Selasa, 19 Maret 2013

Ganti bearing tensioner Aerio dengan alternatif bearing luarnya {den.bagood}

gambar 1 - Bagian tengah bearing tensioner

Sekitar 1 bulan lalu Aerio ane berenang gan alias kebanjiran ... skitar 50cm. setelah melakukan pembersihan total terutama interior ane beranikan diri tuk menyalakan mesinnya. dan alhamdulilah bisa menyala tapi ada terdengar suara aneh di mesin. Montir mencoba tuk mencari sumber bunyi dan ternyata biang keladi suara aneh adalah bearing tensioner. Ane putuskan tuk membongkar dan ternyata memang setelah di bongkar dan di nyalahkan mesinnya suaranya lembut. Ane coba hunting barang itu di beres. kata orang beres harga barangnya 800rb dan inden 1 minggu. waaw mahal amir ... dalem ati ane malu kalo teriak ke doi gan. Ane balik lagi ke montir tuk mencari alternatif laen mengingat kantong cekak pasca kebanjiran. ada beberapa solusi gan yaitu :

  1. Membuang bearing tsb dan hasilnya adalah mesin berjalan tanpa ada AC dan power stearing dan di jamin mesin alus dan tarikan kenceng. waduh ... nga deh .. opsi ke 1 ane buang jauh - jauh.
  2. Mempertahankan bearing yang lama .. tapi melakukan pembedahan di dalam roda2 besi di dalamnya. dengan cara merendam bearing di dalam bensin lalu memberikan grease spesial untuk bearing.
  3. Mengganti hanya bearingnya saja. berarti membongkar sisi luar dan dalam bearing. lalu memasukan bearing baru.
Setelah melakukan semedi dan memohon petunjuk kepada Nya akhirnya ane putuskan tuk mengambil opsi ke 3.
Harga bearing hanya 80rb saja di tambah jasanya 80rb Total pengeluaran 160rb. di tambah fresh tea dan LA light tuk mandorin si montir hehe... alhasil Aerio ane suaranya lembut maning ....

Berikut beberapa penampakan hasil ane mandorin

gambar 2 - Proses pembedahan dan pencakokan bearing
gambar 3 - Bearing bagian luar
gambar 4 - Aerio ane di 3some gan hihihi
gambar 5 - Bearing baru dan cover bearing yang lama dan di pake lagi
gambar 6 - Bearing bagian dalam

(Gambar 3) Buka cover luarnya mustinya sih pake mesin pres. berhubung mesin ntu mekanik ane ga ada jadinya di ketok pake palu tapi di tatakin balok kayu + bearing bekas yang kira2 sama. di ketok bagian cover luarnya.
Setelah bagian luarnya keluar baru deh ngakalin bagian dalemnya. caranya menahan 4 sisi dari bearing lama. mulai deh mengetok bagian tengahnya.
Semua di pake lagi. kecuali bearingnya. sisi luar (gambar 3), dalam (hitam - gambar 6) dan covernya di pake lagi. setelah di pasang covernya aman2 aj sih om nga seret. coz bearing barunya benar2 sama dgn yg lama.
itu aj mungkin penjelasan dari ane.
smoga membantu teman2 pemilik oreo nyang laen
maap ya om kalo gak jelas.by 

den.bagoodsumber : kaskus

sumber facebook, Dicky AriskaTInggal beli bearing ukuran 6010, merk bebas aja asal sama ukuran dan tipe tutupnya samping bearing. Ori pake NSK, yg bagusan bisa pake SKF ato FAG. Harga sekitar 100rb an.

Comments
1 plus+

1 comments :

Poskan Komentar