Selasa, 25 Maret 2014

Komparasi Performance Kaca Film ala pengguna Ertiga kaskus S3RIOUS {dwdamarjati}

 gambar 1 - Infrared thermometer untuk pengukuran temperatur
Mumpung lagi pada ngumpul, pada sabtu kemarin bersamaan dengan pemasangan jaring, maka ane berkesempatan melakukan test performance dari KF.
Selama ini kita sebagai customer hanya disuguhi spesifikasi penjual, dan testimony dari rekan2, temen saudara pacar dll.
Ada yang bilang merek A adem, yg laen bilang panas. Karena panas atau dinginnya juga relative dan subjective tergantung dari perasaan si pemakai, dan merek & tipe mobil yang dipasang KF juga pasti berpengaruh. Papanjah yang dipasag KF Pikul belom tentu lebih adem dari Alpart yg pake KF abal2.

Oleh karena itu ane mo nyoba ngukur performance dari KF yang dipasang di mobil kesayangan kita bersama yaitu ERTIGA (mengERTI keluarGA)….. Yg ane compare adalah KF pada kaca depan, karena konon kaca depan adalah penyumbang panas terbesar.

Total ada 6 mobil dengan merk & tipe KF yang berbeda2.
Berikut adalah kontestannya :
Masterpiece Renzumint 45
3M Crystalline CR40
Masterpiece Ice Yuki 35
Perfection New Nickel 40
KF abal2 (ngakunya SG VIP)
3M BlackBeauty

Nah berikut ini spek masing2 KF yang dikeluarkan oleh pabrikannya 
 gambar 2 - Spek kaca film
Mungkin masih banyak yg bingung bagaimana cara membaca spek tersebut, berikut penjelasannya :
Penjelasan Spek - sumber Monza Autosport:
Spesifikasi penting untuk memilih kaca film mobil

Performa kaca film (window films) dapat di telaah berdasarkan spesifikasi kaca film tersebut.
Spesifikasi kaca film (window films) umumnya dalam singkatan yg mungkin awam (tidak umum) diketahui oleh semua orang.

Untuk memudahkan membaca spesifikasi untuk kaca film untuk mobil maka dapat difokuskan pada 4 spesifikasi yang penting untukdiperhatikan, sbb:

UVT (Ultraviolet Transmittance), kebalikannya UVR(Ultraviolet Reflectance)
Ultraviolet adalah cahaya yg dapat membuat interior kulit retak / pecah2, warna interior mobil memudar (fading) dan yang paling berbahaya adalah dapat menyebabkan kanker kulit. Semakin kecil % UVT semakin baik, pada umumnya kaca film branded dapat menolak UV 99% (UVT = 1% atau UVR = 99%)

VLT (Visible Light Transmittance)
Persentase VLT menandakan besarnya cahaya yg lewat melalui kaca film.
VLT berhubungan dg persentase kegelapan kaca film, tp bukanlah sebagai ukuran % kegelapan kaca film, karena kegelapan kaca film juga dipengaruhi oleh bahan dasar kaca film tersebut. Pada umumnya kaca mobil sebelum terpasang kaca film dapat menolak cahaya 5% (VLR 5%), menyerap cahaya 5% (VLA 5%) dan tembus cahaya sebesar 90% (VLT 90%).
Sebagai acuan antara VLT dg tingkat kegelapan KF sbb:
VLT 70%, kegelapan kaca film 10-15%
VLT 60%, kegelapan kaca film 15-20%
VLT 35-40%, kegelapan kaca film 30-40%
VLT 20-25%, kegelapan kaca film 60%
VLT 10-15%, Kegelapan kaca film 70%
VLT 5%, kegelapan kaca film 80%

VLT bila sudah mencapai 5% (setara kegelapan KF 80%) maka saat parkir mundur pd malam hari dg kondisi penerangan yg kurang maka akan sulit melihat spion dg jelas/leluasa. Tp tentunya VLT 5% memberikan privacy yg lebih saat siang maupun malam hari, krn tidak dapat dengan mudah orang diluar melihat ke dalam kabin.

IRR (Infra Red Reflectance/Rejected)
Infra-Red adalah radiasi panas yg dibawa oleh cahaya matahari, semakin besar spec % IRR semakin baik.

TSER (Total Solar Energy Rejected)
Persentase total solar energy (heat/panas) yg di tolak oleh kaca film. Semakin besar persentase TSER semakin baik, krn menandakan kemampuan kaca film u/ menolak panas yg masuk melalui kaca film secara total. TSER adalah akumulasi % dari berbagai variable penyumbang panas yg masuk melalui kaca, termasuk Infra-Red (IR) yg merupakan salah satu variable terbesar didalam TSER.


Spec tolak panas mengacu pada spec TSER, tapi TSER tidak dapat mudah di ukur, harus melaui test lab untuk spec TSER yg valid, acuan pengukuran TSER terdiri dari beberapa variable yang secara logic dapat di telaah apakah spec yg dipaparkan logic atau tidak.
TSER secara umum adalah akumulasi bbrp variabel terdiri dari:
IRR = 50%
VLT = 40%
UVR = 3%
Variabel lain = 7% (spt: bahan dasar, teknologi, proses pembuatan, etc)

sumber : Monza Autosport
Terlihat dari spek diatas bahwa Masterpiece memiliki spek yang paling baik. Apakah demikian juga hasilnya, mari kita test bersama.

Perlu diketahui juga bahwaa alat tester KF yang biasa dipakai oleh penjual KF biasanya hanya salah satu item spek saja, ntah itu IRR atau VLT saja. Nah test yg ane lakukan ini mudah2an bisa mensimulasikan spek TSER yang tercantum di spesifikasi dari pabrikan.

Test dilakukan dengan menggunakan peralatan Infra Red Thermometer (gambar 1).
Metodenya adalah mengukur suhu pada beberapa titik di permukaan dashboard. Hal ini dilakukan mengingat dashboard adalah media yang langsung terkena efek dari panas yang dilewatkan kaca depan. Jadi bisa diukur panas dari matahari setelah diredam oleh KF pada kaca depan. 
gambar 3 - titik pengukuran
Ini adalah titik pengukuran (gambar 3).

Semua hasilnya ane liatin disini, walaupun ada beberapa keanehan yang nanti dijabarkan.
Dan berikut adalah hasilnya, jreng,,jreng..jeng….

gambar 4 - hasil test

Dan ternyata yang paling adem adalah Masterpiece Ice Yuki 35, WHAT… !! kok bisa ?? Tidak mungkin...! Malah mengalahkan yg Renzumint.

Ternyata setelah ane inget2 di mobil yg pasang ini kaca film, pada dashboardnya terpasang dengan indahnya mat antislip yang berbentuk busa bolong2 dan ukurannya sangat panjang, mencapai 60cm melintang dari kiri ke kanan, Jadi lebih separuh dashboard tertutup oleh mat ini, tentunya panas matahari tidah secara langsung mengenai dashboard yang diukur. Berarti data untuk IceYuki ini tidak valid dan harus diulang kelak dikemudian hari.

Berarti didapatkan juaranya adalah MasterPiece RenzuMint 45. Diikuti oleh 3M CR40 yang berbeda tipis sekali dengan Perfection Nickel 40. Jauh meninggalkan KF abal2 dan 3M BlackBeauty di posisi terakhir.

Muncul lagi pertanyaan, kok 3M BB bisa kalah dengan KF abal2, ternyata pada saat pengukuran, mobilnya sedang dipasang jaring pengaman, sehingga kap mobil dalam posisi menganga, tentu si kaca depan mendapat sumber panas tambahan dari pantulan kap depan yang jaraknya menjadi sangat dekat dengan kaca depan. Oleh karena itu data 3M BB juga tidak valid dan harus ditest ulang kembali.


Kesimpulan akhir :

1. Masterpiece Renzumint 45
2. 3M Crystalline CR40
3. Perfection New Nickel 40
4. KF abal2 (ngakunya SG VIP)

Dari hasil test ini disimpulkan bahwa spek TSER yang diberikan oleh pabrikan masing2 merek masih sesuai dengan kenyataan test dilapangan. 

Mungkin hasil test ini masih belom mencakup semua brand-brand yang berdar disini, jika ada kesempatan kopdar lagi mungkin bisa ditambahakan merek2 lain yang belom ada. 

Note :
Test ini murni keisengan ane, tidak ada pesan sponsor dari pemegang merek.

sumber : kaskus S3rious

Quote:
Original Posted By mYo64
Tambahan dikit, utk alat tester kf sebenernya ada 2 variabel yg diukur, yaitu Visible Light (VLT) dan IR Light.

gambar 5 - Tester kaca Film - Courtesy : om Grafy_Augusta
IR light menentukan IRR, jika tertulis 20% seperti gambar 5 di atas maka IRR-nya 80%.Lain kali kudu ngetes outlander nya oom anom nih, biar tau performance nya huper drei. Bagusnya ada VK40 juga sih, cm kayanya ngga ada yg pake yah disini. Soalnya katanya TSER dibawah atau sama dg RM tp lebih adem. Hehe.
Yup bener, sebagian besar panas matahari dapet dari IR nya ya ?

Iya nih kurang Huper drei, evolution, pikul dll nya. Klo kopdar beneran mungkin bisa lebih banyak variasi merek & tipenya.Kemaren itu kan kopdar kecil2an

Ada yg tau gak harga dari masing2 KF yg ditest diatas, jadi bisa diliat value or money nya.

by dwdamarjati
sumber : kaskus S3rious

Quote:Original Posted By jajamiharja.jr
lah kemaren katanya keteduhan pohon?? ini lain lg alesannya..bijimana ini??

tp ya sutralah...namanya jg test mandiri, pasti banyak faktor sampling eror..yg penting kopdar2 berikutnya bisa diadakan lg test2 seperti ini, bukan cuman review KF tp hal2 laennya..misalnya test perawan atw jejaka..makasih buat om dadi yg udah mw direpotin..  

Yup, klo mo ideal semua harus dibuat standard, mobil standar dengan warna sama, test di lapangan luas, dengan kondisi langit tanpa awan, ambil datanya barengan utk semua mobil, dengan alat yang semuanya terkalibrasi. Namanya juga test iseng-iseng oleh pelaku amatiran kqkqkqkq 

Kapan nih kita komper headlamp, klo ini mah harus kopdar malem, dan pastinya ane gak bisa...

sumber : kaskus S3rious

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar