Senin, 24 Maret 2014

DIY : buka door trim pintu belakang Ertiga dan tips menghilangkan bunyi di pintu {exofanboy}

 gambar 1 - door trim pintu belakang
Permisi sama mimin dan agan2 sekalian, ijin mau share tips membongkar doortrim belakang yaa. Berawal dari rasa kesal dg bunyi2an yg mengusik ketenangan dan kenyamanan berkendara, ane jd terdorong utk bongkar doortrim pintu belakang ini. Udah tiga kali dibawa ke Beres dan bilang kalo bunyi2 pintunya, bukan axle-beamnya, selalu mekaniknya kira ane mo komplain masalah axle-beam. Klo axle-beam kan bunyinya kaya besi beradu, nah ini bunyinya hanya tektektoktek, terdengar di balik pintu. Alhasil pulang gak diapa2in mobilnya, dan tetep bunyi. Mengganggu sekali terutama kalo lagi di jalan konblok/paving. Yaudah deh kerjain sendiri wong masih punya tangan ini hehe

Ternyata analisa ane tepat bunyi tektektoktek sumbernya dari kabel kelistrikan central lock yang ketika bergoyang mentok ke plat body bagian dalam. Ane akalin pake double tip tebal supaya ada ganjelannya dan selalu nempel. Hilang deh bunyinya, senyap. oya, ini merupakan kali kedua ane membongkar doortrim pintu belakang, sebelumnya pernah bongkar utk ngebenerin posisi clip holder doortrim yg jatuh, bikin bunyi2 juga. Haduh emang....


Peralatan :

  1. Obeng, bisa pake dari kantong tools bawaan neng Erti.
  2. Double-tip, kalau diperlukan mengganjal sumber bunyi2-an (tergantung kasus).
  3. Kuku, utk mencongkel plastik penutup baut (satu di balik tuas handle pintu, dua di dasar lekukan armrest).
  4. Otot, utk narik paksa doortrim supaya lepas dariplat body bagian dalam.
  5. Teman, istri, anak atau sodara utk bantu ngelepas doortrim.

*yah... alat yg beneran cuman 2 sih hehe.

Langkah-Langkah:
1. Lepaskan plastik hitam terlebih dahulu, karena posisinya di atas plastik doortrim beige. cukup dengan menarik saja, tariknya dari sisi yg mepet kaca. Ada dua clip.
 gambar 2 - Cover Plastik Hitam
2. Setelah itu, saatnya kini melepas keseluruhan doortrim beige. Sebelumnya ambil dulu baut di balik tuas handle pintu dan yg ada di dasar lekukan armrest.

Untuk membuka baut di balik tuas handle pintu, congkel saja pake kuku, cover baut dari samping tombol lock, ada kupingnya, tinggal dijewer aja. Gak usah takut patah, lentur plastiknya.
 gambar 3 - Cover Baut Handle Pintu
Di dalamnya ada baut, putar dg obeng, singkirkan bautnya di tempat aman bersama dg cover hitam dan cover baut tuas handle pintu, awas hilang hehe.
 gambar 4 - Singkirkan di Jok
Kemudian congkel pake kuku, penutup plastik kedua di dasar lekukan armrest. Yg ini lho maksudnya.
 gambar 5 - Posisi Baut Kedua yang Harus Dibuka
Di bagian dasar ada cover berbentuk persegi. Yg ini susah congkelnya perlu kuku agak tajem. Saran ane sih jangan pake obeng, plastiknya bisa lecet kena tajemnya obeng logam. Ambil bautnya.
 gambar 6 - Congkel Tutupnya Dulu
3. Tarik doortrimnya, agak keras tidak usah kuatir rusak, tebal koq plastiknya. Sampai lepas semua clip-clipnya.
 gambar 7 - Lepas Doortrim
Nariknya perlu memakai seni.. Mulainya dari bagian yg dekat engsel pintu dekat pilar B ada lubang utk menarik doortrimnya. Setelah terlepas dari semua clip, masih susah utk menjauhkan dari plat body karena terganjal tuas handle pintu. Jadi rupanya tuas handle pintu tidak dapat bergerak, alias nempel mati sm body, jadi perlu narik keluar ke arah ujung handle.

4. Nah ini dia biang kerok bunyi tektektotek. Kabel central-lock yg harus di ganjal double-tip.
gambar 8 - Kabel yang Bikin Bunyi2an
Ane gak copot terpisah doortrimnya krn ada kabel power window yg ane gak berani cabut. jadi bukanya selebar kabel itu aja. Di balik doortim agan2 bisa liat daleman pintu, ada lembaran plastik bening, dalemnya ada mekanisme bukaan pintu dan kelistrikan power window dan central-lock. Juga bisa liat side impact-beam dan speaker neng Erti.
Setelah itu jangan lupa dipasang kembali doortrimnya. Urut-urutannya tinggal dibalik mundur, hingga yang terakhir di pasang adalah cover plastik hitam yang tadi pertama di copot.
Semoga membantu.

by exofanboy
sumber : kaskus

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar