Selasa, 07 Oktober 2014

DIY : Merendahkan Lingkar Kemudi Toyota Agya /Daihatsu Ayla {softblue}

 gambar 1 - hasil menurunkan stir Agya
 http://otodiy.blogspot.com 
Lingkar kemudi / setir duo AA ini posisinya sudah baku dari pabrikan. Tidak ada fitur tilt steering yang memungkinkan untuk di naik/turunkan. Masalahnya posisi standar sudah paling tinggi, sudah mentok gak bisa dinaikkan lagi.
Untuk ane yang postur tubuhnya tidak tinggi, kondisi ini agak mengganggu. Tangan cepat pegel kalo nyetir lama karena posisi setirnya tinggi dan pandangan ke panel speedo sedikit terhalang setir.

Maka coba ane bongkar dan ternyata setir sangat bisa diturunkan/direndahkan posisinya. Dan asyiknya.. gampang banget

Tools yang dibutuhkan:
Obeng kembang
Kunci 12
Ring buat ganjel

Langkahnya:
1. Buka cover plastik dibelakang setir. Ada 3 baut + kanan, kiri dan bawah. Lepaskan dari tempatnya kedua bagian cover plastik itu supaya enak kerjanya.

2. Temukan dua buah baut penahan batang setir. Posisinya dibagian kanan dan kiri. Buka pakai kunci 12, buka terus sampai lepas seluruhnya. Waktu muter baut itu setir akan ikutan turun.
Ketika kedua baut sudah lepas, jangan kuatir setirnya ikut lepas/jatuh karena dibagian belakang deket pedal rem/gas/kopling masih ada baut penahan yang lain (yg ini jangan diutak-atik)

Pada kondisi ini, setir dapat bebas dinaik-turunkan karena tidak ada pengikat/penahannya.

3. Tentukan posisi setir yang nyaman sesuai selera . Masukkan ring yang sesuai dengan diameter baut penahan setir yang sudah dilepas tadi. Ring dipasang dibagian paling atas setelah ring jepit bawaan pabrik. Jumlah ring silahkan disesuaikan sendiri. Kalau ane pakai dua ring untuk masing2 baut.
Kencangkan kembali kedua baut tersebut. Pasang lagi cover dan... selesai

Hasilnya posisi setir menjadi lebih rendah, dan ane merasa lebih nyaman nyetir mobil ini.

Semoga bermanfaat

Catatan:
Cara ini ane terapkan pada Agya TRD a/t. Hingga saat ini sudah dipakai jalan sejauh 800 km dengan kondisi setir diganjel . Dan tidak ada masalah apapun.
Pernah ane ngobrol dg orang beres mengenai ini, dia bilang tidak ada masalah. Karena sebenarnya mobil ini (duo AA) sudah dirancang untuk terpasang fitur tilt steering, hanya saja tidak di pasang untuk mengurangi cost. Maka masih ada jarak main yang aman pada bagian batang setirnya.
gambar 2 - langkah-langkah

by softblue
sumber : kaskus

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar