Share Basic Light Tuning di Innova VVT-i {ipah2.0v}

 gambar 1 - cable ground 
 http://otodiy.blogspot.com 
Selamat malam KIOC. Setelah sekian lama gak posting di thread, kali ini ane mau posting lagi nih. Berhubung yang lagi hangat dibahas yakni performance stage modification untuk innova, kali ini saya mau coba share sedikit performance modification di innova vvt-i saya.

stage modfifikasi mesin di innova saya ini baru masuk dalam tahap stage 0 alias Basic Light Tuning (BLT) dengan biaya yang cukup murah meriah. Berikut hal2 yang BLT yang saya lakukan :

1. Ground cable (DC 250 ribu)

saya pakai 7 titik ground cable yaitu di throttle body, alternator, cyl.head, throttle body, girbox (A/T), titik ground ori d blkg fusebox mesin, serta junction ground di balik kick panel kanan-kiri di dlm kabin. Selengkapnya tentang Cable Ground baca di sini.

2. polish throttle body (DC 15 ribu=> dikerjakan DIY)

throttle body saya amplas n polish dgn pasta autosol sampai mengkilap. improve paling kerasa di rpm 2000-3000. jadi terasa ada jambakan nya. dikit tapi…hehe.
 gambar 2 - polish Throttle Body
Selengkapnya tentang Polish Throttle Body baca di sini.

3. TAMBAHAN / PELENGKAP DARI POLISH TB (boleh iya boleh tidak, do at your own risk) karet seal yang menyekat TB dengan intake dilengkap jaring2 yang menghalangi setengah dari lubang TB. saya sendiri kurang tahu fungsi dari jaring ini. just IMHO, keberadaan jaring ini sedikit akan menghambat flow udara ke intake. maka dari itu jaring ini saya potong. DO AT YOUR OWN RISK ya khusus step ini. so far tidak terasa ada hal negative yang dirasakan setelah menghilangkan jaring ini.
gambar 3 - jaring seal Throttle Body
4. ganti air filter
saya pribadi gak pakai air filter replacement yang model bisa dicuci seperti KNN, JFC, dll. tapi saya pakai filter udara model kertas seperti ori dengan merk union. IMHO, filter union ini pori nya gak terlalu rapat seperti ori nya jadi nafas mesin gak tercekik.
sempat pakai filter JFC, tapi setelah polish throttle body kok rasanya menurut saya lebih mantep pakai filter union ini power nya. gas nya padat dari rpm bawah-atas dibanding waktu saya pakai JFC (setelah polish TB). mungkin di ipah lain bisa beda rasanya. harga air filter union ini 90 ribu.
gambar 4 - air filter Union
5. oli gardan FK pulse 80w-90 (DC 210ribu untuk 3L oli)
oli gardan bawaan Toyota adalah SAE 90 lurus. saya ganti dengan FK pulse 80W-90. IMHO untuk pemakaian dalam kota, suhu oli gardan gak terlalu panas sehingga kekentalan nya masih bertahan di angka grade awal, beda dengan SAE 90 lurus yang kekentalan nya sudah kental sejak awal. dengan oli gardan multigrade ini kerja gigi dalam differential gak berat sehingga BBM lebih irit n tarikan lebih ringan. 
 gambar 5 - oli gardan FK 80w-90
NB : DIY ganti oli gardan akan saya posting menyusul. ditunggu ya

6. polish intake port (DC 50 ribu=>dikerjakan DIY)
sebenarnya ini dalam rangka pembersihan intake port dan intake manifold. mumpung intake manifold lagi turun, maka saluran intake/ intake port sedikit saya haluskan. efeknya tarikan terasa jelas ada jambakan nya di rpm 2500 sampai ke atas. dan suara mesin terasa banget adem nya ketika di tarik ke high rev alias gak gerung2.
gambar 6 - polished Intake Port
NB : DIY cleaning n polish intake port saya posting menyusul. ditunggu ya

Demikian BLT pada innova VVT-i saya. ayo user vvt-i lain ditunggu juga lho share nya apalagi yang udah stage 1,2 bahkan 3. salam KIOC

by ipah2.0v
sumber : kaskus KIOC

Comments

most read in a week

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

DIY : Mengatasi DVD Player Mati setelah Ganti HU (Buat Livina HWS/Ultimate) {luki2022}

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G