Selasa, 08 April 2014

DIY : merubah Rear Foglamp Ertiga menjadi 2 mode lampu senja dan rem {tenonenonet}

 gambar 1 - sekrup pada rear Foglamp
Kita semua tau bahwa rear foglamp (RFL) SGP cuma ada satu mode. Kita sering bingung juga mau dipasang ngikutin lampu senja atau lampu rem. Kalo dilihat dari besar watt nya (21 watt), bohlam RFL ini lebih cocok buat lampu rem. Soalnya kalo kita pasang ngikutin lampu senja bakal ngalirin arus yang cukup besar secara terus meneus saat lampu senja dinyalakan. Tapi kalo dipasang ngikutin lampu rem, agak kurang menarik dan kurang fungsional. Nah dari latar belakang masalah itu ane nyoba buat sedikit melakukan modifikasi supaya RFL bisa dijadiin 2 mode, baik lampu senja maupun lampu rem..

Alat dan Bahan:
1. Rear Foglamp assy SGP
2. Wiring stoplamp bekas
3. Tang/cutter
4. Obeng (+)

Step by step:
*) Saking semangatnya ane nggak sempet ambil foto awal. Jadi ane pakai foto setelah jadi aja dengan keterangan yang diperjelas..

1. Kita siapkan RFL yang mau dibedah. Buka 2 buah sekrup menggunakan obeng (+) untuk membuka mika dari RFL. (gambar 1) 

2. Bagian dalam RFL akan keliatan. Kita bisa liat reflektor cuma plat yang dibentuk sedemikian rupa. Nggak ada motif apapun layaknya reflektor stoplamp atau headlamp..
 gambar 2 - daleman RFL
3. Buka bohlamp dengan cara ditekan trus diputar. Lalu lepas reflektor dengan cara menggerus/kikir pengunci reflektor menggunakan cutter atau ujung tang. Penguncinya cuma tonjolan plastik aja kok..
 gambar 3 - buka reflektor
4. Siapkan wiring stoplamp bekas, bisa bekas motor atau mobil apapun. Yang kita perlukan cuma fitting bohlampnya aja yang ada 2 terminal, soalnya fitting bawaan RFL cuma ada 1 terminal. Lepas fitting bawaan RFL beserta kabelnya, lalu lepas fitting dari wiring stoplamp bekas beserta kabelnya dan pindahkan ke fiting RFL..
 gambar 4 - wiring stoplamp bekas
 gambar 5 - Fitting 2 terminal
 gambar 6 - Membuka fitting RFL
5. Sekarang fitting RFL kita sudah 2 terminal + ground. Di bawah ini (gambar 8) perbedaan bohlamp bawaan RFL (kanan) dan bohlamp stoplamp (kiri) yang akan kita gunakan untuk menggantikan bohlamp bawaan. Lalu ada gambar kabel RFL yang sudah dimodif. Kabel no 1 adalah kabel lampu senja, kabel no 2 adalah lampu rem, kabel no 3 adalah ground, dan kabel no 4 adalah kabel bawaan RFL yang tidak terpakai..
 gambar 7 - fitting yang baru
 gambar 8 - bohlam kiri rem, kanan orisinil
 gambar 9 - kabel output
Untuk langkah pemasangan reflektor, mika, dll tinggal dibalik aja ya gan. Sedangkan untuk pemasangan di mobil sudah banyak tutorialnya. Sebagai pembeda aja, kalo ane masangnya tanpa kelet/kopek/kupas kabel alias pake soket sendiri jadi lebih rapi.

Inilah hasil jadinya, RFL ertiga dengan dua mode, mode lampu senja dan mode lampu rem..
gambar 10 - Kiri lampu senja kanan lampu rem

Salam S3RIOUS 274
by tenonenonet
sumber : kaskus S3rious

Comments
1 plus+

1 comments :

Poskan Komentar