Kamis, 03 April 2014

DIY : membongkar hand brake panel / console tengah Ertiga {exofanboy}

 gambar 1 - bagian yang akan dibedah
Bongkar Pasang Hand-Brake Panel
Pernahkah agan-agan pengguna Erti punya masalah uang koin 500 atau 1.000 perak masuk ke sela-sela rem tangan? Ane ngalamin hal ini dua kali. Kadang kembalian tol atau tarif parkir kan ada pecahan koinnya, terbungkus oleh uang lembaran kertas, pas terima uang, gak sengaja koinnya kecebur di sela-sela rem tangan. Karena khawatir mengganggu mekanisme rem tangan, takutnya mengganjal, ane putuskan untuk membongkar panel rem tangannya. Hal sepele yang menyebalkan.
*padahal sih karena sayang duitnya, kan bisa dikasih ke pak ogah


Oke kita mulai operasi bedahnya. Yang diperlukan hanyalah sebuah obeng bawaan dari Erti. Ini lho bagian yang akan dibedah (gambar 1).

 gambar 2 - melepas baut clip
1. Pertama lepas baut plastik di sisi kiri dan kanan panel rem tangan. Sebenarnya bukan baut berulir, tetapi clip yang model seperti baut. Dengan menggunakan obeng positif putar ke kiri sampai nongol (jangan harap memutar ke kiri terus-menerus berarti melepas baut) lalu tarik clip-nya dengan obeng negatif.
 gambar 3 - putar
 gambar 4 - cungkil
2. Kalau kedua baut sudah dicopot, kemudian untuk melepas panel rem tangannya, pegang bagian bawahnya dan tarik ke atas sampai tercabut dari dudukannya.
 gambar 5 - angkat panelnya
Kalau diperlukan, mundurkan kursi pengemudi dan rebahkan sandarannya untuk mempermudah proses pembongkaran.
 gambar 6 - mundur dan rebahkan kursi
Tarik rem tangan ke atas untuk menambah ruang pelepasan panel. Angkat panel ke atas dan dorong ke depan ke arah tongkat transmisi.
 gambar 7 - lepas panelnya
Uang koinnya ketemu dan bisa diambil lagi hehhee.
 gambar 8 - ketemu uang koinnya
Untuk mengembalikannya atau memasang kembali, prosesnya tinggal di balik dari akhir ke awal.

gambar 9 - Clip bagian depan
Pasang kembali panelnya dan rekatkan kedua clip yang posisinya di bawah rem tangan terlebih dahulu, setelah itu bagian belakangnya di sekrup putar ke kanan. Selamat mencoba.

about Arm rest :
Ane pasang armrest karena tangan kiri selalu nggantung, abis di tengahnya nggak ada laci console tengah sih. Tapi ane gak bisa masang sendiri, terlalu sulit, gak bisa ngelas juga hehe.
Ane pasang di Bekasi dekat rumah ane. Waktu th 2013 kena hampir sejuta sepasang (belum nego). Pasang armrestnya yg universal, di las ke besi tulang joknya. Utk dipasang di Erti, tukangnya sempet kesulitan. Karena barang aslinya cukup lebar, kalo dipasang kiri dan kanan, tidak ada sisa jarak sama sekali (dempet), menghalangi rem tangan.
Makanya ane request busanya ditipisin, lebarnya berkurang dan ada jaraknya bisa untuk meraih rem tangan hehhee.
Kata tukangnya, coba mobil situ Matic, pasang armrestnya lebar dan dempet pasti gak apa2 karena Matic gak perlu sering-sering memakai rem tangan di jalan.
Soal kenyamanan, kalo di jalan tol, atau jarak jauh, yang gak perlu rem tangan nyaman banget, ngebantu tangan istirahat dan gak nggantung. Tapi kalo di jalan komplek, kondisi macet stop and go sedikit mengganggu sih, solusinya ditekuk.

sumber : kaskus S3rious

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar