Senin, 07 April 2014

DIY : buka door trim Ayla dan ganti speaker depan dengan 6 inch {rafiz}

 gambar 1 - speaker pengganti
Saya barusan tadi siang ganti speaker depan dengan merk lain gan, bawaan speaker ayla kecil banget, cuman 4" saya ganti dengan ukuran 6", tapi kelihatannya kurang besar, mungkin lebih pas kalo pake ukuran 6,5" gan. akhirnya saya bikinkan dudukan dari kayu parikel. Berikut penampakannya gan.

Speaker pengganti tipe coaxial merk Bos*on, harnya cuman 150.000, lumayan dari pada bawaannya (gambar 1).

 gambar 2 - lepas pengait  pintu dan panel tombol

Cara lepas door trimnya, pertama ane lepas baut pengait pembuka pintu dan melepasnya dengan tang buaya. bagian yang agak susah ini gan,
Kemudian melepas panel tombol, dicukit saja dan ditarik ke atas.
Membuaka kenop kunci pintu yang ada diatas, dengan cara diputas saja. dan list kaca atau penjepit kaca dalam, ditarik aja ke atas.

 gambar 3 - pengait pintu dilepas
Buka doortrim dari bawah, agak dipaksa di tarik dengan hati-hati.
 gambar 4 - buka dari bawah
 gambar 5 - akhirnya terlepas
 gambar 6 - speaker bawaan
Makanya suaranya kurang mantaf, lihat sendiri speakernya bawaannya, sama dengan radio KPE Jaman ane masih kecil...
 gambar 7 - pembuatan dudukan speaker
Karena dudukan baut tidak pas dengan speaker baru, maka dibuatkanlah dudukan dari kayu partikel. Gergaji dulu. Ukuran dibuat sama dengan ukuran speaker bawaan, dan tengah dilubangi seukuran speaker pengganti.
 gambar 8 - hasil dudukan
gambar 9 - pemasangan dudukan
Untuk pemasangan kabel, karena bawaanya menggunakan soket, jadi saya beli soket pasangannya dan saya solder dengan speaker, dari pada potong kabel bawaannya dan solder langsung pada terminal speaker, gak tega main potong kabel...
gambar 10 - pasang speaker
 gambar 11 - terpasang
Nah ini temen ane yang telah bantu bongkar-bongkar Ayla ane tanpa ampun...
dia kaskuser juga gan.. useridnya mataelang86, sapa aja kalo butuh konsultasi...
gambar 12 - id mataelang86
Oke gan.. semoga dapat menjadi referensi yang ingin ganti speaker..
Target selanjutnya persiapan pasang subwoofer...

by rafiz
sumber : kaskus

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar