Jumat, 17 Januari 2014

Bungkus dashboard Aerio facelift yang retak dan pemasangan dashboard kembali {Firdhaus}

 gambar 1 - proses pemasangan mb-tech pada dashboard

Melihat dashboard Aerio Facelift (2004-2007) retak bukanlah pemandangan yang enak dimata, apalagi retakannya semakin lama semakin menjalar bak sungai yang penuh cabang dari hulu ke hilir, pemandangan ini selalu terlihat karena kita akan terus berhadapan dengan dashboard saat menyetir. untuk memperbaikinya, cukup di bungkus ulang dengan kain MBtech camarro kode 9002. (Lanjutan cerita melepas dashboard)

 gambar 2 - proses mengerok kulit dashboard yang asli
Prosesny diawali dengan mengkuliti, mengupas dashbord dengan cutter secara perlahan
 gambar 3 - sampai bersih dan tinggal busa-nya saja
Secara perlahan namun pasti sampe tinggal busanya saja
 gambar 4 - dudukan untuk air-bag
Terlihat dudukan kantung udara atau lebih dikenal air bag di bagian kiri dashboard
 gambar 5 - dudukan air-bag, tapi tidak ada air bag nya
Kalau dibalik dashboardnya kelihatan lebih jelas dudukan airbagnya.  Dibagian kiri dashboard sebelum dikuliti dibalik logo suzuki juga jelas tulisan aibagnya. 
 gambar 6 - spons masih mulus
Terlihat spons atau busa dashboard masih semulus paha syahrini alias belum ancur atawa rusak maka sponsnya tidak diganti, karena mengganti spons butuh biaya besar karena spons wajib di press dengan alat.
gambar 7 - contoh spons yang rusak pada Next G milik om sinxa
 gambar 8 - proses pembungkusan dengan MBtech Camarro
Setelah di ampelas halus, lanjut pembungkusan dengan MBtech camarro lebih kurang 2 meter (mungkin buat jaga-jaga kalau-kalau kainnya koyak), kemudian di lem fox.
 gambar 9 - membetuk lekukan cukup ditarik dengan kencang
Membentuk lekukan dashboard tidak perlu menggunakan dryer karena kain mbtech tidak kaku dan mudah dibentuk asalkan tarikannya kencang
 gambar 10 - nota pemasangan kulit
Untuk tarif bungkus ulang dashboard dikenakan biaya 450K (harga relatif) karena tidak semua tempat menggunakan argo yang sama.
 gambar 11 - hasil terpasang
Begini kondisi setelah dashboard selesai dan terpasang, foto diambil malam karena sore selesai langsung bawa pulang dan pasang, proses pemasangan kembali dashboard membutuhkan waktu lebih lama dari waktu bongkar, start pasang jam 19.00 selesai jam 02.30 menghabiskan 3 gelas kopi, 3 bungkus rokok dan 1 unit asbak.
 gambar 12 - tampak dari sisi kanan
 gambar 13 - proses pemasangan balik
Proses pemasangan diawali dengan memasang diluar pipa ac bagian depan sebelum dashboard naik, untuk menghindari kesulitan saat mengunci 3 baut dekat kaca. 
Masukkan dashboard dari pintu kiri, kesulitan terjadi karena pipa ac terhalang 2 besi penyangga, namun paksa perlahan tanpa merusak pipa ac kecil yang dipasang tadi.  Sori, foto-foto pemasangan benar-benar minus nih karena kondisi malam, tapi patokannya hanya pada dua besi penyangga itu saja, jika klop berarti posisi dashboard sudah tepat dudukannya
 gambar 14 - dua besi penyangga
Disini kelihatan dua besi penyangga, di depannya ada pipa ac besar dan pipa ac kecil, setelah dashboard naik, kancing dulu kedua pipa ac ini dan pastikan pipa ac kecil bagian kiri kanan sudah tepasang sebelum mengepaskan posisi dashboard pada 2 besi penyangga tadi.
Jangan takut salah pasang kabel-kabelnya,karena kabel-kabel ini memiliki socket ya berbeda-beda.
 gambar 15 - semua capek lelah terobati
Rasa pusing pasti hilang om setelah lihat foto ini hehehe, cuma resiko terberat ya tangan lecet-lecet, kejepit, dan berdarah-darah dikit lah hahaha
gambar 16 - proses pengerjaan tanpa lepas dashboard
Di Alphine setia budi menerima bungkus ulang dashboard untuk wilayah jabodetabek (terima panggilan ke rumah) prosesnya tidak melepas dashboard, hanya melepas stir saja, dashboard yang sudah mengelupas atau retak akan didempul baru dibungkus, biaya netnya 1.400K pin bb: 276183E5
Ada juga di Vip Car Leater Seat jl Raya jombang tanjakan no.25b (dekat villa bintaro regency) Jombang ciledug. Prosesnya dashboard dibongkar, retakan dasboard didempul baru di bungkus ulang, biayanya 1.000K pin bb: 27BECBAC. Mungkin seperti gambar 16 ini proses pengerjaan model dempul tanpa melepas kolor.... Eh dashboard maksudnya.
Kalau dari mbah google, specialis bungkus dashboard harga kisaran 1000K s/d 1700K tergantung situasi kondisi toleransi pandangan jangkauan serta keadaan lingkungan

by Firdhaus
sumber : Facebook

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar