Kamis, 10 Oktober 2013

Ganti tutup radiator dan selang atas radiator penyebab coolant luber ke lantai {wirasaja}

 gambar 1 - nota pembelian tutup radiator
Berawal dari air reservoir radiator yg "membludak" sehingga banyak meninggalkan bekas2 dilantai..
Diceklah kondisi air radiator ternyata berkurang lumayan..ditarik kesimpulan air masuk reservoir ketika panas tapi tidak balik ke radiator.. dan mendapat pencerahan dari suhu singachu coba ganti radiator cap..

kondisi :
Kondisi air di reservoir full mpe ada bekas luber2..
Coba buka tutup atas radiator lho kok kosong..
Reservoir ane lepas trus tuang air hijau didalamnya ke radiator, hampir 80% air masuk semua sampai atas..
Trus hidupkan mesin eh turun.. masukin sisa reservoir yg 20% tadi pas full sampai atas.. trus tutup radiator ditutup..

Keesekokan harinya ke beres Suzuki Jogja sekalian servis rutin, ganti filter udara, filter oli.. berikut kuras radiator + ganti tutup radiator..
 gambar 2 - part filter udara
 gambar 3 - tutup radiator baru
 gambar 4 - perbandingan tutup radiator baru vs lama
 gambar 5 - perbandingan tutup radiator baru vs lama
 gambar 6 - perbandingan tutup radiator baru vs lama
 gambar 7 - perbandingan tutup radiator baru vs lama
 gambar 8 - perbandingan tutup radiator baru vs lama
 gambar 9 - perbandingan tutup radiator baru vs lama
setelah pergantian, sirkulasi air radiator normal kembali..
2 hari kemudian banyak air radiator berceceran lagi dilantai..
cek ternyata selang radiator bagian atas bibirnya terdorong mundur menjauhi radiator n mentok kena nok pengunci. rembes pun terjadi disini.. ( maaf lupa mendokumentasikan kejadian ini ) akhirnya coba disealer.. tunggu semalaman kering trus dipakai mobil sehari2.. eh bocor lagi..
ke suzuki lagi tuk dianalisa kenapa ? dan akhirnya diputuskan bahwa selang radiator atas musti ganti..
yg lama selangnya terlalu lunak n "ndower" bibirnya jadi "lenjeh" waktu ditusuk "kebatang" radiator, kendor deh he3..
 gambar 10 - masuk ruang servis lagi
 gambar 11 - masuk ruang servis lagi 
  gambar 12 - masuk ruang servis lagi
  gambar 13 - masuk ruang servis lagi
selang radiator lunak sekali..
 gambar 14 - Selang radiator
 gambar 15 - Selang radiator lama lunak
sewaktu proses bongkar pasang seperti berikut
 gambar 16 - proses ganti selang atas radiator 
 gambar 17 - proses ganti selang atas radiator 
  gambar 18 - proses ganti selang atas radiator
  gambar 19 - proses ganti selang atas radiator
untuk memperkuat tetap diberi sealer dahulu sebelum selang dipasang..
 gambar 20 - perkuat sealer merah
 gambar 21 - perkuat sealer merah 
  gambar 22 - perkuat sealer merah
 gambar 23 - terpasang dan perbandingan selang lama dan baru
selang radiator dan nota part (mungkin kalo lagi nggak sibuk, bisa bongpas sendiri, cos mahal ongkos bongpasnya dibanding partnya he3)
 gambar 23 - selang lama
gambar 24 - nota ganti selang
Servis rutin lama pengerjaan kurleb 1 jam.. bongpas selang radiator lama pengerjaan kurleb 1 jam ( selang radiator lama nyari di gudang suzi )

Demikian info dari jogja..

by wirasaja
sumber : kaskus

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar