Kamis, 10 Oktober 2013

share sumber kebocoran radiator coolant dari drain plug di blok mesin Aerio {saifoel}

 gambar 1 - Sumber kebocoran
Para Suhu dan Para Master, setelah nubie amati agak detai ditemukan penampakan ijo2 spt coolant dr sebuah lubang yg nubie ndak tahu lubang itu dibwh blok mesin deket nmr mesin, ini tampak jauhnya


Apa ini yg dibilang Drain Plug ya para suhu? Terus benerinnya gimana, di blog suhu Singachu ada sih cuma sy terlalu nubie utk bisa paham, ini penampakan lainnya. (red: iya itu drain plug dan bisa diganti)

 gambar 2  - drain plug nampak coolant bocor dari sana
gambar 3 - nampak coolant bocor dari drain plug di engine block

Keluhan sebelumnya : 
FR:
Radiator dah diturunin dgn indikasi ada bocor. Memang ketika sdh diluar ada bekas ijo spt air coolent di kisi2 bagian atas agak kiri.
Iseng2 sy nanya berapa kalo ganti? Draipada service gituh. Trus montir yg tangani telpon dulu, ternyata... 3,8jt!!! Alamaaaaak dompet kuli neh ga nahan segitu mah...
Trus dibawalah tuh radiator ke tk service rujukan mereka.... Hasilnya? TIDAK ADA KEBOCORAN.... Langsung plooong terasa dada ini.
Skr lg di cari lg sbab musabab yg laen....
report hasil akhir di Twin Garage.
Setelah dipasang kembali radiator dan dibersihkan sampai ke penutup blok skalian di lihat apakah ada seal2 yg sdh mati di jalur slang2 radiator, kesimpulan bengkel tidak ada kebocoran. Bahkan krn blok dibuka tutup atasnya terlihat oli tidak bercampur dengan air coolant.
Akhirnya diagnosis sementara menyimpulkan kemungkinan besar krn "bocor kompresi". Hal ini kata mereka terindikasi krn ada gelembung2 udara di radiator waktu mesin dinyalakan stasioner dan tutup radiator dibuka. Tp itupun tidak sering. Hanya sewaktu-waktu saja. Utk pekerjaan itu smw, cukup 75rb. Estimasi pekerjaan turun mesin utk benerin bocor kompresi 2,5 jt.
Mohon pencerahan Suhu Siganchu lagi:
1. Penyemprotan dr depan itu dalam kondisi mesin mati atau hidup? Atau dlm kondisi mesin dingin (pagi) atau panas? (Habis digubakan jauh)
2. Apakah indikator yg paling mudah utk memastikan bahwa memang ada "bocor kompresi"
3. Melihat kasus saya itu, langkah apa lg yg sebaiknya saya lakukan.
belum sempet sentuh tuh oreo setelah dr Twin Garage sdh hars nguli lg ke luar pulau.
Hanya memantau dr jauh ketika digunakan bini, ternyata air di reservoar masih terus turun bahkan cenderung smakin banyak nambah coolantnya stiap pagi.
Mudah2an bisa sgr sy sentuh sesuai arahan suhu2 sepulang dr luar pulau.
Belum ada report lanjutannya

sumber : kaskus

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar