Rabu, 17 September 2014

DIY : Mengatasi Tombol Klakson Grand Livina yang berat (kasus pada GL2007) {jezelcustom}

gambar 1 - Tutup kecil di samping kanan dan kiri stir
 http://otodiy.blogspot.com 
Halo agan2...
Kenalin saya Om Yoe, newbie disini...baru dapat GL 2007 nih, dan langsung nemuin masalah...yaitu tombol klakson yang berat!!...butuh tenaga ekstra buat menekannya....gawat kan kalau pada saat genting kudu tekan klakson, eh..klaksonnya ga nyala gara2 berat ....
Ini sedikit berbeda dengan metode putar ulir di link ini ..karena setelah saya coba...tidak ada perbedaan berarti ( klakson tetap berat)
DIY! Mengatasi Tombol Klakson Grand Livina yang berat
Bermodal pengetahuan dari cara buka stir disini 
Letak permasalahan Tombol klakson yang berat adalah karena diameter kawat pegas yang terlalu besar, sehingga perlu tenaga lebih ketika menekan klakson. So cukup dengan modal 5000 perak, masalah ini bisa diatasi.


Alat-alat yang dibutuhkan :

  • Obeng Minus (strip) yang cukup panjang
  • Tang potong
  • Per Skep Karburator motor (RX King) 1 biji saja ---- harga Rp. 5000 an.


Itu saja....simpel dan murah kan?

Trus langkah2nya sbb :
1. Buka penutup lubang yang ada di balik stir di sebelah kanan dan kiri stir dengan cara dicongkel perlahan dengan obeng minus. (gambar 1)
2. Masukkan obeng minus ke dalam lubang tadi. Pertama, lakukan pada lubang bagian kanan terlebih dulu. Posisikan arah strip obeng horizontal (tegak lurus dengan stir). Dan memang perlu sedikit sabar karena posisi klip tidak terlihat. Berikut adalah gambar Klip pengunci setelah dibuka, jadi rekan2 bisa memposisikan obeng sedemikian rupa, sampai mengenai klip tersebut. 
 gambar 2 - posisi klip pengunci
NB : Perhatikan garis kuning , menunjukkan arah obeng minus dibalik lingkar stir...

3. Tekan obeng yang menyentuh kaki klep perlahan namun kuat menggunakan tangan kanan, dan tangan kiri berada pada tutup setir bagian kanan. Jika posisi obeng tepat, maka anda akan dapat merasakan bahwa obeng menekan seperti menekan pegas. Pada saat posisi sudah maksimal, segera tarik perlahan penutup stir sebelah kanan, sampai bunyi klik (pengunci bagian kanan sudah terbuka)

4. Lakukan hal yang sama ketika membuka bagian kiri.

5. Setelah kedua pengunci lepas, tarik perlahan dengan tenaga penuh sampai penutup terbuka.

AWAS !...jangan ditarik terlalu jauh, karena ada kabel klakson yang terikat dengan penutup stir dan tidak cukup panjang. Kalau ditarik terlalu jauh, kabel bisa putus atau lempengan tembaga yang terikat juga bisa lepas atau putus....gawat deh..

Kemudian lepaskan socket kabel klakson agar memudahkan pemasangan pegas
gambar 3 - pegas klakson yang bikin berat
Disinilah permasalahannya : Jika dilihat pada gambar di atas, ukuran diameter kawat pegas cukup besar, ini yang bikin berat klaksonnya.

So idenya adalah mengganti kedua pegas (yang 2 di atas) dengan yang lebih ringan. Kita tidak perlu mengganti pegas yang dibawah karena tidak berpengaruh langsung terhadap beratnya klakson karena posisi lempengan tembaga di atas.

6. Siapkan PER SKEP karuburator yang ukuran gede. (saya pakai punya motor RX King). Potong Per tersebut jadi dua tepat ditengah2nya.  
 gambar 4 - per skep gas Motor RX King
7. Gantikan kedua per yang di atas dengan per yang sudah dipotong tadi. Posisikan lilitan yang rapat yang menempel ke dasar tutup klakson. 
gambar 5 - ganti per
8. Setelah per diganti, pasang kembali socket kabel klakson, dan pasang kembali tutup klakson dengan cara posisikan tutup klakson sehingga kaki2 pengunci pada tutup klakson berada tepat di atas lubang klip pengunci

9. Tekan bagian bawah penutup klakson terlebih dulu, baru tekan kedua bagian atas (kanan dan kiri) sampai klik.....dan pasti klakson akan hidup pada saat ditekan....

10. Pastikan posisi penutup stir terkunci sempurna...kalau pemasangan tepat, maka klakson jadi ringan, dan sekarang cukup pakai ibu jari saja buat menekan klakson....

semoga pengalaman saya ini bisa membantu...

SELAMAT MENCOBA !!! 

by jezelcustom
sumber : kaskus KLIK

Comments
1 plus+

1 comments :

Poskan Komentar