Jumat, 02 Mei 2014

Share turun mesin Aerio {Maranatha Manurung}

 gambar 1 - mesin diturunkan
help..para suhu akhirnya oreo saya mesinnya diturunin,(thn 2002 km 97000) montirnya bilang sekalian aja mesin dibelah buat dibersihin, karena blm pernah dibuka dari baru, konsekwensinya ganti packing set dan ring seher, pertanyaannya:penting gak sih ngebelah mesin sementara selama ini gak ada keluhan baik tenaga atau ngebul, montirnya sendiri bilang tenaganya masih lumayan cuma nanggung sekalian turun biar di nol kilometer-in lg katanya, gimana pendapat suhu2? makasih.( catatan:montirnya kenalan sodara dan bisa dipercaya, seorang trainer di astra otopart) daftar sementara part yg diganti: seal kruk as depan belakang,seal valve cover,seal carter, as roda kiri,packing intake/exaust,paking throttle body,selang ps lowpressure,filter oli,emon kiri-kanan,selang radiator atas bawah,thermostat,pipa bypass radiator ditambah threbond sealant,oli,coolant,freon.
makasih semuanya, karena montir nyerahin keputusannya sama saya akhirnya mesin gak jadi dibelah, biar tetap perawan dan gak makan banyak biaya hehehe.., carbon clean aja kayaknya, cuma part yg diganti banyak amir.., mau disortir lg yg bener2 urgent aja. kalo mesin dibelah nambah 3jutaan buat ring seher sama packing set. Carter ada rembesan om, jadi sekalian sealnya diremajain
 gambar 2 - as roda kiri patah seminggu setelah spooring
gak jadi dibelah om, itu tadi opsi dari montir jadinya cuma ganti seal2 dan selang2 yg getas.
Lagi apes om, baru service kaki2 dan spooring, kejadiannya pas jam 5 subuh gelap mau over ke gigi 3 tiba2 ada lobang dan jalan bergelombang bekas banjir di jl Ir Juanda Bekasi Timur depan Ampera( orang bekasi pasti tau)setahun yg lalu itu jalan masih mulus abis, mobil sampe mental2 habis itu stir langsung agak narik ke kiri dan kl angkat kopling ada hentakan, tp mobil masih jalan sekitar 400km lg sampe diputuskan opname.

 gambar 3 - emon dah capek manggul mesin, minta ganti
 gambar 4 - sebelum dibersihin, dekil
debu, tanah campur oli yg udah mengering liatnya gak tega
 gambar 5 - sesudah dibersihin, lumayan gak bikin mata sepet
 gambar 6 - sebelum
 gambar 7 - sesudah
 gambar 8 - sesudah
habis 6jt om, terdiri dari 2jt utk jasa lainnya spareparts
gambar 9 - sesudah


mohon ijin para suhu,sedikit report mudah2an berguna bagi rekan lain yg kasusnya sama.
Sebelum perbaikan : temperatur mesin dirasa terlalu tinggi, ada rembesan oli, oli netes dari PS, dua hari sebelum perbaikan mesin agak kasar pada saat start(kurang dari 5 detik setelah itu halus kembali, mungkin oli telat naik akibat rembesan), kopling sedikit menyentak. Sebenarnya niat saya cuma mau tuneup tp mekaniknya Mas Puput gak tega liat mesinnya apalagi dekil banget, akhirnya diturunin deh,biar total direhab begitu kata beliau. Setelah turun baru deh ketahuan sumber penyakitnya, oli rembes dari seal2 dan komponen2 yg bertugas menjaga temperatur mesin sudah uzur, semua bagian mesin dibersihin luar dalam, Semua part yg kondisinya di bawah 70% diganti antara lain : seal noken as, seal kruk as, thermostat, pilot bearing, hose radiator outlet, hose radiator inlet, pipe water inlet no 1, pipe water inlet no 2, hose water inlet, hose water bypass, paking exaust, paking intake, paking cover klep, air filter, emon 1 biji, selang bypass, selang PS lowpress, dan part lain yg kecil2, plus service AC(ini yg agak bingung saya habis ganti belt di beres AC bermasalah) total biaya 4jt untuk parts dan 2jt jasa diskon karena kenalan sodara biasanya 3jt sudah termasuk 2xrp85000 untuk test performa di jalan tol ( 2x test langsung sama mekaniknya maklum eks tuner tim balap hehehe) sekarang mesin lebih halus, lebih bertenaga, dan temperatur normal ( apa mungkin ect sensor tidak bisa membaca suhu aktual mesin gara2 kotoran dan komponen pendukungnya udah pada uzur?)oreo diperbaiki di bengkel rumahan di kawasan Bintara, Bekasi,semoga berguna, terimakasih.

by Maranatha Manurung
sumber : FB AIC

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar