Senin, 10 Maret 2014

DIY : Pasang kabel ground di Toyota Corolla EE80 85 {alifullohazhar}

 gambar 1 - aki ke body samping kiri
Melihat testi bahwa penambahan kabel ground terutama pada mobil lawas berdampak cukup signifikan, saya coba terapin di mobil saya yang udah lumayan tua, seumuran saya si corolla se 85
Sebenarnya saya awam banget soal perangkat perkabelan, skun itu apaan aja ga tau hehehe. Setelah beberapa kali googling akhirnya nemu artikel agan Taz yang cukup detil dalam menjelaskan instalasinya.
bahan:
1. kabel NYAF 10 mm2 ==> 14rb / meter
2. skun 10/6
3. skun 25/8
5. selang bakar (kalau ga salah itu namanya)
alat :
1. tang kakak tua, g punya tang skun, mo beli mahal banget
2. pisau dapur
3. gunting kabel
4. korek api

Sementara ada lima kabel yang saya pasang: (gambar terlampir)
1. (-) aki ==> bodi samping kiri (BARU) (gambar 1)
2. (-) aki ==> bodi samping kiri /dudukan sock (baru)
 gambar 2
3. bodi samping kiri /dudukan sock (baru) ==> firewall (baru)
4. firewall ==> bodi samping kanan ( yang lama ada kabel dari bodi kanan ini ke enggine mointing)
 gambar 3
5. (-) aki ==> enggine moiunting (nimpa kabel bawaan yang dari bodi kanan)
 gambar 4
 gambar 5 - penampakan full
sebenarnya mau pasang kabel ke alternator tapi ga tau mau di tempatin dimana, sempat dicoba (seperti pada gambar) malah korslet . akhirnya baru lima kabel tersebut yang terpasang.

efeknya yang terasa ( pakai filing aja )
- ac makin dingin
- stater lebih greng
- wiper lebih cepet dari biasanya
- semprotan wiper semakin kenceng sampe ampi kebabas
- tarikan lebih enteng, gejala ndut-ndutan yang sebelumnya kerasa banget jadi tinggal dikit banget, mungkin perlu seting karbu lagi

last, mau pasang di head silinder sama alternator tapi belum nemu tempatnya nih, mungkin agan Taz atau agan-agan yang lain ada saran nih.

niatnya mau pasang di negatif alternator gan, tapi ga berani mau taruh di braket. Karena menurut ane (imho) braket itu mempengaruhi kekencangan belt alternator tsb. takutnya ane ngencengin beltnya kurang bener trus belt kendor.

alhasil ane pasang ground dibaut ini (lingkaran kuning)
gambar 6 - kutup B+ di alternator yang terhubung langsung ke positif aki
karena kabel yang kesitu lumayan gede, perkira ane itu kabel ground bawaan, Jadi lah ane langsung pasang kabel ground ke situ.

dan hasilnya waktu kabel negatif aki ane pasang,, crashh!! langsung korslet gan , mana tetangga depan rumah lagi rame pada kaget semua

Besoknya setelah ane lihat2, posisi ground seperti gambar 5. itu udah deket banget ama braket alternator, mestinya alternator udah dapat ground yang cukup.

Selanjutnya ane pasang kabel ground dari negatif aki langsung ke silinder head, trus disambung lagi ke karburator. Karena ane lihat ada kabel listrik masuk kesitu entah itu trotel position sensor (TPS) atau apa ane juga ga tau, tapi ane pikir pastinya itu butuh ground juga. Gambarnya menyusul gan, belum sempat foto.

by alifullohazhar
sumber : kaskus

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar