Sabtu, 09 Februari 2013

DIY : {centraltech8} tambah kebocoran heater core Next G dengan PC-Metal Putty

 gambar 1 - Tambalan awal dengan PC-Metal Putty

Heater samping kopling Next G bocor. Dilem pakai Putty Stick (PC-Metal), 5 menit saja sudah jadi lem besi. Kuat tapi masih bocor dikit karena kurang kena di ujungnya. Awalnya sampai ngocor kek botol susu, sempat heran kok di kolong mobil netes-netes air radiator padahal ga ada lubang. Kok bisa nembus ke bawah yah...heran juga. Kerjainnya juga buru-buru 30 menit ga sampai.


 gambar 2 - ada di besi di sambungan ditekuk 4 bagian, udah congkel sampe lurus pun ga bisa lepas

gambar 3 - Hasil lem lagi
Sekarang udah dilem lagi, benar-benar keras, 5 menitan aja diketok udah nyatu kek besi, bener-bener jadi metal. Untuk tangki bensin mestinya mantap, cuman mesti cepet dilem-kan sehabis di mix, kalau ga  keburu keras.
Lem pertama kali (gambar 1) masih bocor karena keburu mengeras putty-nya dan juga ada di bagian dalam yang tidak kena, sepertinya juga kurang bercampur rata lemnya jadi keringnya tidak merata.
Proses lem berikutnya langsung disambung aja sampai ke belakang, tekan-tekan, pokoknya semua sisi nempel sama besinya.
Pertama lem, putty dipatahin keknya ga merata, makin ditarik makin seperti dodol. Kedua kali pengeleman, dipotong pakai silet seperti potong kue. Sisi luar putty warna abu-abu, sisi tengahnya warna hitam. Nah 2 bagian itu dipencet-pencet sampai kecampur rata, nanti warna abu-abu bercampur warna hitam jadi seperti semen, baru setelah itu di-apply. Proses yang pertama menurut petunjuk di kemasan malah tidak bisa merata, diiris baru lebih rata.

gambar 4 - Kemasan Putty PC-Metal
Salah satu kelebuhan putty dibanding epoxy adalah enak dibentuknya karena tidak menetes-netes, tapi kendala cepat kering, jadi aku mix dikit-dikit. Kala udah potong, selama belum di mix tidak masalah, asal kalau sudah dimix pakai jari maka harus udah siap-siap langsung tempel.  Di bungkusnya tertulis 3 - 5 menit, cure time 30-60 menit.

by centraltech8

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar