Kamis, 04 September 2014

DIY : Setel nozzle washer windshield alias semprotan kaca depan Agya Ayla {G.I. Joe}

 gambar 1 - problem klasik dialami nozzle windshield washer
 http://otodiy.blogspot.com 
Perkenankan ane untuk men-share satu tips perawatan neng Ayla dan Agya. Sebenernya bisa juga di aplikasikan ke mobil lain karena memang caranya sama.
Windshield washer alias semprotan kaca depan adalah hal yang terlihat kecil dan sepele, apalagi kalau musim kemarau seperti sekarang. Tapi kalau musim hujan peran windshield washer cukup penting untuk keselamatan berkendara. Nah mumpung belum musim hujan, mari kita cek arah semprotan kaca kita apakah sudah benar atau malah mampet gak bisa nyemprot air. 
Windshield washer tidak hanya sekedar menyemprot air saja, perlu diperhatikan arah semprotan nya agar merata diseluruh bidang kaca. Juga agar terhindar dari pelototan atau makian dari biker yang gak sengaja kena semprot air gara-gara arah semprotan windshield wiper nya gak pas hehehehehe
Oke berikut ini langkah langkahnya :

1. Problem klasik yang ditemui pada nozzle windshield washer (gambar 1 dan 2).

 gambar 2 - problem
2. Alat yang dibutuhkan sangat sederhana : PENITI
Yup cukup menggunakan peniti untuk menyetel arah nozzle washer ke arah yang tepat. Yang perlu diperhatikan adalah ukuran diameter peniti yang harus sesuai dengan ukuran diameter nozzle. Kalau pakai peniti yang terlalu kecil nanti kalah penitinya yang bengkok dan nozzle tidak berubah arah semprotannya. Kalau pakai peniti yang terlalu besar nanti ndak bisa masuk ke lubang nozzle nya, dan apabila dipaksakan nanti lubang nozzle nya membesar efeknya semprotan jadi kurang kencang.
 gambar 3 - pemilihan peniti
3. Untuk nozzle yang mampet cukup ditusuk saja pakai peniti yang diameternya sesuai.
 gambar 4 - sesuaikan diameter
4. Arahkan semprotan nozzle.
Bila arah semprotan washer sudah melenceng jauh maka perlu disetel ulang arah semprotannya.
Caranya dengan menusukan peniti ke dalam lubang nozzle hingga mentok. Bila sudah mentok tinggal di tekan tekan batang peniti nya ke arah yang diinginkan. Gunakan ukuran peniti yang sesuai dengan diameter nozzle washer.
Biasanya diperlukan beberapa kali penyetelan sebelum dapat arah semprotan yang diingikan. Coba test arah semprotan, bila belum pas ulangi lagi proses penyetelan hingga diperoleh arah semprotan yang pas.
 gambar 5 - arahkan semprotan nozzle
5. Arah semprotan nozzle windshield washer yang sudah pas.
gambar 6 - hasil sudah pas
Kalau saya pribadi mengarahkan semprotan ke tengah bidang horizontal kaca depan. Dan ke empat nozzle nya saya arahkan menjadi 4 jarak yang sama dari bidang vertikal nya.

Semoga bermanfaat.

by : G.I. Joe
sumber : kaskus

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar