Kamis, 24 Oktober 2013

DIY : pasang oil catch tank di Next G {wirasaja}

 gambar 1 - bahan-bahan
baca2 blog suhu ada beberapa post mengenai OCT (oil catch tank)..
cobain juga ah kalo begitu..

bahan2 dikumpulkan dulu..untuk octnya sendiri beli jadi di FJB : http://www.kaskus.co.id/thread/524fb3183fcb17a971000008/oil-catch-tank-universal-homemade/1


Bahan2 yang dibutuhkan kurleb seperti selang, klem model baut, sebuah plat L, cable ties/insulock, konektor kuningan 

 gambar 2 - persiapan bahan 
 gambar 3 - selang
 gambar 4 - nota-nota bahan
oh iya satu lagi tetap ini yg terpenting kalo oprek2 ruang mesin sedan
gambar 5 - bahan yang wajib ada
lanjut buka kap mesin ( kerjakan pagi hari ketika mesin masih sangat dingin ), buka tutup cover head silinder..
cari sambungan selang dengan OCV dan pisahkan dahulu kemudian pasang sambungan selang bahan kuningan..
 gambar 6 - cabut selang PCV Valve
 gambar 7 - pasang nepple
kemudian ambil bor besarkan lubang ( awalnya lubang untuk baut 10 dijadikan untuk baut 12 ) untuk dudukan OCT di base dudukan aki
 gambar 8 - siapkan dudukan
 gambar 9 - muat baut 12
selanjutnya rapikan plat L yang sudah ada lubang untuk baut 12 ( minta ditukang las ) agar lebih rapi, kemudian finish by pylox ( nggak sempat foto waktu ngecat ) agar plat tidak karatan ( pastikan memakai safety gear ketika menggrinda )
 gambar 10 - merapikan plat dudukan
 gambar 11 - merapikan plat dudukan
 gambar 12 - test fitting dudukan
 gambar 13 - test fitting dudukan
satukan plat L dengan OCT dengan klem baut
 gambar 14 - pastikan posisi OK sebelum dikunci
 gambar 15 - pastikan posisi OK sebelum dikunci
selanjutnya tinggal rangkai selang2 dengn fitting terlebih dahulu, kemudian rapikan dengan cable ties/insulock
saia mencoba saran suhu untuk jalur in OCT dilewat kan dahulu menempel pipa AC dengan harapan dapat induksi dingin ketika AC ON
 gambar 16 - mulai pasang dan fitting
 gambar 17 - mulai pasang dan fitting
 gambar 18 - mulai pasang dan fitting
 gambar 19 - melintasi jalur dingin
 gambar 20 - posisi terakhir
selesai tinggal rapikan dan tes nyala mesin, nyala normal, coba buka kran pembuangan oct rpm naik sedikit, tutup lagi..
aman dari bocor.. tinggal tes jalan yang belum sempat he3..
 gambar 21 - hasil akhir dan rapikan
 gambar 22 - hasil akhir dan rapikan
gambar 23 - hasil akhir dan rapikan
pasang lagi cover head silinder ( rencana mau ganti punya swift yg minimalis ) rapikan toolkit an selesai..

sekian report dari jogja suhu.. oh iya penampakan isolasi 3M merah pada radiator sama sekali tidak ada perubahan bentuk sama sekali atau terkelupas dihajar panasnya karet selang air radiator 80`c ++
lama pengerjaan hampir 3jam ( santai diikuti pinggang pegel2 bungkuk2 mulu )

by wirasaja
sumber : kaskus

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar