Share repair oli AT Grand Livina yang bocor {nenglivi}

 gambar 1 - rembesan pada oil pan AT
Setelah nunggu ampir 3 minggu buat ngerjain oli AT Livina yang bocor akhirnya rampung juga nunggu indent gasketnya di beres, berikut step-step penampakan bongkar bak olinya untuk penggantian gasket...
ini area-area yg bocornya (gambar 1 dan gambar 2)
 gambar 2 - bocor
pertama kali sebelum dibongkar turunin dulu olinya
 gambar 3 - oli AT
lalu buka semua bautnya lupa konci brapa jumlah bautnya ada 21
 gambar 4 - buka baut oil pan
tidak ditarik lepas sendiri bak olinya
 gambar 5 - lepas bak oli
setelah lepas bak olinya itu penampakan sebagian isi AT Livina
 gambar 6 - jeroan matic konvensional
ini gasket yang bikin bocor,entah getas,tipis,sobek,sealent threbondnya sudah abis mungkin salah satunya
 gambar 7 - gasket lama
setelah lepas gasketnya bersihkan bak oli sama casing gerboxnya(ga tau namanya) terus dikerik sisa lem yang masih menempel di keduanya
 gambar 8 - proses kerik
 gambar 9 - proses kerik
 gambar 10 - proses kerik
pasang gasket yg baru sama sealent trebond yg hasil indent
 gambar 11 - gasket
 gambar 12 - sealant
setelah itu dikasih sealent sekeliling bak olinya
 gambar 13 - oles yang rata
terus pasang gasketnya di bak oli
 gambar 14 - tempel gasket ke bak oli
sebelum di pasang bersihkan lagi pinggiran bawah gearboxnya
 gambar 15 - dilap lagi
pasang lagi bautnya
 gambar 16 - pasangnya diurut
selesai biarkan mengering selama 20 menit,menurut mekanik nissan oli ATnya masih layak pakai jadi ane putuskan dipakai lagi baru dikuras servis berikutnya
 gambar 17 - oli AT lama
gambar 18 - tuang lagi
selesai sudah step bongkar dan pasang lagi....menurut mekanik nissan yg sudah lama kerja disana kejadian oli AT bocor/rembes jarang terjadi dan baru 1kali ada livina AT yg overhaul ATnya dan itu sudah lama...yang membanggakannya matic nissan khususnya livina termasuk yg paling bandel,wallahualam...apalah intinya bandel klo kita sebagai user tidak bisa merawatnya.

Dc sih murah cuma beliin gasketnya aja 141ribu..tapi brhubung mesin uda kudu tune up,carbon clean n ganti oli dc abis 1,2jt om
beres trkesan ogah2an klo cuma ganti gasket...mungkin ga ada duitnya kali
proses ga sampe 2 jam kelar servis ampir 5jam stngah...sudah trmasuk maksi mekaniknya...pengerjaan molor yuu knowlah beres sering kabur2an mekaniknya jadi lama

by nenglivi
sumber : kaskus KLIK

Comments

  1. Kalau menetes di bawah mesin warna merah kirakira yang bocor apa ya, livina manual

    ReplyDelete

Post a Comment

most read in a week

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

DIY : membuat dan memasang relay motor starter Aerio / Next G

Service ASC dibutuhkan, ganti bearing roda dengan magnet ABS Xpander dengan merk NTN {Lay Joseph}