Senin, 31 Maret 2014

DIY : ganti oli transmisi manual Aerio, ganti filter oli mesin dan oli mesin Aerio

 gambar 1 - lubang kuras oli transmisi manual
Abis tune up kemarin, dilanjutkan ganti semua oli baik transmisi maupun mesin, termasuk ganti filter olinya. Dulu pernah bikin tutorialnya sih di sini, buat lagi deh. Yang perlu diperhatikan juga adalah mesin dijalankan dulu dan dibawa jalan-jalan, sehingga semua oli tersirkulasi, harapannya dengan tersirkulasinya oli maka endapan-endapan kotoran dapat tercampur oli sehingga saat oli dibuang akan turut terbuang. Cuman memang kudu hati-hati dengan oli panas.

Untuk menguras Oli transmisi manual Aerio, harus memakai pangkal kunci sok yang bentuknya kotak 5/8". Tinggal ngolong dan putar bautnya yang ada di sisi kiri transmisi (gambar 1)

 gambar 2 - baut pembuangan ada magnetnya
 gambar 3 - kotoran yang menempel di magnet
 gambar 4 - magnet dibersihkan
 gambar 5 - baut siap dipasang lagi
Oli idemitsu MTF GL4 ini udah terpakai sekitar 17 rb sampai 20 rb an, kondisinya masih cukup bening.
 gambar 6 - oli bekas
 gambar 7 - oli bekas mudah ditembus sinar matahari
gambar 8 - lubang pengisian oli transmisi manual
Pastikan dulu lubang pembuangan sudah ditutup kembali. Pengisian transmisi manual menggunakan 2 liter. 
gambar 9 - lubang pengisian menghadap ke depan, bukan ke atas
 gambar 10 - diikat, biar ga geser saat pengisian
 gambar 11 - selang masuk ke lubang pengisian
 gambar 12 - oli MTF baru 2 liter
 gambar 13 - tuangkan ke alat pengisian
 gambar 14 - oli mengalir masuk ke lubang pengisian transmisi
 gambar 15 - optional ditekan dengan pompa olinya
gambar 16 - tutup kembali dengan kunci kotak 5/8"
Selesai untuk oli transmisi
 gambar 17 - filter oli indopart
 gambar 18 - lepas filter oli lama dan bersihkan
Oles karet O ring di filter baru dengan oli baru. Kemudian pasang dengan tangan dulu, baru putar pakai alat 3/4 putaran
 gambar 19 - kencangkan filter oli
 gambar 20 - filter oli baru terpasang
 gambar 21 - filter oli lama kondisi 17rb km pemakaian
 gambar 22 - filter kertas di dalam filter oli
 gambar 23 - oli mesin baru butuh 4 liter
gambar 24 - kilometer pergantian

regards,
singachu

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar