Minggu, 19 Januari 2014

DIY : ganti kapasitor Power Washer penyebab motor susah berputar

 gambar 1 - High Pressure Cleaner aka Power Washer
Dari hasil perbaikan dengan pembokaran yang lalu, Power Washer milik newbie masih sering macet-macetan. Berikutnya karena dah putus asa, newbie buka dari cangkangnya dan sewaktu macet bantu pakai tangan nyentuh kipas plastiknya dan Power Washer aka High Pressure Cleaner (HPC) bisa dipakai. Ntar kalau nozzle nya ditutup dan motor HPC berhenti, ada kemungkinan macet dan harus dibantu putar lagi.

Kesempatan berikutnya bincang dengan teman soal pompa listrik untuk sumur dangkal, dari pembicaraan disebutkan capacitor / kapasitor yang lemah dan perlu diganti. Gejala sama yaitu ada bunyi dengung saja tapi motor tidak bergerak. Setelah googling ternyata semua mengarah hal yang sama, tapi googlingnya tentang motor pompa air, hmmm sepertinya cara kerjanya dan gejalanya sama dengan HPC newbie nih.....
Setelah dibongkar benar saja ada satu capacitor di dalamnya dengan ukuran cukup besar, setelah mampir ke toko komponen elektronik di kisaran Bungurasih (newbie cari yang deket rumah dan bisa dilewati sewaktu ke kantor aja), harga didapati 39rb. Ya sudah daripada pusing muter-muter, beli dah.

Malamnya di rumah langsung test pengerjaan.
 gambar 2 - buka penutup kelistrikan
Step awal buka penutup kelistrikan, ada 6 sekrup (gambar 2 terlihat 3 sekrup di satu sisi).
 gambar 3 - capacitor
setelah itu buka covernya, dan nampak capacitornya, cabut soketnya (gambar 3 yang dilingkari merah)
 gambar 4 - spesifikasi capacitor, copot dan pakai sebagai contoh beli
 gambar 5 - perbandingan dengan capacitor pengganti
 gambar 6 - capacitor pengganti
Capacitor pengganti punya spek yang sama yaito 400-440 Volt, 20microFarad, tahan 80*Celcius. hanya bentuk soket yang beda
 gambar 7 - soket diselipkan tapi cukup erat
Test pasang dulu (gambar 7), dan ternyata begitu ditancap, HPC langsung bekerja, test brenti jalan beberapa kali, hasilnya maknyus.
gambar 8 - tinggal merapikan saja
Setelah terpasang, newbie bisa kembali pasang cangkang dari HPC, biar ga telanjang lagi, toh udah ga perlu dibantu putar pakai tangan hehehehe. Tapi selanjutnya saat ditest dengan air, motor selalu bekerja tapi air tidak kunjung kencang, hanya tekanan air biasa bukan high pressure. Copot saja selang high pressurenya, hanya menyisakan selang air, biarkan air mengalir, setelah itu hidupkan HPC maka air mengalir lebih kencang dari selang output. Pasang selang HPC nya dan sekarang air bisa kencang dan HPC bisa otomatis nyala mati mengikuti tekanan selang nozzle.

regards,
singachu

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar