Senin, 02 September 2013

DIY : service maintenance air compressor / kompresor angin

 gambar 1 - Kompresor angin multipro
Lupa tepatnya kapan kompresor ini, rasanya sekitaran pertengahan tahun 2011. Merk-nya multipro 3/4 Hp, direct driven, harga lupa seingetku hampi 800rb-an. Kompresor ini relatif jarang dipake, dipakenya juga pas tune up mobil aja atau kalau pas butuh tiup selang mesin cuci yang buntu. Tahun 2012 kemaren udah sempet ganti oli dan banyak banget gram-gramnya. So kebetulan sabtu kemaren aku tune up sepeda motor jupiter dan tiup-tiup pake kompresor ini, sekalian aku ganti olinya deh.
Step-step :
1. Buka lubang pernafasan (gambar 2) cukup diulir saja

 gambar 2 - lubang pernafasan
2. tarik lepas penutup di sisi yang terlihat insight glass oli-nya (gambar 3), ga usah bingung ama baut-nya itu ga perlu dilepas kok. Tinggal kuncian-kuncian plastiknya aja, tarik plastiknya dari bawah ke atas.
 gambar 3 - ga perlu buka bautnya, cuman kuncian aja
 gambar 4 - lubang pernafasan dan cover sudah terlepas
3. Lepas insight glass (gambar 4 lingkaran merah), tinggal diulir aja, sebelumnya siapkan wadah penampung olinya.
 gambar 5 - insight glass
 gambar 6 - insight glass
4. Tuang olinya ke wadah penampung, miringkan kompresor agar oli yang keluar lebih banyak.
5. Sebenernya sampai step ini sudah cukup, tinggal pasang lagi dengan langkah kebalikan, dan isikan oli lewat lubang pernafasan (gambar 4 lingkaran kuning) sampai di insight glass tertutup oli.
Berhubung masih menjumpai banyak gram dan di dalam masih terlihat ada gram-gram yang tidak bisa keluar dengan dimirikan, maka newbie lanjut step 6.
6. Buka 3 baut dengan kunci L (allen key) seperti nampak di gambar 7.
 gambar 7 - 3 baut dilepas
7. Setelah 3 baut dilepas, perlu menarik penutup sampingnya dengan agak kuat karena masih menempel erat disebabkan karet sealnya (gambar 8)
 gambar 8 - penutup dan karet seal
 gambar 9 - karet seal dapat dilepas terpisah
 gambar 10 - penutup dengan karet seal dilepas
 gambar 11 - bagian piston dan ruang oli
8. Lap bersih semua sisa-sisa oli berikut gram-gram yang ada.
9. Pasang kembali semuanya dengan langkah kebalikan, lubang pernafasan tidak perlu dipasang dulu karena menuang olinya lewat sana (gambar 4 lingkaran kuning)
10. Newbie pakai oli motor 4 tak 15w-40 untuk mengisi oli-nya, ini sisa oli yang dulu dan setelah dituang masih ada sisa. Pakai kira-kira aja sampai insight glass hampir ketutup penuh.
 gambar 12 - oli yang dipakai
13. Sekalian cek dan bersihkan kondisi filter udaranya, lepas baut plus (gambar 13)
 gambar 14 - lepas baut plus penahan box filter udara
14. Tarik lepas box filter udara, ada elemen filternya dari busa, bisa dibersihkan dengan tiupan angin kompresor. Nampak di gambar 15 kondisi filter masih bersih, maklum jarang dipakai dan dipakai di area yang tidak penuh debu.
gambar 15 - filter udara

regards,
singachu

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar