DIY : PCV Delete, modif performa mesin {Aditia Ekalaya}

gambar 1 - Vacuum gauge dan penyetelan
ternyata ada yg ga sabar nunggu hasil pcv delete...
skalian aja sharing kl gitu...
bagusnya sih stel AFR dulu baru nyobain experimen saya ini...
1. selang dari intake plenum menuju PCV valve dipanjangin dan dicari posisi yg mantab buat vacuum gauge, open-close valve, ama sock selang nya.
2. selang yg dr vacuum gauge disambung dan dicabang kalo perlu.
disambung dengan silencer/filter.
taro diposisi yg mudah mendapatkan udara dingin.
kalo saya sih sementara ditaro didepan kondensor ac.
mo dipasang ke udara dingin AC tapi lagi nunggu jadwal servis AC dl biar ga bongkar dua kali.
3. selang dari PCV valve langsung menuju inlet Oil Catch Tank. selang outlet dari OCT saya arahin ke bawah deket pembuangan air AC.
4. nyalakan mesin dan biarkan sampe working temperature.
setel open/close valve nya.
dirasakan ama didenger aja suara mesinnya..
cari suara idle mesin yg enak dan mesin tidak bergetar.
trial and error sih.. saya aja ampe 7 kali setting ampe nemu settingan yg pas.
5. test drive!


hasil yg saya rasakan:
1. akselerasi terasa lebih baik dr sebelumnya.
2. nafas mesin sedikit lebih panjang.
3. suara mesin sedikit lebih halus.
kalo konsumsi bbm blom saya ukur karena baru selesai install.
ntar saya update setelah tes drive luar kota.

Bacaan kevacuuman : 20an. ga jelas soalnya goyang2 gitu wkwkwkw
seinget saya sih angka 20 - 22an.
lupa.. soalnya lebih fokus dengerin suara mesin ama liatin tacho.
ga perlu pasang one way valve lg kang.

note : harga di kota Cilegon, dikota lain mungkin berbeda.
vacuum gauge : 60rb.
sock selang : @22rb ( butuh 2 biji )
open close valve : 23rb.

adaptor: @12rb ( butuh 3 biji )
selang pneumatic 6mm permeter : 7rb
silencer : @25rb ( butuh minimal 2 biji )
splitter : @22rb ( 1 biji tapi bisa ditambah kl mau )
selang bensin buat intake : nyomot dari sisa2 engine swap.
mayoritas semua alat pneumatic.
soalnya lebih gampang dan penampilannya keren hehehehe
gambar 2 - silencer 2

by Aditia Ekalaya
sumber : Facebook AIC

Comments

most read in a week

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

DIY : Mengatasi DVD Player Mati setelah Ganti HU (Buat Livina HWS/Ultimate) {luki2022}

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G