Rabu, 10 September 2014

DIY : How to detailing / membersihkan interior Suzuki Ertiga {exofanboy}

 gambar 1 - amunisi bersih-bersih
 http://otodiy.blogspot.com 

Warna beige klo udah kotor jadi lebih gelap dan seperti kulit berdaki hehehe. Oleh sebab itu klo ada waktu dibersihkan interiornya. Klo tidak mau repot bisa pergi ke salon. Tp klo mau dikerjain sendiri ya bisa saja. Yang diperlukan adalah:
  1. Waktu. Ini yg paling penting, karena bersihin interior bukan hanya cuci karpet n vacuum aja, tp meliputi kain jok, trim2 plastik dan plafon. Paling baik waktunya Sabtu/Minggu.
  2. Tempat. Yang lapang, supaya ketika buka pintu tidak kepentok tembok/tiang. Mau bersih2 malah bencana nanti hehe.
  3. Amunisi. Karena ane bukan salon, amunisinya seadanya dan gak mahal2.
Untuk merknya bisa pake yg lebih bagus dr ini, ane seadanya aja hehe.
  1. Lotion u/ Jok Kulit (Klo punya agan gak ada variasi jok, karpet dasar dan door trim kulit tidak perlu pake barang ini).
  2. Lotion Vinyl supaya dashboard dan plastik2 mengkilap, selain itu berfungsi melawan getas, memperlambat penuaan dini akibat terpapar terik matahari juga.
  3. Upholstery Cleaner (paling mahal ini barang). Khusus utk membersihkan bahan kain, klo yg masih bahan kain joknya n karpetnya wajib punya. Dapat digunakan pada plafon juga nih. Ane pake Meg**ar's karena terbukti ampuh menghilangkan noda oli pd kain sekalipun.
  4. Air Bersih. Utk semprot2 di bagian plastik, tindakan pembersihan pertama bersama kanebo, sebelum diaplikasikan dg Lotion Vinyl.
  5. Wash Mitt dan Kanebo (maaf Kanebonya lupa difoto). Wash Mitt model sarung tangan, jangan dibasahin, biarkan kering aja untuk menjangkau lekukan2 atau tempat sulit. Misal: bersihin debu di kolong2 atau di saku2 keempat pintu.
  6. Sikat gigi, khusus untuk menghilangkan noda membandel pada bahan kain yang berserat dan kulit yang bertekstur kerut atau berpori2. Kalau ketemu noda membandel, aplikasikan air bersih dulu dan sikat, kalau tidak mempan semprot cairan lain dan sikat. Nanti akan dijelaskan lebih lanjut.
  7. Handuk Microfiber. Untuk Dashboard dan Trim2 pintu.
  8. Vacuum Cleaner buat hisap debu.
Ane mulai membersihkan dari pintu penumpang kiri depan, kiri belakang, bagasi, kanan belakang, kanan depan (pengemudi).

Bagian yg dikerjakan dahulu adalah karpet dan kolong, kursi jok, trim2 pintu dan terakhir dashboard. Keluarkan dahulu karpet karet dan karpet beludrunya.

A. Kabin Kiri Depan
Kemudian buka trim plastik untuk menjepit karpet dasar (ada di sekeliling karpet), bagian bawah. Tips utk membuka, tinggal tarik ke atas. Di sepanjang pintu sebelah kiri kiita bisa melihat ada kabel2 kelistrikan untuk lampu belakang.

gambar 2 - buka trim-trim di lantai kabin 
 gambar 3 - buka trim-trim di lantai kabin
 gambar 4 - buka trim-trim di lantai kabin
Bersihkan karpet dasar yg teksturnya berkerut-kerut dg vacuum cleaner terlebih dahulu agar debu2 yg terlihat hilang. Bagian lekukan seperti ini akan sulit dibersihkan. Gunakan sikat gigi dan air bersih jika diperlukan. Tapi jangan gunakan air pada karpet dasar kain (akan sulit kering).
 gambar 5 - sikat gigi + air bersih u/ karpet dasar kulit
Jangan lupakan bagian di bawah lis trim keliling yang menjadi sarang debu dan rambut2. Sedot dengan vacuum cleaner.
 gambar 6 - vacuum bawah lis trim keliling
Jangan lupakan kotoran yang menempel di pojok bawah kursi dan tempat air minum. Sering banget kena tendangan maut kita nih. Kalau tidak bisa dilap pakai kanebo basah, semprotkan Lotion Vinyl dan disikat. Dijamin hilang.
 gambar 7 - pojok bawah kursi
 gambar 8 - pojok bawah tempat air minum
 gambar 9 - semprot Lotion Vinyl

B. Kabin Kiri Tengah dan Belakang
Mundurkan bangku jok tengah pol mentok belakang, Vacuum dulu dasarnya. Sikat pojok2 rel bangku depan, tambahkan air bila perlu, kemudian vacuum lagi.
 gambar 9 - vacuum dasarnya dan gunakan sikat
 gambar 10 - vacuum dasarnya dan gunakan sikat
Buka trim penjepit karpet dasarnya. Kita bisa melihat kabel2 kelistrikan. Wah rambut2 dan debu menumpuk, bersihkan bagian ini.


 gambar 11 - bongkar trim kabin tengah
 gambar 12 - bongkar trim kabin tengah
 gambar 13 - bersihkan bagian ini
Kabel-kabel ini memiliki bracket putih berbentuk kotak. Kadangkala bracket ini bisa lepas dan menimbulkan bunyi2an ketika lewat jalan rusak. Seperti yg satu ini, bracketnya lepas dari tempatnya. Dibetulkan dulu.
 gambar 14 - kabel dan braket, penting agar rapih dan tidak berisik
 gambar 15 - kabel dan braket, penting agar rapih dan tidak berisik
Bagian rel dan pojok bawah kursi sering kena sepatu juga nih, disikat dg Lotion Vinyl. Kadangkala karena relnya ada gemuknya, sering luber ke plastik2 bikin kotor.
 gambar 16 - bersihkan rel
 gambar 17 - bersihkan rel
Tali seatbelt untuk kursi depan dapat dibersihkan dari baris tengah. Bagian bawahnya suka kotor kena kaki2 penumpang tengah. Gunakan Upholstery Cleaner. Semprotkan busa di bagian yg dekil itu, sikat dan bersih.
 gambar 18 - tali seat belt
 gambar 19 - tali seat belt
 gambar 20 - tali seat belt

C. Kabin baris ketiga Kiri-Kanan sekaligus
Dari belakang kita bisa membersihkan jok baris kedua. Sisi dalam kursi split 40:60 kalau pakai kulit sering berdecit, oleskan Lotion Leather di bagian itu. Dan juga di bawah pengait Seat Belt debu2 sering menumpuk.
gambar 21 - kursi tengah 40:60 
gambar 22 - kursi tengah 40:60 
 gambar 23 - kursi tengah 40:60
Bagian ini juga sering kena sepatu penumpang baris ketiga. Dibersihkan kaki2 joknya.
 gambar 24 - tampak belakang Kursi Tengah 40 : 60
Bersihkan sela2 bangku pertemuan antara sandaran punggung dg alas bokong tempat debu dan rambut berkumpul. Oleskan semua jok dengan lotion menggunakan handuk microfiber.
 gambar 25 - sela-sela jok
 gambar 26 - sela-sela jok
 gambar 27 - sela-sela jok

D. Kabin kanan tengah
Bersihkan dulu dasarnya
 gambar 28 - dasar
Buka lagi trim penjepit karpet untuk pintu kanan baris tengah. Nah kita bisa lihat jalur kelistrikan dan juga selang air wiper belakang. Nanti memasang kembali trimnya hati2 jangan sampai selang air wiper belakang terjepit.
 gambar 29 - selang air wiper belakang ada di pintu sebelah kanan

Hasil Akhir
Hasil kerja keras berjam2, panas2an lumayan hehehe.

 gambar 30 - Kinclong bersih wangi
 gambar 31 - Kinclong bersih wangi 
  gambar 32 - Kinclong bersih wangi
  gambar 33 - Kinclong bersih wangi
  gambar 34 - Kinclong bersih wangi

Sisa-Sisa Kotoran dan Kisi-Kisi AC
Handuk Microfiber yang ane gunakan kotor bukan main, padahal handuk cuman untuk olesin Lotion ke kulit jok. Jok yg terlihat bersih pun ternyata dekil. Lalu cotton bud itu bukan karena kuping ane kotor ya hehehe. Cotton bud untuk bersihin kisi2 AC. Kisi2 AC bersih itu penting juga lho supaya gak bikin upil. Hati2 saat bersihin kisi2 jangan smp cotton bud malah nyemplung ke saluran AC. Dan kalau tdk bisa menjangkau kotoran, pindah sudut, jangan dipaksa nanti malah patah kisi2nya. Untuk semua kisi2 AC depan dan double blower paling tidak butuh 5 batang. Coba liat cotton budnya, hitam ngeri ya.

 gambar 35 - Bersihkan kisi-kisi AC
 gambar 36 - Bersihkan kisi-kisi AC
 gambar 37 - Bersihkan kisi-kisi AC
 gambar 38 - Lap Kotor
 gambar 39 - Lap Kotor
gambar 40 - Cutton Bud Kotor
Demikianlah cerita ane bersih2 *panjang yah*

by exofanboy
sumber : kaskus S3rious

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar