Jumat, 22 November 2013

Perbaikan alternator Aerio penyebab indikator aki menyala

gambar 1 - indikator aki di dashboard. 
Ntuh gambar 1 baru aja ambil fotonya sih. Kondisi mesin belum menyala, harusnya indikator ini ON dan saat mesin sudah menyala indikator ini harus OFF. Permasalahan di Aerio newbie sepertinya sudah berlangsung di Oktober. sepintas indikator ini splash atau berkedip sebentar tapi karena begitu dilihat mati ya mungkin salah lihat atau emang ada masalah bentar. Akhirnya dicuekin.


 gambar 2 - indikator sederhana dari lampu LED
Kebetulan newbie dulu punya indikator di gambar 2. Nah sering juga lampu LED nya ada yang berkedip / mati menandakan voltase ada drop, cuman karena bentar aja dan indikator aki di dashboard ga nyala, lagi-lagi sedikit cuek.
Sampai akhirnya lampu indikator aki cukup sering berkedip, dibarengi indikator voltase juga seakan-akan mengkonfirmasi bahwa ada masalah pada charging. Newbie sadar ada satu masalah pada mobil ini yang harus dibetulkan.
Cek aki saat pagi hari, terlihat aki tidak masalah. Cek belt alternator juga baik dan terpasang, tambahin kekencangannya barangkali selip juga tidak menyelesaikan masalah. Aki coba ganti dengan mobil lain yang udah ketahuan kondisinya baik, juga tidak menyelesaikan masalah. Grounding diperbaiki, pole aki dibersihkan, aki di charging, dsb.....tidak menyelesaikan masalah.
 gambar 3 - voltase aki
 gambar 4 - voltase diukur dari cigarette lighter, fuel pump udah nyala
 gambar 5 - ketegangan belt alternator diatur lagi
Test tegangan saat alternator bekerja dan semua beban kelistrikan bekerja, sepertinya baik-baik saja, ada kalanya sempat drop voltase tapi langsung naik kembali. Konfirm problemnya intermittent alias tidak selalu muncul masalahnya. Seringnya saat mobil diam di tempat tidak ada masalah, tapi begitu mobil mulai melaju maka indikator berkedip, tapi saat udah jalan stabil indikator kembali mati.
Coba ukur voltase di cigarette lighter dengan kondisi mobil dipakai, memang bener confirm untuk alat di gambar 2 juga cukup bisa diandalkan, ada kalanya lampu indikator menyala, voltase di multimeter drop sampai bilangan 12 volt...... Anehnya tidak selalu saat voltase 1.8 volt indikator menyala, ada kalanya juga voltase 13 volt lebih indikator menyala.
 gambar 6 - test jalan voltase sambil mobil dipakai.
Di tanggal 6 Nov 2013, waktu malam hari kondisi makin parah, lampu indikator aki semakin sering sekali menyala, bahkan saat pedal kopling diinjak full mesin jadi rpm idle meski mobil meluncur juga tidak sukses membuat indikator aki padam. Hanya saat bermacet-macet ria, indikator aki padam dan voltase bisa 13.70 volt seperti di gambar 6 meskipun AC + Lampu besar ON. Tapi kalau pas jalan voltase bisa drop tanda tidak ada pengecharge-an dari alternator..... kuatir aki kehabisan listrik dan mobil jadi mogok, seringnya AC dimatikan untuk mengurangi beban kelistrikan, sayangnya karena malam jadinya headlamp dibiarkan menyala meski menyedot daya aki lumayan banyak.
Sampai rumah coba bersihkan grounding, cek soket alternator barangkali lepas..... tidak membantu. Ga mau resiko mogok di jalan di waktu dan tempat yang salah.....tanggal 7 Nov dibawa ke tukang dinamo. Dari tanya-tanya referensi, timbang-timbang antara jarak dari rumah, akhirnya diputuskan untuk dibawa ke Rungkut Jaya Abadi, hasil report teman.
 gambar 7 - antri di bengkel
Dari bincang-bincang awal dengan pemilik bengkel, diperkirakan jasa service 250rb diluar part. Setelah ditest diagnosa awal IC Regulator baik, kemungkinan carbon brush sudah pendek. Cukup lega mendengarnya meski masih berharap bahwa diagnosanya betul.
 gambar 8 - mesin dikipas dari bawah biar cepat dingin
 gambar 9 - dek kanan di lepas
 gambar 10 - alternator sudah terlepas tapi tidak bisa dikeluarkan dari mobil
 gambar 11 - akhirnya as roda dilepas, baru alternator bisa keluar
 gambar 12 - alternator siap diservice
 gambar 13 - perlu tracker khusus untuk membukanya
 gambar 14 - stator koil dan rotor koil
 gambar 15 - carbon brush, diode rectifier
Didapati Carbon Brush masih panjang dan baik, vonis jatuh ke IC Regulator perlu diganti...baru 800rb tapi inden 2 minggu, copotan 200rb..... pilih copotan....
 gambar 16 - stator koil dicat brighton tahan panas dan tambah insulator
 gambar 17 - diode rectifier
 gambar 18 - body dibersihkan dengan sikat kawat, install ulang
 gambar 19 - pemilik bengkel
 gambar 20 - IC regulator include carbon brush baru yang lebih panjang 
 gambar 21 - testing
Setelah dipasang semua, ditest....sukses nyala terus itu indikator aki.....duh bongkar lagi :(
Eh sekarang divonis rotor koilnya harus diganti, 300rb.....bearing sekalian diganti baru kena 30rb. Alasannya biasanya IC Regulator dan rotor koil rusak berpasangan...... tadi dicoba ganti IC Regulator aja untuk coba barangkali rotor koilnya tidak masalah. Ditest secara manual dibilang rotor koilnya kurang kuat untuk rpm tinggi..... well aku gak ngerti deh......Ya udah nurut aja yang penting masalah kelar, maklum udah mulai sore dan toko mestinya tutup.
Setelah terpasang lagi, test...... masih nyala juga indikator akinya :( 
Pemilik masuk kolong, test sana sini, akhirnya ada kabel yang mesti diubah, sebab susunan kabel antara bawaan Aerio dan IC pengganti ada yang berbeda. Test lagi sukses..... test voltase dan sempet diajar-ajari ilmu baru ama pemiliknya..... test kontak off, pakai tang ampere DC ukur kabel-kabel di pole negatif aki, hasilnya tidak ada arus bocor....mantap.

Total kena 680rb. Rincian Jasa Service 250rb, IC Regulator 200rb, Bearing 30rb, Rotor Koil 200 rb (didiskon 100rb dari sebelumnya 300rb)

Pulang jam 6 sore..... sepanjang jalan mantap....menjelang U turn depan perumahan, eh berkedip sekali itu indikator tapi ga ada masalah lagi..... Karena karet boot cv joint udah acak kadut dan grease kemana-mana, langsung lembur ganti karet bootnya..... malam hari ada perlu di Sidoarjo, sekalian test jalan Aerio ama karet bootnya... PP 30 km, alternator mangstap.....

Jumat 8 Nov 2013, mau brangkat kerja, kontak ok indikator aki nyala, starter ok indikator aki mati. Keluar pagar, eh berkedip itu indikator aki :(...... test colokin voltage tester gambar 2, eh ga charging :( ambil voltmeter eh ga charging...  masukin rumah lagi, test sana sini, liat belt segala macem, ga charging :( Keburu kerja naik motor jadinya, coba telp bengkel disuruh bawa sana... tapi karena kerja mau bawa ke sana hari sabtu. Sampe rumah aki dicharge penuh biar besok bisa dipake sampe bengkel, maklum ngandalin listrik di aki aja soalnya alternator ga jalan.

Sampe sana dicek ini itu, divonis harus urut kabel..... siangnya dikabari ada kabel yang putus 4 biji dekat firewall, ada bekas sambungan dan sambungannya tidak sempurna. Hmmm keingat di tahun 2007 atau 2008 dulu pernah bengkel pasang relay koil dan ada salah mutusin kabel x_x, sekarang jadi masalah. Jadi IC Regulator yang terlanjur ganti ternyata tidak masalah, duh..... ya udah yang penting masalah kelar, dan untungnya free of charge untuk urut kabelnya.
 gambar 22 - rotor koil bekas, sepertinya masih bagus
 gambar 23 - slip ring, udah agak aus, kerasa di kuku.
 gambar 24 - sisi pulley
 gambar 25 - IC Regulator
 gambar 26 - soket
 gambar 27 - bagian belakangnya
 gambar 28 - kode
gambar 29 - kartu nama pemilik bengkel
Nama bengkel : Rungkut Jaya Abadi, Alamat : Jl Raya Rungkut 10 (dekat setopan panjang jiwo), sebrang ruko. Telp 031 - 8495513
Sampai 22 Nov 2013 ini brarti dah jalan 2 mingguan, hasilnya mantap ga ada trouble nyala sama sekali.

regards,
singachu

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar