Minggu, 02 Maret 2014

DIY : radiator flush dan percobaan saringan coolant radiator

 gambar 1 - radiator flush dan saringan teh
Beberapa kali reservoir aerio ada endapan coklat di bagian bawah, sudah buang beberapa kali tapi masih terjadi. Newbie pikir mungkin perlu dilakukan flushing, dan sekalian pingin nyobain nambah filter atau lebih tepatnya saringan kotoran di coolant sebelum menuju ke radiator. Cari-cari prestone radiator flush tapi pada kosong, ya udah daripada ruwet puter-puter akhirnya beli super radiator flush merk Master seharga 20rb.
Ternyata coolant di bagian mulut radiator tidak secoklat yang nampak di reservoir. Tergantung angle melihatnya bahkan bisa nampak hijau baik (gambar 3).
 gambar 2 - coolant di mulut radiator
 gambar 3 - terlihat hijau baik tergantung sudut melihatnya
Pertama newbie buang dulu air radiatornya, buka selang heater dan bilas air di blok mesin dengan air buangan ac. Step-stepnya kurang lebih pernah dibahas di sini termasuk yang dari selang heater, atau caranya juga pernah difoto juga ama om Niladyo di sini. Newbie langsung masukkan radiator flush ke dalam blok mesin, biar langsung diaduk-aduk oleh waterpump biarpun mesin masih dingin. Newbie nyalakan mesin selama 20 menit dengan gas ditahan di 1500-2000 rpm.
Setelah dingin dibilas air dan diyalakan lagi mesinnya, bilas lagi sampai bersih. Newbie cukup melakukan 2 kali pembilasan dengan mesin menyala hasilnya sudah bening.
 gambar 4 - hasil flushing
 gambar 5 - hasil flushing
Dari gambar 4 dan 5, berikut keterangan nomernya :
1. coolant buangan dari radiator, bila di penampung terlihat hijau, tapi setelah dicedok ke wadah plastik terlihat warnanya hijau kecoklatan.
2. Bilas air.
3. radiator flush dimasukkan, dan mesin dijalankan, no 3 adalah hasil bilasannya. Hasilnya ga coklat-coklat amat, entah efektif atau tidak, tapi ngelihat hasilnya sepertinya percuma saja.
4. kembali mesin dinyalakan dengan air ac saja, dibuang airnya seperti nampak no 4
5. radiator didorong lagi dengan air, kembali dilakukan pembilasan dengan mesin menyala, hasilnya terlihat di no 5, sudah cukup clear.
6. air ac baik yang di blok mesin didorong dengan coolant sampai yang keluar coolant bercampur air seperti terlihat di no 6. Selanjutnya lubang pembuangan ditutup.

Terinspirasi dari forum luar, newbie bikin saringan coolant dari blok mesin sebelum menuju ke radiator, tujuannya agar radiator tidak tersumbat kotoran, kedua newbie pingin tau aja seberapa banyak kotoran yang bisa ditangkap. Saringan menggunakan bahan saringan teh dari stainless steel, harga sekitar 6rb. Lubang ga kecil-kecil amat jadi harusnya kotoran yang halus masih akan lolos, dan bisa saja dijumpai di dasar tabung reservoir.
 gambar 6 - saringan teh
 gambar 7 - saringan teh
 gambar 8 - dibakar aja cara cepat ambil saringannya
 gambar 9 - saringan sudah didapat
 gambar 10 - tekuk agar besarnya sama dengan pipa radiator atas
 gambar 11 - hasil bentukan seperti mangkok
 gambar 12 - asalnya newbie coba pasang seperti ini
 gambar 13 - seperti mangkok jaring, tapi kuatir semakin kedorong masuk
gambar 14 - akhirnya dibalik seperti ini
Akhirnya newbie balik posisi pasangnya seperti gambar 14, terinspirasi dari saringan air masuk di mesin cuci front loading hehehehe. Hasilnya masih blom tau, kapan-kapan aja liatnya pas bongkar lagi. Pemasangan dilakukan di 16 Feb 2014.

regards,
singachu

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar