Senin, 07 April 2014

DIY : Sambungan Selang AC Ayla Agya pakai Pipa Aluminium 10mm {G.I. Joe}

gambar 1 - pipa bahan

Sharing sedikit gan. Baca-baca page sebelumnya ada beberapa agan yang menyambung selang pembuangan air AC menggunakan selang plastik / karet (baca sini dan sini). Beberapa agan menanyakan mengenai ketahanan selang plastik atau karet tersebut karena pasti akan terpapar pada suhu panas mesin, apalagi kalau dipakai keluar kota dengan durasi perjalanan lama, dikuatirkan meleleh. Hal ini juga sempat terlintas di benak saya, kuatir kalau pakai selang biasa nanti kena panas bisa getas dan pecah pecah selang nya.
Kemudia terlintas ide untuk menggunakan pipa aluminium untuk menyambung selang pembuangan AC tersebut.

Alasan penggunaan pipa aluminium 10mm :

  1. Murah dan banyak tersedia di toko aluminium. Saya beli ngecer yang bekas potongan dapet panjang 210cm di kasih harga 10 ribu perak aja sama engko yang jual hehehehehe Kalo beli sebatang belom potongan panjangnya 6 meter.
  2. Aluminium adalah logam sehingga pasti lebih tahan panas dan lebih awet dibandingkan selang plastik / selang karet.
  3. Aluminium tahan korosi alias anti karatan.
  4. Aluminium cukup lunak bisa ditekuk tekuk sesuai keinginan kita.
  5. Diameter 10mm cukup pas, karena saat saya ukur dengan sigmat ternyata diameter dalam lubang selang AC adalah sekitar 9 mm.
Alat dan bahan yang dibutuhkan :
  1. Pipa aluminium diameter 10 mm panjang kurang lebih 50 cm.
  2. Cable ties yang agak besar 2 buah.
  3. Pipe cutter ( kalo gak ada pake gergaji besi juga bisa ).
  4. Tang untuk menekuk pipa aluminium.
  5. Kain lap tebal untuk pegang pipa aluminium.
  6. Kompor gas untuk manasin pipa aluminium.
Kalo punya alat pipe bender lebih mudah, gak usah dipanasin lagi tuh.
Berikut ini adalah tutorial bergambar agar mudah diikuti :
 gambar 2 - diameter
 gambar 3 - panaskan
 gambar 4 - panaskan yang ditekuk
 gambar 5 - tekuk
 gambar 6 - potong
 gambar 7 - hasil tekukan dan potong
 gambar 8 - pasang di karet bawaan
 gambar 9 - cable ties
 gambar 10 - sampai di kolong
 gambar 11 - kuatkan dengan cable ties
 gambar 12 - terpasang
 gambar 13 - menetes
 gambar 14 - air menetes lancar

Oh iya btw kalo beli pipa aluminium nya jangan pas semeter doang, karena pengalaman trial and error saya ternyata memanaskan dan menekuk pipa aluminium itu ternyata gampang-gampang susah.
Pipa sepanjang 2 meter yang saya beli habis terpakai untuk proses trial and error hehehehehe


 gambar 15 - korban
 gambar 17 - bolong kepanasan
 gambar 18 - bengkok
 gambar 19 - mlenyot
 gambar 20 - getas kepanasan
gambar 21 - hindari blow torch

Kalau ada yang kurang jelas, monggo silahkan ditanyakan kembali ya.

Quote:Original Posted By TMLog

Kalo dilihat pipanya sama kayak pipa2 yg dipakai antena TV yah gan hehehe....
Cara tekuknya mungkin panasin pelan2 bagian yg mau ditekuk. Ketika keadaan mulai hangat, tekuk sedikit demi sedikit pelan2 sambil dibakar terus pelan2 sampai nekuknya sempurna (tanpa ada yg penyot). Mungkin gitu kali caranya yah? Sy masih pakai selang karet nih

Keliatannya sih gitu gan. Mirip yang dipakai di antena tipi dan kayak yang di pake dijemuran baju gan hahahahaha

Iya gan manasin nya mesti di kira kira nih.
Saya panasin trus coba di tekuk, kalo masih keras di panasin lagi bentar trus coba lagi ditekuk, diulang ulang gan.

Trus nekuk nya pelan pelan, pas udah keliatan mulai ada yang ngelipet dikit aja, langsung saya pencet pake tang pas di lipetannya di bikin bunder lagi. Begitu terus sampai kira-kira mencapai sudut tekukan yang saya inginkan.

Mesti trial and error memang nih gan.


by G.I. Joe
sumber : kaskus

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar