleshoot part 1.
Video di atas diambil pada 26 Jan 2012 disaat kadang terasa getaran saat idle dan penggunaan busi Autolite 985. Beberapa kali dicoba gas tiba-tiba dan dilepas tiba-tiba, jarum pada vacuum gauge tampak sewajarnya,
Setelah pergantian busi Autolite 985 dan pemakaian sekian lama, ternyata gejala jadi hilang.
Dikarenakan aki mulai kurang dapat menyimpan aki, newbie coba lepas dan charge semalaman. Setelah dipasang kembali dan dipakai gejala kembali timbul, perkiraan karena ECU ter-reset. Sore harinya gejala berangsur menghilang kembali (ECU mulai menyesuaikan) dan selanjutnya hilang sama sekali sampai dengan hari ini (14 Feb 2012) tidak ada kendala atau gejala drop vacuum sama sekali seakan-akan semuanya normal.
Untuk saat ini dianggap case-closed dulu karena gejala tidak ada, yang dihindari adalah pencopotan aki yang menyebabkan ter-resetnya ECU

regards,
singachu

DIY : pergantian batere remote Aerio dan perbandingan battery A23 vs A27

Aerio newbie mulai rewel untuk penggunaan remotenya sehingga terpaksa menggunakan kunci untuk lock dan unlocknya.... Hmmm sepertinya hanya masalah baterenya aja nih yang waktunya ganti. Ganti ah....sebenernya pakai batere tipe A23 ato A27 sih ? Kalo dilihat dimensi / ukurannya, A27 sedikit lebih kecil, tetapi sama-sama bisa dipakai karena terminal plus dan minus di remote masih bisa dibengkokkan sedikit mengingat panjang hanya terpaut 0.3 mm, nyaris ga berasa. Tapi apa ada beda lainnya yah seperti kapasitas / keawetannya ?

Step-step penggantian sederhana, gunakan obeng plus kecil untuk membuka sekrup, tanda lingkaran merah di gambar 1.
Selanjutnya congkel remote plastik dengan obeng minus sampai terbuka seperti gambar 2.
Lepas dan ganti dengan batere yang baru.
Setelah di test ternyata voltase batere lama sudah mendekati 6 Volt, sedangkan batere baru di atas 12 volt.

 gambar 1 - remote dan batere pengganti

 gambar 2 - ganti baterenya

Report penggantian Belt AC dan Power Steering Next G penyebab bunyi kasar

Berawal dari bunyi kasar sewaktu mesin masih dingin seperti bunyi bearing yang rusak, tetapi setelah mesin panas bunyi hilang / tak terdengar. Perkiraan awal adalah Bearing Tensioner untuk belt Power Steering / AC. Berhubung harga ori cukup mahal sekitar 620rb, newbie coba memastikan dengan menempelkan selang ke sisi bearing tersebut tetapi tidak menjumpai bunyi dari sana, kecurigaan lain adalah dari belt itu sendiri karena penampakan fisiknya yang retak-retak. Newbie bawa ke BERES UMC A Yani di Surabaya untuk pergantian belt dan ternyata bunyi hilang, jadi positif dari belt tersebut sebagai biang keladinya.

Gambar 1 - Nota UMC

Gambar 2 - Belt yang retak

{zakky} Service CV Joint dan kaki-kaki di Mas Pian Surabaya

sumber : BB Group AIC Surabaya

Kokel / CV Joint di grease ulang Rp 250.000,- (Gejala : Belok kanan pol bunyi kletek-kletek, trus kalo lewat gundukan posisi miring juga bunyi dug dug)
Bengkel Mas Pian Jl Arjuno No 144 telp 347 5270 (dari Diponegoro belok kiri ke arjuno, dari sana ntar ada pom bensin belok kiri, pertigaan belok kanan, ntar ada jalan petemon III masuk ke sana trus aja sampe mentok belok kiri)

 gambar 1 - Mas Pian
gambar 2 - Kokel aka CV Joint

{tjokie} 3M Fuel System Cleaner Aerio

sumber : kaskus


Tadi pagi abis CC pake bahan 3M (Fuel System Cleaner), lumayan "Signifikan" efeknya Gan... k:
Mesin jadi Enteng & suaranya juga Aluzzz
Sekalian isi Nitrogen...
gambar 1 - Bahan

gambar 2 - Hasil test sebelum FSC 
sayangnya afternya lupa moto Gan

Report suntik shockbreaker kiri belakang Aerio dan pemasangan karet stopper di PJS

Karena mendapati shockbreaker kiri belakang terdapat lelehan oli, maka tanggal 4 Feb 2012 newbie coba bawa ke PJS untuk dilakukan suntik shockbreaker, mengingat shockbreaker yang depan dulu disuntik sudah 2 tahun masih awet (suntik per tanggal 26 Feb 2010).

gambar 1 - Bengkel Panjang Jiwo Spring

gambar 2 - Shockbreaker kiri belakang bocor

DIY : {Jalanbuntu} Ganti Lampu kontrol heater/AC Aerio

sumber : kaskus
All,
Saya mau share aja, kmaren ganti lampu kontrol heater/AC yang mati. Jadi pas beli oreo, lampu kontrol heater udah mati. nah, beberapa waktu lalu, lampu lainnya ikutan mati. hari minggu kemarin kebetulan ada waktu ngoprek...

Yang dibutuhkan :
- lampu bohlam pengganti, saya beli di Toko Jayapura Lt.2 DTMF, @ Rp 3000. contoh gambarnya ada di step2 dibawah (gambar 11)
- obeng plus dan minus.
- obeng minus 1mm untuk kacamata.
- tang kecil
- waktu 1 s.d. 2 jam.

1. Biar aksesnya enak, lepas dulu laci, panel di bawah dashboard/setir, dan panel kisi2 AC tengah / sekitar radio. Panel tsb saya lingkari merah, panel yang dilingkari hijau akan kita lepas nanti.
gambar 1 - lepas panel dashboard

keterangannya ada di blog om singa http://otodiy.blogspot.com/2009/11/diy-melepas-sebagian-panel-dashboard.html

2. Buka asbak, nanti akan kelihatan 3 baut, lepas semua baut-nya.
gambar 2 - baut asbak

DIY : {zoeleeyadee} Perbaiki saklar headlamp Aerio dan Report Fuel Consumption Aerio


sumber : kaskus
selamat siang juragan, lama nih ga mampir coz banyak kerjaan, banyak ketinggalan pasti nih. kemarin2 coba ngukur FC dalkot mobil ane dapet sekitar 1:11 pake premium

ane juga sempat dapet masalah di saklar lampu head lamp, tiba2 aja lampu ga mau hidup (bahaya kalau buat jalan malam), tetapi kalau pake lampu jauh atau ngedim lampu hidup, kesimpulan bukan dari lampunya tetapi dari saklarnya, ternyata ada yang gosong disalah satu tembaga nya, cari2 di blog om singa untuk buka plastik bagian kemudi dapat link ini http://otodiy.blogspot.com/2010/12/diy-bongkar-tutup-plastik-setir-untuk.html (thanks buat om singa)


gambar 1

saklar lampu setelah dilepas dari kemudi dan dibuka cover belakangnya tampak jalur kuningan tembaganya

gambar 2

bagian yang ada kuningannya ane lepas dari saklar untuk di bersihkan

{gembelasik} Service AC di Mandala Jaya Pecenongan Pasar Baru


sumber : kaskus
nubi mau lapor hasil service ac ya para suhu sekalian...

berawal dari ac nubi yang udah berkali2 bolak-balik bengkel deket rumah karena terindikasi adanya kebocoran,
akhirnya nubi kapok dan pergi ke bengkel spesialis ac.

sebelumnya dalam 8 bulan terakhir ini nubi udah pernah ganti extra fan, selang ac, switch ac.
tapi tetep aja pas diisi freon, 2 bulanan setelah itu freon habis.

nubi akhirnya ke Mandala Jaya di Pecenongan Pasar Baru.

dateng jam 8:30 tapi belum buka. jam 9an baru buka, si aira langsung dicek. hidupin mesin dan ac, menurut montirnya kompresor bunyinya ngorok dan ada bekas bocoran di sekitar kompresor.
udah panik aja nih takut harus ganti kompresor.
setelah dicek, katanya mudah2an diservice aja bisa bagus (sori gak difoto).

kemudian kabin depan bawah juga selalu basah.
kata montirya sih kemungkinan expansinya, jadi ganti expansi denso (lupa foto lagi... )

gambar 1 - cek freon lama
gambar 2 - buka blower