Rabu, 19 Maret 2014

Share claim intermediate shaft setir Mazda M2 yang bunyi-bunyi

gambar 1 - intermediate shaft bekas

Selamat malam bro/sis, salam zoom zoom,

Saya pengguna Mazda 2 HB S A/T black mica dari November 2011.

Sejujurnya saya sudah lama gak main ke forum ini, namun baca-baca dari awal sampe akhir, saya ingin melakukan sharing sedikit mengenai isu-isu mazda 2 teman-teman disini:

1. @walla dan ziraveIsu mengenai bunyi duk-duk/buk-buk ketika mazda 2 anda di belokan ke kiri maupun ke kanan (baik sambil maju maupun >mundur)-- kalau tidak salah yg dialami oleh bro zirave di posting halaman 83
- Sebelum saya sharing mengenai hal ini, saya pernah mengalami hal ini sampai bulak balik servis 3x ke BERES mazda, dan saat ini bunyi tersebut sudah sembuh
Penyebab bunyi tersebut: intermediate shaft (gambar 1)


Jadi gini storynya:

a. Kejadian 1 = bunyi timbul setiap kali saya belok ke kiri begitu ujung setir ketemu ujung setir (setir sudah muter 360 >derajat)-- mulai kerasa setelah 4 bulan pakai di bulan Maret 2012 >-- 
Penanganannya waktu itu ke BERES Mazda nya: dikasih grease di intermediate shaftnya >-- masalah selesai

b. Kejadian 2 = gak lama sesudah dikasih grease, ehh.. 2 minggu kemudian masalah yg sama muncul lagi, bunyi kembali keluar ketika setir dibelokan ke kiri
Penanganannya: saya tunggu sampai servis 10 ribu KM (tanggung soalnya), lalu diputuskan agar intermediate shaftnya diganti bersamaan dengan steering racknya oleh BERES Mazda >-- setelah diganti : masalah selesai

c. Kejadian 3 = ehhh..gak sampai 1 minggu, tiba-tiba bunyi tersebut muncul lagi...grrrrr. asli deh..rada kesel juga ini udah 2x balik sebelumnya kog belum beres juga masalahnya.
Penanganannya: saya claim lagi ke BERES, dan mereka saat itu juga tidak bisa langsung ganti lagi intermediate shaftnya, karena baru diganti alasannya jadi saya harus tunggu sekitar 2-3 mingguan untuk dapat keputusannya. Alhasil saya tunggu 2 minggu kemudian saya datang kembali dan diganti baru lagi intermediate shaftnya (untuk kedua kalinya) >-- dan sampai sekarang sudah 3 minggu, bunyi tersebut gak keluar lagi (hore)

Nah karena penasaran kenapa sih itu intermediate shaft bisa ngadat begitu, jadi yg dijelaskan oleh service advisornya begini:
> iklim/cuaca/kondisi jalan di indonesia gak sesuai sama rancangan intermediate shaft si mazda 2 sehingga mengakibatkan grease di dalam intermediate shaftnya kering dan susah bergerak (intermdiate shaft itu bekerja ketika kita belokin setir dia akan menghasilkan gaya pegas naik turun semacam batangan gitu untuk memfasilitasi supaya belokannya terjadi, CMIIW)
> Alasan kedua: bisa karena di dalam batangan intermediate shaft terdapat ruang hampa yg menyebabkan batangan saling beradu antara pegas didalam dengan cover batangan dari intermediate shaft tersebut (seumpama sekrup yang gak pas masuk ke lobangnya karena kekecilan sekrupnya, maka akan goyang goyang kan sekrupnya dan menghasilkan bunyi karena ada ruang hampa)
Supaya temen-temen disini gak penasaran kayak apa sih si intermediate shaft itu barangnya, ini saya foto intermediate shaft saya yg lama (gambar 1 - yang dulu bunyi bunyi) 



Nah yg saya lingkarin itu batangannya yg saya maksud akan naik turun jika kita belok, dan pas dia naik turun itu harus ada grease biar lancar, nah jika greasenya kering maka pegas akan keset nah menghasilkan bunyi (CMIIW)

> Jadi temen temen yang mengalami masalah ini, segera claim tuh intermediate shaftnya dan minta diganti baru (gratis selama gak lebih dari 3 tahun semenjak mobil ditangan) >-- soalnya kalau harus bayar harganya mahal bo..sekitar 5-9 jutaan

2. Isu mengenai STNK yang lama jadi,
> Nah kebetulan dulu juga saya mengalami hal yang sama, tetapi karena domisili saya di Bogor dan waktu itu ambil mobilnya di jaktim, ane baru dapet STNK asli setelah 3 bulan dari mobil diterima  ..ini memang improvement scr administrasi berikutnya yg harus dilakukan oleh mazda.
> pengalaman karena isunya saya sempet 1x pake plat polda (aman gak ditilang)m lalu 1x plat sektor (ditilang 2x), dan 1x plat profit putih (hampir ditilang tapi ditanya sama polisi dan debat akhirnya dikasih jalan haha)
> Jadi temen temen yg mengalami isu ini, kejar terus aja sales/admin nya. kalau masih lama juga, ente post di facebooknya mazda di wall nya (ini dulu ane lakukan dan langsung dapat respon)

Nah kira-kira begitu deh sharing ane..maaf ya mengulang jika sudah pernah ada yg sharing kedua hal tersebut.

Selain itu, ane punya pertanyaan nih.
Dari ane dapet ni mobil sampe sekarang, ane selalu isi bensin shell super extra..tetapi sekarang nih bulan ke 9, anehnya pas abis polisi tidur, terus saya gas (gak terlalu kenceng dan gak terlalu slow), kog pas pergantian gigi awal keluar bunyi (krek rek rek rek) kyk semacam mobil manual yg ganti giginya lebih cepet dari koplingnya..jadi kyk gelitik, tapi bukan gelitik mesinnya, aneh deh..tapi jarang sih keluar bunyinya, tapi risih dengernya. Ada gak temen-temen yg mengalami hal yg serupa? 
Apa karena mazda 2 ga cocok diisi oktan 95 ya bensinnya (terlalu cepet panas gitu, atau pembakarannya kecepetan gitu) >-- saat ini sih ane ganti dari shell super extra ke pertamax plus, tapi masih kadang (kejadiannya 1:20 lah)suka ada bunyinya setiap narik di gigi awal begitu dia ganti gigi 
Share dong bro/sis disini yang pernah mengalami hal serupa. ?
Lalu temen-temen disini bensin pada ngisi pake apa cocoknya buat si mazda 2 ini?

Thx be4
Sorry kepanjangan
 
by : abbrian
sumber : kaskus

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar