Minggu, 05 Oktober 2014

Share pasang sensor parkir electromagnetic tanpa melubangi bumper Agya {anggoro.permadi}

gambar 1 - sensor electromagnetic 
 http://otodiy.blogspot.com 
singkat cerita hari ini ane abis pasang sensor parkir yang gak pake bolongin bumper, berawal dari seringnya bini ane pulang2 cengengesan nunjukin bumper yang udah jempat lepas dari dudukannya di ujung2nya grgr 'mbokongi' tembok, pohon, dll akhirnya hari ini ane sempetin dah pasang tuh sensor parkir di bengkel variasi.

bentuk dan merknya persis kek begini (gambar 1) - maaf gambar comot dari google, tadi kagak sempet photo2.

langsung aja, pertimbangan ane pasang sensor model beginian soalnya kagak perlu bolongin bumper. proses pengerjaannya juga gampang bgt kerjain sendiri ane juga yakin bisa cuma cukup lepas bumper, bersihin tuh baliknya bumper, tempel pitanya (sudah ada perekatnya, kayak isolasi gitu jadinya), sambung2 aja kabel powernya ke jalur lampu mundur, udah beres dah. tadi ane di tempat variasi itung2 cuma butuh 45mnt buat pasang yang 15mnt buat belajar soalnya mekanik sama yg punya toko belum pernah pasang sensor model begituan. cuma yang jadi perhatian ane ternyata bumper agya tipis bgt ya, cuma ada dua baut buat megang tuh bumper ke body itu pun baut buat pasang plat nomer sisanya pake klip semua. pantes nyenggol dikit efeknya langsung heboh.

hasil:
secara keseluruhan ane puas, bumper masih mulus tapi bisa bunyi pipip-pipip hehe
ada tapinya nih gan
  1. sensor ini baru dapat mendeteksi adanya objek jaraknya deket bgt sekitar 0.5m lah dia baru bunyi, dan sampai bunyi pip nyaring tanpa putus jaraknya kira2 satu jengkal. buat ane kagak masalah lah, bini juga udah ane ingetin pokoknya kalo udah bunyi pipip yauda udah deket bgt berarti jaraknya.
  2. sensor ini juga hanya bunyi kalo ada pergerakan, maksudnya gini pas mundur kan mobil bergerak waktu ketemu objek yang sudah dalam jangkauannya dia bakal bunyi tapi waktu kita berhenti bunyi dari sensornya juga berhenti, kita lanjut mundur baru bunyi lagi. beda ama sensor parkir yg ane punya bawaan all new avanza, dia bakal bunyi terus sampe kita mindahin giginya. iseng ane coba di lampu merah ane masukin ke R kagak bunyi padahal jarak ama mobil belakang udah deket bgt terus ane mundurin pelan2 langsung bunyi tuh sensor parkir + klakson mobil belakang . buat ane juga ini point positif lah mobil jadi kagak berisik, oh iya waktu antara dari kita berhenti sampai bunyinya juga ikutan berhenti kira2 2-3 detik.

sementara itu dulu yang bisa saya bagi, semoga awet nih sensor nanti kalo ada perkembangan lebih lanjut akan saya share lagi.
oh iya gan, kalo ada yang di surabaya ketemu agya silver emblem astra belakang sudah di ganti emblem hello kitty ama rada dekil boleh lah ya bagi klakson atau dimnya nanti saya balas maturnuwun sedoyo.

by anggoro.permadi
sumber : kaskus

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar