Rabu, 06 Februari 2013

How To : {Aditia Ekalaya} DIY membuat EyeLids mobil

gambar 1 - EYE LID pada Headlamp mobil


PERKENALAN
Mempercantik kendaraan kesayangan kadang tidak membutuhkan biaya besar.
Yang anda butuhkan hanya kreativitas.
Buat apa beli jika kita mampu membuatnya sendiri ?
Mobil anda adalah teman anda dan bukan teman kartu kredit anda hehehe.
Alasan saya membuat DIY ini hanyalah sekedar sharing knowledge yang kebetulan saya dapatkan dari pengalaman di tempat usaha saya.

SAFETY FIRST !


Resin dan serat kaca/fibre glass adalah racun jika memasuki saluran pernafasan.
Serbuk resin dan serat kaca/fibre glass juga akan menimbulkan rasa gatal jika menempel dikulit.
So pake masker atau minimal kain yang dibasahkan untuk menutupi saluran pernafasan anda.
Kenakan kacamata kerja agar debu serat kaca tak menempel pada mata anda karena worst case scenario, bisa menyebabkan kebutaan jika anda tidak berhati-hati.
Gunakan sarung tangan, pakaian yang mampu menutupi sebagian besar tubuh anda dan selalu bekerja di ruangan dengan ventilasi yang baik.
Selalu bekerja dengan ditemani oleh seorang rekan!
Tapi please jangan minta ditemani oleh pacar atau anak balita yaa :D
Saya tidak bertanggung jawab jika ada sesuatu yang salah atau kecelakaan yang terjadi dari pekerjaan fiberglass yang berdasarkan panduan DIY saya ini.
Pendek kata, resiko tanggung masing-masing yaaa.


BAHAN dan ALAT :
Apa yang dibutuhkan untuk membuat eyelids ?

  1. Satu atau dua liter resin yang bisa didapat dari toko kimia terdekat.
    Tak perlu resin mahal. Beli saja yang 20ribu perliter.

    Ini bahan dasar yang dibutuhkan sebagai pengeras dari serat fiber.
  2. Dua botol kecil catalyst, yang juga didapat dari toko kimia terdekat.
    Catalyst dibutuhkan sebagai hardener dari resin. 
    Biasanya 1 botol kecil seharga 3ribu perak. Saran saya, beli lebih dari yang dibutuhkan untuk jaga-jaga aja.
  3. Lembaran fibre glass / serat kaca.
    Bisa didapat di toko bahan bangunan. Ingat, beli yang bentuknya lembaran dan bukan 
    yang berbentuk serat. Yang berbentuk lembaran lebih mudah dibentuk dan harganya berkisar antara 25ribu sampai 30ribu.
  4. Kuas, minimal 8 buah atau lebih.
    Beli di toko bangunan, beli yang harganya paling murah saja. 10ribu juga dapet 6 biji. 
    Toh, sekali dipakai kuas ini langsung dibuang. Seperti biasa, beli lebih dari yang dibutuhkan.
  5. Dua gulung Lakban, atau kertas lem yang sering digunakan untuk mengecat.
    Bisa didapat dari toko cat atau toko bangunan. Harga 3ribu per rol. 
    Ingat untuk memakai lakban yang berbahan kertas jangan yang plastik !
  6. Satu gulung alumunium foil.
    Cek mini market terdekat bro.
    Alumunium Foil biasanya digunakan untuk memasak makanan. Sifat alumunium foil adalah menahan panas, so kita memakainya agar panas dari cairan resin tidak mengenai permukaan cat atau mika headlamp. Harga bervariasi, tapi ambil saja yang paling murah.
  7. Pensil, gunting, double tape, gelas aqua bekas dan mungkin juga gerinda.
    Pinjem dari nyonya rumah aja bro, tapi kalo gerinda coba pinjem punya bengkel las aja. 
    Cutting disk buat gerinda biasanya Cuma 10ribu koq.
  8. Koran bekas, buanyuaaaaakkk !
    Gunanya buat menutupi area yang mungkin terkena tetesan resin. 
    Ya lebih baik repot sedikit daripada nyesel bro ! Cairan resin bisa merusak permukaan cat dan juga merusak mika lampu.
  9. Epoxy – Dempul - thinner – cat – ampelas.
    Sebenarnya kalo udah urusan yang ini lebih baik diserahkan sama tukang cat aja bro. Maksudnya agar hasil akhirnya lebih sempurna. Tapi bisa saja dilakuin sendiri selama punya knowledge tentang proses pengecatan.
  10. Headlamp plus mobilnya bro !
    Ingat, kita akan membentuknya langsung diheadlamp yang terpasang dimobil agar kita bebas 
    mendesain bentuk yang kita mau.
Kumpulkan dulu semua kebutuhan nya dan mulai hari anda dengan berdoa. 

Cek hari dimana anda akan bekerja, cuaca panas dan full sun lebih baik daripada bekerja di hari yang hujan.  Resin akan kering lebih cepat dan otomatis membuat waktu menunggu menjadi lebih singkat.


Okay, lets the messy works begin !

PROSES :

STEP 1. Desain dahulu bentuk yang diinginkan.
Dengan menggunakan lakban, desain bentuk dasar dari eyelids yang di inginkan. Bisa melengkung, lurus,  menyilang, one piece ataupun two pieces. Semua terserah anda. Yang penting desain eyelids tersebut tidak menghalangi pancaran sinar headlamp.

Biasanya desain eyelids hanya menutup sekitar 10% – 20% wilayah headlamp. Gunakan 2-3 lapis lakban untuk mempertegas bentuk desainnya. Saya menggunakan headlamp Honda Odyssey dan desain yang saya gunakan cukup simple.


gambar 2 - Flakban untuk membuat design eyelids

Gunakan Pensil atau spidol untuk mendesain bentuk lain diatas permukaan lakban tersebut. Untuk saya, desain ini sudah cukup baik karena cukup simple dan mempertegas bentuk headlamp. Sebenarnya desain yang lebih rumit bisa saja diterapkan akan tetapi untuk alasan estetika bentuk Honda Odissey yang cenderung conservative saya memilih desain yang simple. Lagipula semakin rumit desain yang diterapkan, semakin lama proses pembuatannya.


STEP 2. Cover it up !
Tutupi semua diluar area headlamp dengan koran bekas dan lakban. Semakin banyak yang ditutup semakin baik, karena kadang-kadang kalo lagi apes selalu saja ada cairan resin yang terciprat kesana sini. Estilo saya udah empat kali jadi bahan percobaan dan Alhamdulillah pada percobaan yang ke empat baru bisa bebas dari cipratan resin hehehe


gambar 3 - Tutupi dengan koran untuk menghindari cipratan resin

Maka, belajar dari pengalaman saya.. Lebih baik kita kerja lebih repot di awal untuk menghindari kerusakan. Jika bisa, tutup permukaan seperti bumper, fender, body dan engine parts lain dengan dua helai kertas Koran. Resin berbentuk cairan yang mampu menembus permukaan kertas jika dibiarkan terlampau lama. Jangan lupa untuk merekatkan ujung-ujung Koran dengan lakban. Pengalaman saya, Koran cenderung tertiup angin sehingga bisa terlepas…

3    STEP 3. Cover it up part deux.
     Area yang anda pikir akan paling sering terkena cairan resin harus ditutup dengan lembaran alumunium foil. Kegunaan dari alumunium foil sudah saya jelaskan. Potong lembaran alumunium foil melebihi dari panjang yang dibutuhkan. Tempel pada area headlamp dan rekatkan ujung-ujung alumunium foil tersebut menggunakan lakban. Karena alumunium foil cenderung kaku tapi mudah sobek, dengan hati-hati tempelkan lembaran alumunium foil tersebut mengikuti kontur atas headlamp. Perkuat daya rekat dengan lakban agar lembaran alumunium foil tersebut mempertahankan bentuk kontur atas headlamp. 

gambar 4 - Aluminium Foil untuk menutup bagian yang paling sering kena cipratan


Dengan jari anda, tekan-tekan permukaan alumunium foil agar bentuk headlamp dan bentuk desain dari eyelids bisa terbentuk dipermukaan alumunium foil. Hati-hati untuk tidak merobek ataupun membuat permukaan alumunium foil tersebut menjadi kusut. Sebisa mungkin pertahankan permukaan halusnya.

STEP 4. Preparing the material
Saatnya mempersiapkan material seperti resin dan lembaran fiberglass / serat kaca. Potong-potong serat kaca menjadi lembaran kecil yang panjangnya melebihi panjang headlamp mobil. Biasanya lebar nya sekitar 10cm. Potong sebanyak mungkin karena kita akan menggunakan 2 lapis lembaran serat kaca untuk satu buah headlamp.


STEP 5. Extra hands
Ada teman yang bisa membantu anda akan sangat membantu karena dia bisa meletakan lembaran serat kaca dan anda yang mengoleskan resin, sehingga tangan anda bebas dari lembaran serat kaca yang menempel.

STEP 6. Mixing it up
Tuang sedikit resin ke gelas aqua, dan tuangkan beberapa tetes catalyst. Aduk dengan tongkat kayu / sumpit.

Bekerja dengan resin lebih baik sedikit demi sedikit karena kita akan berpacu dengan waktu. Resin yang terlampau banyak catalyst akan cepat sekali kering sedangkan jika terlampau sedikit akan memakan waktu lebih lama untuk kering. Jika terlampau banyak catalyst, resin akan memanas sehingga bisa merusak mika atau permukaan cat. Di beberapa kasus bahkan akan mengeluarkan asap karena panas. Maka dari itu lebih baik teteskan beberapa tetes catalyst saja dan aduk hingga merata.

STEP 7. Sticky and messy stuff
Mulai dengan mengoleskan permukaan alumunium foil dengan resin yang telah dicampur dengan catalyst. Pastikan area permukaan alumunium foil yang akan dibuat menjadi eyelids tertutup oleh resin. Tak perlu semua permukaan alumunium foil anda oleskan dengan resin.

Cukup setengah dari lebar headlamp.
Setengah ?
Ya, kita lebihkan sedikit dari yang kita butuhkan untuk meyakinkan bahwa resin dan serat kaca yang akan kita kerjakan cukup tebal dan kuat. Kita selalu bisa memotong area yang berlebih ketika resin mengering. Jangan lupa untuk mengoleskan permukaan atas mika / kaca headlamp yang berbatasan dengan plastic. Ini berguna untuk pegangan eyelids.

STEP 8. Lay it up

Minta rekan anda untuk menempelkan lembaran serat kaca diatas resin yang baru saja anda oleskan. Ketika rekan anda selesai meletakan lembaran serat kaca, langsung anda oleskan lagi resin diatas lembaran serat kaca tersebut.

Cara yang baik adalah, menekan-nekan lembaran serat kaca dengan ujung kuas yang telah dicelupkan pada resin. Ini untuk merekatkan serat kaca pada cairan resin pertama dan juga untuk menghindari terjebaknya udara diantara resin lapisan pertama dan lapisan kedua yang saat ini sedang anda berikan.
gambar 5 - Resin - serat kaca - Resin dst

Atur sedemikian rupa agar peletakan lembaran serat kaca tersebut untuk tidak saling menumpuk. Lembaran serat kaca berikutnya akan menutup sambungan antara serat kaca lapisan pertama.

Kerjakan sedikit demi sedikit sampai anda menutup area permukaan headlamp dengan 2 lapis serat kaca. Usahakan cairan resin tidak terlampau tebal.

STEP 9. Waiting till it dry.
Setelah selesai melapis satu buah headlamp, lakukan hal yang sama dengan headlamp berikutnya. Setelah itu semua selesai, anda bisa beristirahat. Ambil sebatang rokok atau bikin secangkir kopi dan biarkan lapisan resin mengering. Biasanya membutuhkan 1  atau 2 jam agar lapisan resin kering total tergantung campuran catalyst dan cuaca. Biarkan lapisan resin hingga benar-benar kering sebelum melanjutkan pekerjaan. Lapisan resin yang sudah kering total tidak akan terasa lengket ketika anda sentuh.

Setelah anda yakin lapisan resin telah kering total, anda dapat melepaskan lapisan alumunium foil dan Koran yang melindungi headlamp dan body part mobil anda. Biarkan lapisan lakban yang menempel di headlamp karena ini akan menjadi panduan anda menarik garis bentuk eyelids.


gambar 6 - Lepas koran dan foil pelindung


Dengan panduan desain dasar dari lakban headlamp, gunakan pensil atau spidol untuk kembali menggambar bentuk eyelids. Walau agak samar lapisan resin dan serat kaca masih memungkinkan kita melihat bentuk desain eyelids dari lakban tersebut.

STEP 10. Cutting it up

Saatnya anda memakai gunting untuk memotong hasil kerja anda.
Potong area yang tidak dibutuhkan sedikit demi sedikit. Jika resin yang anda gunakan tidak terlampau tebal saya pikir sebuah gunting besar masih mampu untuk memotongnya. Tapi jika resin yang anda gunakan terlampau tebal, mau tidak mau anda harus memotong dan menipiskan sedikit demi sedikit dengan menggunakan gerinda.
Ingat bahwa nanti permukaan fiberglass akan diratakan oleh dempul sehingga eyelids yang kita buat tidak boleh terlampau tebal.
gambar 7 - Potong rata eyelids mengikuti pola


Eyelids yang terlampau tebal akan menyulitkan kita menutup kap mesin dan eyelids yang baik adalah yang tebalnya serupa dengan panel body disekitar headlamp sehingga terlihat OEM.

Saya menggunakan lakban sebagai garis panduan untuk memotong.

Jika anda menggunakan gerinda untuk memotong, gunakan masker, kacamata kerja dan pakaian yang mampu menutup sebagian besar tubuh anda. Jangan sampe gatal sekujur tubuh gara-gara menggunakan gerinda sambil telanjang bulat hehehe.

STEP 11. Finishing
Sekarang saatnya meratakan permukaan fiberglass dengan dempul. Saya harap anda mempunyai sedikit pengetahuan tentang dempul/body filler. Kalau tidak, ya serahkan saja ke tukang cat. Daripada ribet ya serahkan saja ke tukang cat. Biasanya biaya berkisar 100 – 150rb sampai di cat + varnish sewarna body.
Proses pengerjaannya adalah sebagai berikut :
  1. Pendempulan.
  2. Meratakan dempul menggunakan ampelas kasar sampai halus.
  3. Pengecatan epoxy sebagai cat dasar.
  4. Pengecekan permukaan yg tidak menutup kemungkinan diperbaiki dengan putty/dempul.
  5. Meratakan permukaan dengan ampelas halus ( wet sanding )
  6. Pengecatan + varnish.
  7. Pengeringan minimum 3 jam.
  8. Pemolesan dengan compound untuk menghilangkan kesan kulit jeruk pada permukaan.
  9. Eyelids siap dipasang.

STEP 12. Sekarang Eyelids siap dipasang.
Gunakan double tape untuk menempelkan eyelids pada permukaan mika/kaca headlamp. Jangan takut eyelids lepas karena jika dari awal anda mengikuti DIY ini dengan tepat letak posisi eyelids juga dijepit oleh kap mesin. 

Sekarang silahkan nikmati hasil kerja anda.

Maaf jika ada beberapa step yg menampilkan foto, SDCard saya mendadak gak bisa diakses.
Pas mau foto ulang, mobil konsumen udah dibawa pulang ama yg punya hehehehe


by Aditia Ekalaya

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar